Perhatikan! Ini  Hal yang Terjadi saat Telat Bayar Cicilan Kendaraan

16 Maret 2023
Telat Bayar Cicilan Kendaraan

Tidak semua orang mempunyai kemampuan untuk membeli kendaraan secara tunai. Alasannya klasik, karena belum memiliki uang yang cukup. Oleh karena itu, tak heran kalau angka pembelian kendaraan secara kredit sangat tinggi. Dalam skema ini, sebagai ganti pembayaran tunai, kamu perlu bayar cicilan kredit setiap bulan. 

Pembelian kendaraan dengan sistem kredit memang menawarkan kemudahan cara pembayaran. Hanya saja, kamu jangan menyepelekan pembayaran cicilan kendaraan. Apalagi, kalau kamu sampai terbiasa membayar lewat jatuh tempo. Pada situasi tersebut, kamu akan berhadapan pada berbagai sanksi dari pihak terkait. 

Sanksi saat Telat Bayar Cicilan Kendaraan

Bayar Cicilan Kendaraan
Sumber : Carro

Ada beberapa sanksi yang bakal kamu hadapi sebagai konsekuensi dari keterlambatan bayar cicilan kendaraan, yaitu: 

1. Penagihan

Ketika terlambat membayar tagihan cicilan kendaraan, kamu akan mendapatkan gangguan berupa pemberitahuan pembayaran dari pihak leasing. Petugas debt collector akan ‘meneror’ kamu untuk segera melunasi tagihan. Awalnya, mereka akan memberi pemberitahuan lewat telepon. Kalau kamu masih belum melunasinya, petugas akan datang ke rumah. 

2. Biaya Denda

Selain gangguan penagihan oleh petugas, kamu juga akan menghadapi konsekuensi berupa sanksi denda. Pihak leasing biasanya memperhitungkan besaran denda berdasarkan waktu keterlambatan. Sebagai contoh, Adira Finance memberlakukan denda sebesar 0,5% per hari. 

Dengan skema perhitungan denda seperti itu, beban biaya ekstra yang perlu kamu bayarkan bakal cukup besar. Apalagi, ketika kamu sering telat bayar cicilan kendaraan dan keterlambatan tersebut berlangsung dalam waktu yang lama. 

3. Penarikan Kendaraan

Ketika pihak mengidentifikasi kamu sering membayar cicilan kendaraan melebihi jatuh tempo, mereka dapat melakukan penindakan secara tegas. Salah satu contoh penindakan tersebut adalah dengan melakukan penarikan kendaraan. 

Hanya saja, proses penarikan kendaraan oleh pihak leasing tak berlangsung secara tiba-tiba. Konsekuensi seperti ini hanya mereka berlakukan ketika kamu tak mempunyai itikad baik untuk melunasi cicilan. Contohnya, ketika kamu menunggak cicilan sampai 3 bulan. 

4. Masuk Daftar Hitam Bank Indonesia

Terakhir, ada sanksi masuk dalam daftar hitam Bank Indonesia (BI). Banyak orang yang menyepelekan sanksi ini. Hal itu terjadi karena mereka tidak tahu dampak ketika namanya sudah tercantum pada daftar hitam BI. 

Seseorang yang namanya ada dalam blacklist BI, bakal kesulitan ketika ingin melakukan pengajuan kredit. Hal ini terjadi karena namanya terindikasi mempunyai riwayat kredit buruk. Kamu pun perlu melakukan pemutihan nama terlebih dahulu. 

Proses pemutihan nama dari daftar hitam BI dapat kamu lakukan dengan melunasi setiap tunggakan. Pihak bank memberikan waktu selama 6 bulan untuk melunasi tunggakan tersebut. 

Bagaimana Caranya Supaya Tidak Telat Bayar Cicilan Kendaraan?

Bayar Cicilan Kendaraan
Sumber : Ransidit

Biar kamu tak terganggu dengan berbagai konsekuensi serta denda akibat keterlambatan pembayaran cicilan kendaraan, ada 3 tips penting yang bisa dilakukan, yaitu: 

1. Jadikan Prioritas

Upaya pertama agar kamu tak telat membayar tagihan adalah dengan menempatkannya sebagai prioritas. Alokasikan dana untuk pelunasan tagihan setiap awal bulan. Kalau perlu, segera lakukan pembayaran jauh-jauh hari sebelum jatuh tempo. 

2. Bayar Sebelum Jatuh Tempo

Kebiasaan membayar tagihan mendekati jatuh tempo sangat berisiko. Apalagi, kalau kamu adalah tipikal orang yang gampang lupa. Alhasil, kamu bakal terlambat dalam melakukan pembayaran cicilan. 

3. Sesuaikan Besar Angsuran dengan Pendapatan

Tips terakhir, kamu harus melakukan pengelolaan keuangan secara bijak. Hindari kebiasaan membeli barang secara berlebihan. Apalagi, pembelian barang dengan sistem kredit memang mendorong kecenderungan seseorang untuk boros. 

Sebelum melakukan transaksi pembelian, terutama untuk pembelian dengan sistem kredit, pikirkan kondisi keuangan terlebih dulu. Pastikan bahwa kamu mempunyai jumlah pemasukan yang lebih besar dibanding pengeluaran. 

Upaya ini bisa kamu praktikkan dengan mudah ketika mempunyai kebiasaan menyusun laporan keuangan pribadi. Di situ, kamu bisa melihat daftar pengeluaran beserta pemasukan secara jelas. Dengan begitu, kamu bisa mengambil keputusan secara lebih bijak. 

Itulah tips penting yang perlu kamu perhatikan biar terhindar dari berbagai konsekuensi serta sanksi akibat telat bayar cicilan kendaraan. Untuk membantu kamu dalam memudahkan pembayaran cicilan, ada solusi praktis dari OttoPay. 

Kamu bisa menggunakan OttoPay untuk membayar tagihan cicilan dengan mudah. Tak hanya itu, OttoPay bisa pula kamu manfaatkan untuk pembayaran tagihan rutin lain, termasuk topup e-wallet, tagihan air, BPJS Kesehatan, dan lain sebagainya.

Yuk, segera download OttoPay!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: