Kenapa PDAM Lebih Unggul Dibanding Sumur? Simak Alasannya!

4 Januari 2023
Keunggulan PDAM

Jika kamu tinggal di daerah yang bisa mengakses PDAM dan sumur sekaligus, kamu mungkin bingung menentukan pilihan antara keduanya. Air sumur baik sumur gali maupun sumur bor bisa diakses dengan mudah (dibuat sendiri) dan bebas biaya bulanan. Sebaliknya, PDAM menawarkan sumber air bersih dengan biaya berlangganan yang harus dibayar berdasarkan penggunaan.

Banyak orang yang memilih menggunakan PDAM karena kualitas air tanah mereka kurang baik. Misalnya air yang kuning, berbau lumpur atau terkontaminasi bakteri berbahaya. Apa saja keunggulan air PDAM? Simak penjelasannya berikut ini!

Baca Juga: Mau Pasang PAM atau Sumur Bor? Simak Pertimbangannya Berikut Ini!

Keunggulan PDAM
Sumber : Envato

Proses Pengolahannya

Keunggulan yang paling menonjol dari air PDAM adalah proses pengolahannya. Saat mengambil air dari sumur, kamu akan memperoleh air dengan kandungan mineral yang tinggi. Kualitas air tanah juga berbeda-beda, tergantung di mana lokasi sumur dibuat.

Ada daerah yang memiliki air sadah atau hard water. Jenis air ini sulit berbusa apabila dipakai untuk mencuci sebab mineralnya bereaksi dengan sabun yang dicampurkan. Umumnya, air sadah meninggalkan sisa di wadah berupa kerak.

Berbeda dengan air PDAM yang sudah melalui proses pengolahan air atau water treatment. Aktivitas pengolahan ini memerlukan alat dan bahan kimia khusus untuk menyaring air, menyingkirkan partikel kotoran serta menghilangkan kuman dan bakteri yang mencemari air. 

Tidak hanya proses pengolahan, penyimpanan hingga distribusi air PDAM dilakukan dengan pengawasan sehingga kebersihan dan keamanannya terjamin.

Kualitas Air PDAM Tidak Berubah Meski Musim Berubah

Tidak hanya kuantitas, kualitas air sumur ternyata turut berubah ketika musim berubah. Menurut Dr. Ir Firdaus Ali, M.Sc sebagai pakar air, dampak musim kemarau terhadap kualitas air berhubungan dengan faktor pengenceran terhadap material yang diserap oleh tanah. Karena jumlah air sedikit, maka konsentrasi zat tersebut bisa meningkat. Jika zat tersebut adalah limbah yang berbahaya, ini akan terserap lagi ke dalam air. Itulah sebabnya kenapa kualitas air tanah terus berfluktuasi sesuai dengan musimnya.

Di sisi lain, air PDAM selalu melalui proses pengolahan yang sama. Kualitas air juga harus dipastikan telah memenuhi standar sebelum didistribusikan kepada masyarakat. Dengan begitu, kamu bisa tetap memperoleh air dengan kuantitas dan kualitas yang kamu harapkan meskipun sedang musim kemarau atau musim hujan.

Pembuatan Sumur Memerlukan Ketelitian Tinggi

Untuk membuat sumur, ada berbagai hal yang perlu diperhatikan. Tujuannya adalah untuk mendapatkan air dengan kualitas dan kuantitas yang baik. Hal-hal tersebut antara lain:

  • Jarak sumur dengan septic tank dan tempat pembuangan limbah lainnya. Secara umum, sumur sebaiknya dipisahkan dengan jarak 10 meter dengan septic tank dan tempat pembuangan limbah lainnya. Tujuannya adalah agar air sumur tidak terkontaminasi bakteri E.coli dan kontaminan lainnya
  • Jenis pipa. Jenis pipa yang dipasang untuk mengalirkan air dari sumur ke tempat penampungan air juga harus baik. Hindari menggunakan pipa tipe C yang tipis dan mudah rusak
  • Jenis pompa. Ada banyak jenis pompa yang dipakai untuk memompa air dari dalam sumur. Kedalaman sumur berpengaruh pada jenis pompa yang sebaiknya kamu pakai. Pompa sumur dangkal bisa dipakai untuk sumur dengan kedalaman tidak lebih dari 7 meter. Untuk yang lebih dalam, kamu bisa menggunakan mesin jet pump atau semi jet pump. Sedangkan sumur bor dengan kedalaman belasan sampai puluhan meter biasanya memakai submersible pump atau pompa celup.

Jika kamu menggunakan PDAM, kamu hanya cukup memastikan wilayahmu berada dalam jangkauan layanan PDAM setempat. Selanjutnya, tinggal siapkan biaya pemasangan dan lakukan registrasi ke kantor PDAM. Setelah pipa terpasang, kamu tinggal menikmati sumber air bersih sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga: Awas Denda Membludak, Ini Risiko Telat Bayar BPJS Kesehatan

Itulah beberapa keuntungan menggunakan PDAM ketimbang sumur. Jika kamu memutuskan untuk menggunakan layanan PDAM, jangan lupa bahwa ada biaya bulanan yang harus dibayar. Untuk proses pembayaran tagihan PDAM yang lebih mudah dan praktis, kamu bisa menggunakan OttoPay.

Yuk, download aplikasinya dan bergabunglah jadi mitra OttoPay. Kamu bisa dapat untung dengan menyediakan jasa pembayaran tagihan PDAM untuk orang-orang di sekitarmu!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: