Cara Migrasi Layanan Pascabayar ke Prabayar Telkomsel dan Sebaliknya

22 Mei 2023
Migrasi Layanan Pascabayar ke Prabayar Telkomsel

Cara migrasi layanan pascabayar ke prabayar Telkomsel tidak sesulit yang dibayangkan. Terutama bagi kamu yang menggunakan Halo Hybrid. Kartu ini memungkinkan kamu beralih secara otomatis dari layanan pascabayar ke prabayar. Lantas, dapatkah pengguna kartu Telkomsel lain melakukan migrasi? Yuk, simak penjelasan singkat berikut ini.  

Migrasi Layanan Pascabayar ke Prabayar Telkomsel
Sumber : Envato

Sekilas Tentang Layanan Pascabayar dan Prabayar Telkomsel 

Layanan pascabayar adalah layanan yang penagihan pembayarannya dilakukan setelah digunakan selama satu periode. Kartu pascabayar Telkomsel memungkinkan kamu menggunakan layanan sesuai kebutuhan. Beberapa keuntungan menggunakan kartu pascabayar, antara lain:

  • Jaringan Prioritas – Telkomsel menyediakan jaringan utama terbaik untuk pelanggan kartu pascabayar di seluruh Indonesia. Kamu bisa menikmati jaringan yang stabil dengan kecepatan internet yang cepat.
  • Bisa Memilih Nomor – kamu bebas memilih nomor sesuai keinginan sehingga terasa lebih istimewa. 
  • Tagihan Bisa Disesuaikan – kamu bisa menyesuaikan pengeluaran bulanan dengan cara mengontrol tagihan melalui aplikasi MyTekomsel atau *888#.

Baca juga: Diprediksi Laris di Tahun 2023, Ini Prospek Bisnis PPOB

Sebaliknya, layanan prabayar adalah layanan yang mengharuskan kamu mengisi pulsa atau membeli kuota sebelum menggunakannya. Serupa dengan kartu pascabayar, layanan prabayar juga menawarkan sejumlah keuntungan, di antaranya:

  • Aktivasi Praktis – kartu prabayar Telkomsel bisa dengan mudah kamu dapatkan di konter maupun Grapari. Aktivasi kartu sangat praktis, hanya membutuhkan nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK).
  • Pengisian Lebih Mudah Diatur – kartu prabayar memungkinkan kamu untuk mengatur pengeluaran. Lantaran baru bisa digunakan setelah membeli pulsa atau paket data, kamu bisa mengisinya sesuai kebutuhan. Kamu juga tidak perlu repot membayar tagihan setiap bulan.
  • Paket Lebih Bervariasi – dibandingkan pascabayar, layanan prabayar lebih bervariasi. Kamu bisa memilih paket internet sesuai kebutuhan, mulai dari Combo SAKTI, OMG! Nonton, paket belajar, paket harian, Kring-Kring, hingga kuota keluarga.
  • Pulsa Murah – pulsa kartu prabayar terbilang murah karena tersedia dari nominal terendah Rp5 ribu hingga Rp1 juta dengan masa tenggang bervariasi.  

Cara Migrasi Layanan Pascabayar ke Prabayar Telkomsel dan Sebaliknya 

Setelah mengetahui perbedaan pascabayar dan prabayar, kamu bisa memilih layanan paling tepat. Apabila sebelumnya kamu merupakan pelanggan pascabayar, migrasi layanan pascabayar ke prabayar Telkomsel tidak dapat dilakukan. Kamu harus membeli kartu perdana Telkomsel prabayar baru. 

Bagi kamu pelanggan prabayar Telkomsel yang menggunakan kartu AS dan Simpati, migrasi layanan prabayar ke pascabayar dapat dilakukan melalui cara berikut.

Website Telkomsel

  • Kunjungi website resmi Telkomsel.
  • Pilih Beralih Sekarang.
  • Login menggunakan nomor Telkomsel kamu.
  • Pilih paket yang tersedia: Halo+ 100-190k, Halo+ 200-280k, dan Halo +300-600k.
  • Pilih nomor kartu Halo sesuai keinginan.
  • Pilih cara pembayaran registrasi.
  • Masukkan data diri sesuai KTP.
  • Isi alamat pengantaran kartu Halo. Pada tahap ini, Telkomsel akan melakukan konfirmasi dan validasi. Pastikan nomormu dalam keadaan aktif.

Grapari

Kunjungi Grapari terdekat untuk mendapatkan bantuan langsung dari Customer Service. Migrasi prabayar ke pascabayar melalui Grapari dikenakan pembayaran 3 bulan tagihan.

Telkomsel memberikan sejumlah ketentuan bagi pelanggan prabayar yang beralih ke pascabayar dan ingin kembali ke prabayar karena merasa tidak puas atas layanan yang diberikan. Adapun syarat migrasi pascabayar ke prabayar Telkomsel:

  • Tagihan sudah terbit minimal 1 kali.
  • Membayar tagihan berjalan dan yang belum dibayarkan apabila ada. 
  • Tidak dapat migrasi kembali ke kartu Halo.
  • KTP pelanggan masih bisa mendaftar prabayar (maksimal 3 nomor).

Selama proses migrasi tersebut, nomor akan nonaktif selama maksimal 7 hari. Setelahnya, kamu harus melakukan registrasi layaknya nomor baru. Status loyalty, kuota paket, pulsa, dan Telkomsel poin yang kamu miliki akan hangus ketika proses migrasi berlangsung.

Baca juga: Tertarik Jualan PPOB? Berikut Simulasi Keuntungannya

Demikianlah informasi mengenai migrasi layanan pascabayar ke prabayar Telkomsel dan sebaliknya. Pastikan untuk mempertimbangkan layanan tersebut sesuai kebutuhanmu. Nikmati kemudahan bayar tagihan pascabayar, telepon rumah, internet IndiHome dan CBN melalui OttoPay. Selain praktis dan harga bersaing, kamu bisa mendapatkan cashback. Tertarik? Yuk, instal aplikasinya sekarang!   

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: