Bisa Dilakukan Siapa Pun, Ini 7 Peluang Bisnis Minim Modal yang Menjanjikan

8 Juni 2023
Peluang Bisnis

Modal kerap kali menjadi kendala bagi sebagian orang yang ingin memulai usaha. Padahal, di zaman sekarang, bisnis bisa dimulai dari modal ratusan ribu rupiah. Bahkan, beberapa jenis bisnis tersebut dapat dikerjakan kapan pun dari rumah. 

Namun, kamu harus pandai memilih peluang bisnis yang menjanjikan meski modalnya kecil. Pasalnya, persaingan di masa sekarang makin ketat dengan munculnya berbagai macam bisnis baru. Selain itu, kemudahan teknologi juga mendukung bisnis untuk bersaing dalam pemasaran online.

Jadi, supaya tidak salah memilih, berikut ini ada tujuh pilihan bisnis untuk calon wirausaha maupun pengusaha pemula. Yuk, cari yang cocok untuk kamu!

Peluang Bisnis
Sumber : Envato

Dropshipper

Dropshipper merupakan sebutan untuk orang yang menjualkan produk dari toko lain atau penyalur barang berskala grosir. Biasanya, dropshipper memasarkan lebih dari satu produk. Namun, dropshipper tidak perlu menyetok produk untuk bisa melayani konsumen.

Tugas dropshipper hanya memasarkan, lalu mengontak konsumen sampai benar–benar bertransaksi. Cara pemasarannya bisa melalui media sosial, marketplace, dan website. Ketika ada konsumen yang berhasil membeli produk dari salah satu sumber tersebut, dropshipper akan mendapatkan komisinya.

Produk dikirimkan oleh pemilik toko kepada konsumen setelah melunasi pembayaran. Pihak toko akan mengganti identitas pengirim menjadi nama dropshipper. Dengan demikian, konsumen yang ingin melakukan pembelian ulang pasti menghubungi kamu.

Jasa Titip

Apakah kamu sering bepergian ke luar kota atau negara lain? Selain mengeluarkan uang untuk bepergian, siapa pun bisa mendapatkan penghasilan dengan membuka jasa titip. 

Cara kerjanya mudah; kamu hanya perlu mencatat barang-barang yang ingin dibeli oleh pemesan. Lakukan pembelian jika pemesan memberikan sejumlah uang kepadamu. Namun, jangan lupa, tetapkan harga jasa titip supaya bisa memperoleh penghasilan. 

Peluang Bisnis Reseller

Konsep bisnis reseller mirip dengan dropshipper, yang hanya menjualkan produk milik orang lain. Namun, reseller harus memiliki sejumlah dana untuk membeli atau membayar barang dagangan. Kemudian, reseller menyimpan barang tersebut di gudangnya untuk dijual kembali kepada konsumen.

Supaya mendapatkan profit, reseller bisa meminta harga khusus dari toko. Harga khusus ini biasanya lebih murah daripada pasaran. Sebagai contoh, kamu membeli beberapa jenis sepatu dari toko A dalam jumlah banyak. Harga pasaran sepatu tersebut Rp70.000 per pasang. Oleh toko A, kamu mendapatkan harga Rp40.000. Berarti labanya sekitar Rp30.000 per pasang sepatu.

Affiliate Marketing

Affiliate marketing (afiliasi pemasaran) kerap ditawarkan oleh perusahaan, marketplace, atau toko online ternama dengan tujuan memperluas pemasaran. Orang yang melakukan afiliasi disebut afiliator. Tugas afiliator adalah mempromosikan produk dari merchant dengan menggunakan link referral.

Biasanya, merchant mempersiapkan foto produk, deskripsi, dan harga untuk dibagikan oleh afiliator. Namun, afiliator tidak boleh mengubah kalimat promosi dan link dari merchant

Sebelum bergabung program afiliasi tersebut, cek syarat dan ketentuan promosi hingga pembagian komisi. Kamu harus memastikan komisi diberikan secara adil oleh merchant. Selain itu, cek juga aturan pencairan komisi untuk menghindari kerugian.

Bisnis Daur Ulang Kreatif

Kamu memiliki banyak barang bekas di rumah? Barang bekas dapat diubah menjadi produk kreatif bernilai ekonomi. Jadi, kamu bisa menjual kembali produk tersebut dengan bentuk lebih unik dan bermanfaat.

Sebagai contoh, di rumah kamu terdapat botol plastik bekas air minum kemasan. Dari satu bahan tersebut, bisa menghasilkan beberapa produk kreatif. Pertama, kamu dapat membuat celengan botol plastik. Biasanya, celengan ini dihias aneka warna cat dan gambar menarik. 

Selain celengan botol plastik, bisa juga dibuat pot tanaman gantung. Supaya potnya sempurna, gunakan botol ukuran 1 liter. Kemudian, kaitkan botol dengan tali aneka warna agar terlihat unik. 

Jasa Kursus Online

Pandemi Covid-19 terbukti memengaruhi perilaku masyarakat, salah satunya dalam hal belajar. Sejak pandemi, sebagian besar orang memilih untuk belajar dari rumah menggunakan perangkat yang terhubung internet. Ternyata, kebiasaan tersebut berlanjut sampai sekarang hingga mengubah banyak bidang, termasuk bisnis kursus.

Dahulu, kursus dilakukan dengan metode tatap muka antara siswa dan mentornya. Sementara itu, sekarang, pertemuan antara siswa dan mentor bisa dilakukan secara online melalui aplikasi. Karena itu, jangkauan konsumen jasa kursus online lebih luas. Makin luas jangkauan konsumen, maka peluang bisnisnya bertambah besar. 

Bisnis PPOB

Kamu ingin menjalankan bisnis modal hanya ratusan ribu, tetapi bisa menghasilkan keuntungan jutaan rupiah per bulan? Bisnis payment point online bank (PPOB) merupakan salah satu usaha yang direkomendasikan. Pasalnya, bisnis ini menjual produk digital kebutuhan mayoritas masyarakat, seperti pulsa, paket internet, dan token listrik. 

Itulah peluang bisnis minim modal yang mudah dijalankan dari rumah, kantor, maupun kampus. Jika kamu tertarik menjalankan bisnis PPOB, segera daftar menjadi mitra di OttoPay.

Klik di sini sekarang dan dapatkan penghasilan lebih besar!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: