Mengajukan Turun Daya PLN, Memang Bisa?

24 Mei 2023
Turun Daya PLN

Pertengahan tahun 2022, PLN merilis kebijakan penyesuaian tarif listrik, khususnya bagi pelanggan golongan daya 3.500 VA ke atas. Tentu saja, ada pihak yang menyatakan keberatan terkait kenaikan tarif listrik tersebut. 

Namun, PLN justru membuka diri jika ada pelanggan yang hendak mengajukan penurunan daya listrik. Memang bisa ya, mengajukan turun daya PLN alih-alih tambah daya?

Baca juga: 3 Cara Mematikan Alarm Token Listrik Agar Tidak Berisik

Turun Daya PLN
Sumber : Envato

Pertimbangan Menurunkan Daya Listrik

Dari sudut pandang PLN selaku penyedia pasokan listrik, mengajukan perubahan daya listrik ternyata hak dasar setiap pelanggan. Itu sebabnya, PLN mempersilakan jika ada pelanggan yang ingin menurunkan daya listrik di rumah atau tempatnya bekerja. 

Namun, pelanggan yang hendak membuat pengajuan penurunan daya pun harus sadar apakah benar kebutuhan itu sesuai dengan konsumsi listrik saat ini. Jangan sampai setelah penurunan daya, malah muncul kendala teknis seperti meteran listrik sering turun karena beban pemakaian yang melebihi besar kapasitas daya yang dipunya.

Perlu kamu tahu, kenaikan tarif dasar listrik bukan tanpa pertimbangan. Kenaikan tarif listrik secara umum dipengaruhi harga minyak mentah dunia yang meningkat. 

Hal tersebut tentu berpengaruh pada peningkatan beban produksi listrik. Pasalnya, ketika harga minyak mentah dunia naik 1 US$ saja, langsung berpengaruh terhadap biaya pokok produksi listrik hingga menyentuh angka Rp500 miliar. 

Mau tak mau, PLN harus meningkatkan tarif listrik yang difokuskan pada pelanggan listrik 3.500 VA ke atas alias kelompok rumah tangga mampu, sekitar 2,09 juta pelanggan atau mencakup 2,5% dari 83,1 juta pelanggan PLN. Tarif serupa juga diberlakukan terhadap golongan pemerintah, yaitu sebanyak 373 ribu pelanggan. 

Sama seperti penambahan daya, pengajuan turun daya PLN juga dikenakan biaya. Besarannya dapat berbeda-beda karena disesuaikan dengan hasil survei petugas PLN terkait kebutuhan material dan jasa penurunan daya. 

Syarat Pengajuan Turun Daya

Untuk mengajukan turun daya PLN, syarat yang harus disiapkan tidak begitu sulit. Kamu hanya perlu mempersiapkan data dan berkas berikut ini:

  1. Nomor ID atau meteran listrik pelanggan
  2. Alamat lengkap bangunan 
  3. Nomor identitas diri
  4. Nomor telepon dan HP
  5. Surat kuasa jika pengajuan dilakukan bukan atas nama diri sendiri.

Namun, untuk mengajukan turun daya ke 900 VA atau 450 VA, kamu perlu dokumen tambahan, yaitu Kartu Perlindungan Sosial (KPS) dan Kartu Keluarga Sehat (KKS). Alternatif lain, menyertakan surat keterangan yang dirilis oleh TNP2K atau Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan.

Syarat terakhir yang paling mutlak adalah harus sudah menuntaskan semua tagihan di bulan-bulan sebelumnya. Ini juga termasuk kewajiban lain terkait berlangganan listrik jika ada. 

Prosedur Turun Daya Listrik 

Ada dua prosedur turun daya PLN yang bisa kamu lakukan, yaitu datang ke kantor PLN terdekat atau secara online. 

Mengajukan turun daya di kantor PLN

Setelah dokumen siap dan kamu sudah menyelesaikan tagihan sebelumnya, silakan langsung mendatangi kantor PLN terdekat untuk mengajukan penurunan daya. Setelah berkas pengajuan diterima, petugas akan memverifikasi data dahulu. 

Usai verifikasi data, petugas akan memberitahu berapa biaya penurunan daya listrik. Hasil ini dapat bervariasi sesuai hasil survei, kebutuhan material, serta pengadaan jasa pada golongan daya yang dikehendaki pelanggan.

Mengajukan turun daya lewat PLN Mobile

Saat ini PLN secara bertahap tengah menjalani migrasi proses perubahan daya dari situs web ke aplikasi PLN Mobile. Serupa dengan pengajuan tambah daya, langkah-langkah turun daya juga dilakukan lewat menu sama, yaitu “Perubahan Daya”, tetapi berbeda pada opsi daya yang diinginkan.

  1. Setelah mengunduh aplikasi PLN Mobile, pilih menu “Perubahan Daya” pada halaman utama.
  2. Masukkan ID Pelanggan sudah didaftarkan dan klik “Lanjutkan”.
  3. Ketik koordinat lokasi bangunan yang sesuai dan ketuk “Ya” untuk melengkapi data lokasi.
  4. Pada halaman selanjutnya, tentukan daya baru yang diperlukan, jenis koneksi, serta tujuan penggunaan listrik. 
  5. Pilih mana jenis permohonan, apakah pengajuan atas nama diri sendiri atau orang lain. Jika atas nama orang lain, isi kolom “Data Pelanggan” serta “Data Pemohon”.
  6. Kemudian, Ringkasan Data Permohonan akan muncul dan klik “Kirim Permohonan”.
  7. Baca “Syarat dan Ketentuan” dan klik “Setuju”. 
  8. Halaman pemberitahuan bahwa permohonan berhasil diajukan akan ditampilkan. Klik “OK” dan “Detail Permohonan” akan muncul dan diteruskan menuju proses pembayaran. 

Jika proses pengajuan dan pembayaran sudah dilakukan, dalam waktu beberapa hari petugas PLN akan menghubungimu untuk melaksanakan proses penurunan daya.

Baca juga: Listrik Pascabayar vs Prabayar: Mana yang Lebih Baik?

Walaupun turun daya PLN bisa jadi alternatif jika kamu merasa was-was dengan kenaikan tarif listrik, jangan lupa cek lagi bagaimana pemakaian listrik selama ini. Kamu bisa kok menghemat listrik tanpa mengubah daya dengan lebih bijak mengonsumsi listrik. 

Tips penting lainnya, beli token listrik di OttoPay saja. Dijamin harga lebih murah, proses cepat, dan banyak cashback. Bahkan, kamu bisa menikmati keuntungan lebih jika bergabung sebagai mitra OttoPay. Bisa buat tambah penghasilan nih!

Ayo, download OttoPay sekarang, gratis!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: