Listrik Pascabayar vs Prabayar: Mana yang Lebih Baik?

19 Februari 2023
Lebih baik token atau pasca bayar

PLN (Perusahaan Listrik Negara) sebagai perusahaan penyedia listrik di Indonesia telah menyediakan layanan listrik prabayar sejak lebih dari satu dekade lalu. Namun, beberapa orang masih belum tahu dan ragu untuk menggunakan layanan ini. 

Padahal, ada banyak, lho keuntungan menggunakan layanan prabayar—termasuk salah satunya terkait tagihan listrik yang sering jadi masalah di akhir bulan saat harus membayar. Selain itu, menggunakan token listrik juga akan membantumu membangun kebiasaan baik yang bahkan mendukung kebaikan untuk bumi. Besar sekali, kan, dampaknya?

cek tagihan listrik

Perbedaan Listrik Pascabayar dan Prabayar

Tak cuma pulsa, sekarang kamu juga punya pilihan menggunakan layanan prabayar untuk keperluan listrik. Pemerintah pun terus mendorong masyarakat untuk beralih memakai token listrik dibandingkan sistem lama prabayar.

Perbedaan utama listrik pascabayar dan prabayar adalah cara pembayarannya. Seperti namanya, jika menggunakan pascabayar, maka kamu baru membayar tagihan listrik di akhir bulan (biasanya setiap tanggal 20) setelah sebulan penggunaan. Sebaliknya, jika menggunakan prabayar, maka kamu membeli terlebih dahulu sejumlah “kuota” listrik agar dapat menggunakannya. Apabila kuota tersebut habis, maka kamu pun perlu melakukan isi ulang.

Mana yang Lebih Baik?

Tentunya, kedua layanan ini punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sebelum memutuskan mana yang lebih baik, kamu perlu mengenali dulu pros dan cons dari masing-masing layanan seperti berikut.

Kelebihan Pascabayar

  1. Pembayaran lebih fleksibel

Kamu sudah bisa melakukan cek tagihan listrik dan pembayaran sejak tanggal 2 atau 3 setiap bulannya dan membayarnya maksimal tanggal 20. Jangka waktu ini cukup panjang sehingga kamu bisa untuk “bersiap-siap” terlebih dahulu untuk melakukan pembayaran. Kalau melewati tanggal tersebut, kamu tetap dapat menggunakan listrik, tetapi akan dikenakan denda. Kalau masih belum membayar hingga tanggal 20 berikutnya, maka listrik akan diputus.

  1. Tidak perlu melakukan pengisian daya 

Kamu tidak akan direpotkan dengan harus melakukan pengisian daya saat menggunakan pascabayar. Listrik akan terus mengalir dipasok oleh PLN selama kamu melakukan pembayaran dengan rutin.

Kekurangan Pascabayar

  1. Tagihan tidak pasti

Nominal tagihan tiap bulan akan cenderung berbeda—sekalipun tidak selalu signifikan. Sebagian orang bahkan kerap merasa harap-harap cemas setiap menunggu informasi total tagihan yang harus dibayar.

  1. Privasi kurang terjaga

Petugas pencatat meteran listrik perlu datang secara berkala untuk melakukan pencatatan konsumsi listrik. Beberapa pelanggan tidak terlalu menyukai SOP ini karena merasa privasi terusik. Di samping itu, walau tidak semua, tetapi beberapa oknum terkadang melakukan tindakan-tindakan yang mencurigakan dan kurang baik sehingga kamu harus mengawasi.

– Kelebihan Prabayar

  1. Bujet listrik lebih terkontrol

Kamu akan tahu dengan pasti besarnya bujet yang dikeluarkan untuk listrik sejak awal karena harus membeli token listrik terlebih dahulu agar dapat menggunakannya. Tentunya, kamu juga dapat menyesuaikannya dengan anggaran bulanan sehingga tak ada “pengeluaran membludak” untuk kebutuhan satu ini.

  1. Membantu hemat energi

Oleh karena kuota listrik yang terbatas sesuai nominal token listrik yang kamu beli, mau tak mau kamu pun harus jadi lebih bijak dalam mengonsumsinya. Kebiasaan berhemat listrik ini pun berdampak pada lingkungan dengan mengurangi emisi CO2 yang dapat merusak lapisan atmosfer.

Kekurangan Pascabayar

  1. Keterbatasan waktu untuk isi token

Perlu kamu ketahui bahwa hingga saat ini pelanggan masih belum bisa melakukan isi token listrik pada pukul 23.00-02.00. Kalau ada sesuatu yang mendesak di jam-jam tersebut dan kuota listrik habis, maka akan jadi kendala tersendiri. Alternatifnya, kamu perlu sebaiknya mengisi token sebelum pukul tersebut jika kuota listrik sudah menipis.

  1. Harus mengisi daya berkali-kali

Setiap kuota tinggal sedikit, kamu harus kembali melakukan isi ulang. Dalam sebulan pun mungkin saja kamu perlu melakukan isi ulang dua kali atau bahkan lebih sesuai kebutuhan.

Berdasarkan kelebihan dan kekurangan listrik pascabayar dan prabayar di atas, kamu dapat menilai mana yang lebih baik dan tepat sesuai kebutuhanmu. Kalau pertimbangan utamamu adalah tagihan listrik yang lebih terkontrol, maka layanan prabayar jadi yang paling pas.

Cara Bayar Tagihan Listrik Pascabayar dan Prabayar 

tagihan listrik

Kamu bisa melakukan cek tagihan listrik prabayar sebelum melakukan pembayaran secara mudah di aplikasi Ottopay. Caranya pun cukup mudah, yakni dengan memasukkan nomor ID listrik. Sistem secara otomatis akan menampilkan tagihan dan kamu dapat langsung membayarnya pula di Ottopay dengan lebih praktis.

Sementara itu untuk prabayar, tidak akan ada tagihan yang harus dicek. Di Ottopay, pilih Produk Digital-PLN dan masukkan nomor ID pelanggan, lalu pilih nominal token yang kamu perlukan. Mudah, bukan?

Yuk, download OttoPay sekarang di PlayStore secara gratis untuk bayar tagihan dan beli token listrik dengan lebih mudah dan murah!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: