Waspada! Mungkin Ini Penyebab Tagihan Listrik Melonjak

24 Mei 2023
Tagihan Listrik Melonjak

Cukup banyak penyebab tagihan listrik melonjak yang sering tidak disadari oleh pengguna. Alhasil, mereka merasa terkejut ketika hendak melakukan pembayaran. Apabila kamu pernah mengalaminya, pastikan untuk mengecek meteran secara berkala. Selain itu kelola penggunaan listrik secara bijaksana untuk menekan biaya bulanan. Pengelolaan tersebut juga efektif menghemat energi listrik dan mengurangi pemakaian bahan bakar fosil.

Tagihan Listrik Melonjak? Ini Penyebabnya! 

Tagihan Listrik Melonjak
Sumber : Envato

Supaya kamu tidak terjebak dengan tagihan PLN listrik pascabayar yang mahal, simak beberapa penyebabnya berikut ini. 

1. Pembatas Listrik Tidak Stabil 

Miniature Circuit Breaker (MBC) merupakan komponen yang berfungsi untuk memproteksi instalasi listrik. Ketika terjadi tegangan berlebih, hubungan arus pendek atau korsleting, dan kerusakan unit, MBC akan turun secara otomatis. Tegangan listrik yang tidak stabil atau sering naik turun inilah yang menyebabkan tagihan melonjak. Sangat penting untuk mengecek kondisi MBC. Jika rusak, disarankan melakukan penggantian unit. 

2. Kelalaian Pencatatan Meteran 

Tagihan pascabayar listrik PLN melonjak bisa disebabkan adanya kesalahan pencatatan meteran. Hal ini sering terjadi pada meteran pascabayar yang menggunakan pengukuran manual. Risiko petugas bisa salah melihat angka yang tertera lebih tinggi. Berbeda dengan penggunaan meteran prabayar yang dapat kamu kelola sendiri. 

Untuk meminimalisasi risiko kesalahan pencatatan, foto stand meter listrik. Selain berguna untuk memastikan kesesuaian tagihan pascabayar listrik PLN, foto tersebut juga berfungsi sebagai bukti terjadinya kelalaian petugas. Berbekal foto tersebut, petugas akan lebih teliti sehingga mengurangi risiko kesalahan yang sama.  

Baca juga: Token Listrik PLN Gagal Terisi, Ini yang Harus Kamu Lakukan!

3. Daya Alat Elektronik Tinggi

Konsumsi daya setiap alat elektronik berbeda. Meskipun demikian, rice cooker, setrika, mesin cuci, dan pendingin ruangan tercatat sebagai alat elektronik paling boros listrik. Alangkah bijak untuk memperhatikan konsumsi daya sebelum membeli. Pilih alat elektronik yang hemat daya sehingga pengeluaran listrik dapat diminimalisasi.

4. Lupa Mematikan Lampu 

Lupa mematikan lampu merupakan penyebab umum tagihan listrik melonjak. Tak banyak yang menyadari bahwa lampu menyedot energi listrik yang cukup besar. Apabila lampu dibiarkan dalam kondisi terus menyala, tagihan PLN listrik pascabayar pun akan membengkak. 

Untuk mencegah hal tersebut, perhatikan penggunaan lampu dan matikan sebelum bepergian. Solusi lain yang juga direkomendasikan adalah mengganti lampu biasa dengan LED. Lampu ini memungkinkan kamu menghemat listrik hingga 80 – 90%. 

5. Tidak Mencabut Charger 

Membiarkan charger tetap berada di stop kontak termasuk pemborosan listrik. Rata-rata pemakaian listrik untuk setiap charger yang tidak terpakai sekitar 0.26 watt. Sebisa mungkin cabut charger dari sumber listrik setelah digunakan untuk menghentikan arus listrik dan membuat tagihanmu kembali normal. Hal ini juga berlaku untuk kabel kipas, televisi, rice cooker, mesin cuci, dispenser, dan alat elektronik lainnya yang tidak digunakan. 

6. Sering Buka Tutup Kulkas 

Kebiasaan buka tutup kulkas dan membiarkannya terbuka dalam waktu lama dapat menyebabkan tagihan PLN listrik pascabayar membengkak. Ketika dibuka, kulkas membutuhkan daya lebih besar untuk mengembalikan suhu dingin. Apabila membutuhkan sesuatu yang berada di dalam kulkas, ambilah sekaligus. 

Baca juga: Ketahui Kebutuhan Daya PLN-mu di Sini!

7. Pencurian Listrik 

Satu lagi penyebab tagihan pascabayar melonjak, yakni pencurian listrik yang dilakukan oleh orang-orang di sekitar. Meskipun jarang terjadi, beberapa kasus pencurian listrik menyebabkan masalah serius pada jaringan. Bahkan, bisa memicu terjadinya kebakaran akibat korsleting. 

Untuk mencegah pencurian listrik, lakukan pengecekan secara berkala. Cara termudah adalah mematikan seluruh alat elektronik selama 10 menit. Apabila angka pada meteran tetap bergerak cepat, bisa jadi listrik kamu telah dicuri. Pastikan melaporkan hal tersebut pada petugas PLN terdekat untuk ditindaklanjuti. 

Demikianlah sejumlah penyebab tagihan listrik melonjak yang perlu kamu ketahui. Gunakan listrik dengan bijak dan bayar tagihan melalui aplikasi. OttoPay. Nikmati kemudahan pembayaran tagihan PLN dengan harga bersaingan dan bonus cashback  untuk setiap transaksi. Tertarik?

Tunggu apa lagi? Yuk pakai OttoPay dan instal aplikasinya sekarang!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: