5 Tips Membangun Bisnis Makanan Untuk Pemula

28 Maret 2023
Bisnis Makanan Untuk Pemula

Bisnis makanan saat ini menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan. Selain menawarkan tingkat keuntungan tinggi, usaha ini tak akan pernah mati. Alasannya, karena makanan merupakan bagian dari kebutuhan primer setiap orang.

Hanya saja, keputusan untuk terjun ke bisnis kuliner juga mengharuskan kamu berhadapan pada tingkat persaingan yang sangat ketat. Oleh karena itu, kamu perlu tips jitu ketika ingin membangun bisnis makanan untuk pemula. 

Untuk membantu kamu dalam meraih kesuksesan sebagai seorang entrepreneur, ada 5 tips atau cara memulai bisnis makanan yang tak boleh dilewatkan, yaitu:  

Bisnis Makanan Untuk Pemula
Sumber : Envato

1. Awali Cara Memulai Bisnis Makanan dengan Riset Potensi Pasar

Tahap awal yang perlu kamu lakukan ketika ingin memulai usaha apa pun, termasuk bisnis makanan untuk pemula, adalah riset pasar. Riset harus kamu lakukan dengan tujuan untuk mengetahui potensi pasar. Lewat riset, kamu bisa mengetahui potensi pasar secara riil, berdasarkan data bukan hanya dengan mengandalkan asumsi. 

Lewat riset, kamu dapat mengetahui secara pasti bahwa produk yang akan dibuat benar-benar dicari dan dibutuhkan oleh konsumen. Riset juga bisa membantu kamu dalam mengetahui karakteristik dari konsumen yang menjadi target pemasaran dan sekaligus kompetitor. Jadi, risiko kegagalan bisnis bisa kamu minimalkan.

2. Hitung dan Siapkan Modal Usaha untuk Bisnis Makanan

Langkah selanjutnya dalam cara memulai bisnis makanan adalah dengan menghitung serta mempersiapkan modal awal usaha. Kamu perlu tahu ada 3 jenis modal awal yang harus diperhitungkan, yaitu: 

  • Modal Kerja. Biaya yang termasuk dalam modal kerja berkaitan erat dengan pengeluaran bahan baku atau bahan mentah. 
  • Modal Investasi. Selain memerlukan bahan baku, proses produksi makanan juga butuh peralatan. Biaya pembelian peralatan ini termasuk sebagai modal investasi. Nominalnya bakal cukup besar, tetapi kamu bisa memperoleh manfaatnya dalam jangka panjang.
  • Modal Operasional. Selanjutnya, kamu juga perlu modal operasional. Biaya ini perlu kamu keluarkan secara berkala, biasanya sebulan sekali. Nominalnya sangat berkaitan erat dengan kapasitas produksi yang kamu jalankan.

3. Hadirkan Cita Rasa yang Unik dan Khas

Bisnis makanan merupakan usaha dengan tingkat persaingan yang sangat tinggi. Oleh karena itu, kamu perlu menawarkan keunikan tersendiri yang membuat usaha kamu beda dengan kompetitor. Dengan begitu, konsumen akan lebih memilih produk kamu dibandingkan toko sebelah.

Baca juga: Nggak Susah Kok, Berikut Tips Mengatur Keuangan Usaha Kamu

4. Jangan Lupa Membuat Business Plan

Selanjutnya, jangan sampai melupakan penyusunan business plan. Apalagi, ketika kamu ingin mengembangkan bisnis jadi lebih besar dengan menarik investor. Keberadaannya juga dapat membantu kamu untuk tetap fokus pada tujuan ketika menjalankan bisnis. 

Isinya adalah berbagai hal penting yang berkaitan dengan bisnis, termasuk di antaranya adalah: 

  • Deskripsi produk
  • Analisis pasar
  • Rencana keuangan
  • Tujuan bisnis
  • Strategi pemasaran
  • Perhitungan modal

5. Jalankan Rencana dan Lakukan Evaluasi

Langkah terakhir dalam cara memulai bisnis makanan adalah dengan menerapkan rencana yang telah kamu susun matang. Pada tahapan ini, kamu mungkin akan menemui berbagai kendala serta tantangan yang sebelumnya tak diperhitungkan. Dalam bisnis, hal seperti ini sangatlah wajar. 

Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Kamu perlu melakukan evaluasi secara berkala. Evaluasi dapat membantu kamu untuk melakukan berbagai perbaikan untuk mengatasi berbagai permasalahan yang muncul. Lewat adanya evaluasi rutin, bisnis makanan kamu pun dapat berkembang jadi lebih baik. 

Baca juga: Belanja Grosir Sembako Makin Untung dengan Tips Ini

Salah satu bentuk evaluasi yang perlu kamu perhatikan adalah pelayanan yang efektif dan efisien. Kamu bisa memberikan pelayanan secara optimal kepada konsumen dengan memanfaatkan perangkat pendukung yang tepat. Salah satunya adalah OttoPay. OttoPay dapat membantu kamu dalam melayani pembayaran non tunai praktis berbasis QRIS. Selain itu, kamu juga akan memperoleh pencatatan transaksi rapi.

Yuk, segera manfaatkan OttoPay untuk kelancaran bisnis makanan untuk pemula yang kamu jalankan!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: