Transaksi Cashless dengan EDC Android, Ini Kelebihannya!

12 Februari 2024

Pada tahun 2014, program gerakan nasional nontunai (GNNT) mulai digalakkan oleh Bank Indonesia. Sejak itu, masyarakat perlahan mengubah cara transaksi keuangan dari tunai menjadi cashless (nontunai). Salah satu tren cashless yang populer saat ini adalah EDC Android.

Beberapa bank yang sudah meluncurkan EDC, antara lain BRI, BNI, Mandiri, dan BCA. Total transaksi EDC melalui keempat bank tersebut kini telah mencapai 100 persen. Pasal, tidak hanya merchant tertentu yang bisa melakukan transaksi, tetapi juga UMKM ataupun bisnis perorangan. 

Lalu, apa itu saja kelebihan EDC berbasis Android? Berikut ini ulasan selengkapnya.

EDC Android
Sumber : Envato

Pengertian dan cara kerja EDC Android

Electronic data capture (EDC) adalah alat pembayaran nontunai yang terhubung dengan rekening bank. Kamu bisa menggunakan kartu debit atau kredit jika ingin bertransaksi melalui mesin EDC. Untuk memvalidasi data transaksi, alat ini dibekali teknologi graphical user interface (GUI). 

Ketika kamu menggunakan mesin EDC untuk transaksi belanja, pembayaran akan diproses dengan cara kerja berikut ini.

  • Kasir akan meminta kartu kredit atau debit milik kamu. Kemudian, kartu tersebut ditempelkan ke mesin.
  • Setelah kartu terbaca, kasir memasukkan nominal transaksi.
  • Tahap berikutnya, pemilik kartu harus memasukkan PIN kartu debit atau kredit di tombol mesin EDC.
  • Selanjutnya, pembayaran diproses oleh mesin. Jika kamu memasukkan PIN dengan benar, struk pembayaran keluar dari mesin EDC sebagai tanda transaksi selesai.

5 Kelebihan EDC Android

Banyak orang menggunakan mesin EDC sebagai alat pembayaran karena memiliki beberapa kelebihan berikut ini.

Mencegah Pembayaran dengan Uang Palsu

Peredaran uang palsu di Indonesia mengalami peningkatan sejak tahun 2022. Menurut data Bank Indonesia, peredaran uang palsu mencapai 575.327 lembar sepanjang Januari—Oktober 2022. Jumlah tersebut tergolong paling tinggi selama tujuh tahun terakhir.

Untuk mencegah kasus uang palsu meningkat di tahun 2023, penggunaan mesin EDC digencarkan. Pasal, semua transaksi melalui mesin EDC bersifat nontunai—yang dananya ditarik langsung dari kartu debit atau kredit pengguna.

Mempercepat Transaksi

Apakah kamu pernah mengantre lama di kasir hanya untuk membayar 1—2 produk? Biasanya, situasi seperti itu ditemukan di minimarket, swalayan, atau pasar yang belum melayani transaksi nontunai. Kasir harus menerima uang tunai dan memberikan kembalian kepada konsumen.

Supaya konsumen mendapatkan kembalian yang tepat, kasir harus menghitung uangnya. Tentu ini membutuhkan waktu beberapa detik atau menit jika jumlah kembaliannya banyak.

Namun, peristiwa tersebut tidak akan terjadi kalau kamu menggunakan mesin EDC. Pasal, alat ini memproses pembayaran hanya dengan satu kali gesek kartu debit ataupun kredit.

Memudahkan Pencatatan Transaksi

Kelebihan lain dari transaksi menggunakan mesin EDC adalah transaksi tercatat secara otomatis di sistem. Jadi, kamu tidak perlu khawatir lupa jumlah pembelian atau arus penjualan saat itu.

Pencatatan transaksi otomatis dari mesin EDC juga menghemat biaya. Hal itu karena semua transaksi tercatat secara digital sehingga tidak membutuhkan kertas. 

Meningkatkan Penjualan

Ketika berbelanja produk, konsumen mencari kemudahan dalam transaksinya. Semakin mudah transaksi yang ditawarkan, biasanya konsumen meningkatkan jumlah belanja. Karena itu, penggunaan mesin EDC penting diterapkan di UMKM maupun merchant untuk menaikkan kredibilitas konsumen terhadap bisnis kamu.

Memudahkan Pengawasan Transaksi

Apakah kamu pernah menghadapi karyawan yang tidak jujur? Kalau belum pernah, cobalah mengetes kejujuran mereka ketika kamu sedang tidak berada di lokasi kerja.

Salah satu cara mengetesnya dengan menerapkan transaksi mesin EDC. Namun, jangan pernah memberitahu mereka tentang cara kerja mesin ini dalam mendeteksi arus finansial atau penjualan. Kamu bisa memberitahu mereka sekaligus mengevaluasi apakah ada karyawan yang harus dirumahkan jika sudah menerapkan beberapa bulan.

Demikian sekilas pembahasan tentang EDC Android dan kelebihannya bagi pemilik usaha maupun konsumen. Jika ingin transaksi lebih cepat dan otomatis, kamu bisa mencoba digitalisasi keuangan yang ditawarkan oleh OttoPay bisnis. Melalui layanan tersebut, merchant kamu bisa menerima pembayaran nontunai melalui QRIS, E-Wallet dan bank, debit card, maupun credit card. Jadi, yuk, pakai EDC dan rasakan manfaatnya untuk bisnis kamu!

Tias Mellynia

Tias Mellynia

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: