Benarkah Alat Inverter Dapat Menghemat Tagihan Listrik?

24 Mei 2023
Menghemat Tagihan Listrik

Penggunaan alat inverter disebut sebagai salah satu cara untuk menghemat tagihan listrik. Pada dasarnya, inverter adalah komponen paling kompleks yang dapat digunakan sebagai sumber cadangan daya listrik. Alat ini bekerja dengan mengubah DC (arus searah) menjadi AC (arus bolak-balik). 

Menghemat Tagihan Listrik
Sumber : Envato

Alat Inverter, Solusi Hemat Tagihan Listrik 

Lantaran dirancang khusus sebagai cadangan listrik, inverter dapat digunakan kapan saja dan di mana saja. Bisa dibilang fungsinya mirip dengan powerbank. Selain mengisi daya aki mobil, inventer juga bisa digunakan untuk perangkat elektronik. 

Hal tersebut terjadi lantaran dalam AC terpasang mikroprosesor yang mengatur daya putaran kompresor. Ketika suhu sudah stabil, kompresor akan menyesuaikan putaran. Alhasil, konsumsi listrik hanya setengahnya saja. 

Mengingat hampir semua alat rumah tangga bergantung pada arus bolak-balik, inverter cocok digunakan secara terus-menerus untuk menghemat pemakaian listrik. Alat ini dapat terhubung langsung dengan perangkat elektronik, seperti televisi, pemutar DVD, atau komputer. Umumnya, kapasitas daya inverter berkisar antara 100 watt hingga 5.000 watt.

Baca juga: Perlu Tahu, Ini Perbedaan QRIS Statis dan Dinamis untuk Transaksi Digital

Jenis-Jenis Alat Inverter dan Kegunaannya 

Alat inverter tersedia dalam beberapa jenis berdasarkan gelombang dan kegunaannya. Adapun jenis inverter yang bisa kamu temukan di pasaran untuk menghemat tagihan listrik, sebagai berikut.

1. Inverter Square Wave 

Jenis inverter ini merupakan yang paling sederhana. Di pasaran, inverter square wave dibanderol dengan harga terjangkau. Desainnya lebih sederhana dan efisien dibandingkan jenis modified sine wave

Inventer ini paling tepat digunakan pada aplikasi yang memiliki sensitivitas rendah, seperti pemanas dan pencahayaan. Ciri khas inverter ini adalah mengeluarkan bunyi degungan ketika dihubungkan ke peralatan radio maupun alat yang dianggap tidak sesuai untuk elektronik sensitif.

2. Inverter Pure Sine Wave

Inverter pure sine wave merupakan jenis paling umum yang bisa ditemukan di pasaran dan dikenal efisien menghemat daya. Alat ini dirancang agar dapat bekerja baik dengan sumber daya AC yang sebagian besar adalah peralatan listrik. Selain itu, inverter pure sine wave memberikan jaminan bahwa peralatan yang digunakan akan bekerja sesuai spesifikasinya. 

3. Inverter Modified Sine Wave

Inverter modified sine wave dapat digunakan pada sebagian besar alat listrik. Meskipun demikian, penggunaan inverter ini berpotensi mengurangi spesifikasi beberapa perangkat. Dibandingkan jenis lainnya, inverter modified sine wave cenderung kurang efisien. Alat ini juga menghasilkan bunyi dengung selama pengoperasiannya. 

4. Interruptible Power Supply 

Interruptible power supply merupakan kombinasi antara inverter dengan stabilizer dan rectifier. Rectifier berfungsi mengisi tegangan baterai, sedangkan stabilizer bertugas menstabilkan tegangan rectifier supaya baterai terisi secara optimal.

5. Portable Inverter

Inverter berteknologi modern ini biasa digunakan untuk mengisi baterai laptop atau ponsel di mobil. Inverter ini berdaya listrik kecil, tak lebih dari 200 watt. Sumber daya pengisian diambil dari aki mobil sehingga berisiko menyebabkan aki cepat rusak. 

Baca juga: Perhatikan Hal Ini Sebelum Daftar Aplikasi Grosir Online

6. Solar Inverter

Solar inverter berfungsi mengubah arus listrik DC dari aki maupun solar cell menjadi arus listrik AC. Berkat kecanggihan teknologi, solar inverter dilengkapi charger sehingga dapat digunakan mengisi daya baterai.

7. Variable Speed Drive

Inverter Variable Speed Drive merupakan kombinasi antara inverter dengan rectifier. Sedikit berbeda dengan UPS, Bedanya, Variable Speed Drive tidak dilengkapi baterai. Pasalnya, konversi pada inverter jenis ini untuk kebutuhan digitizing. Fungsi ini biasanya ditemukan pada perangkat listrik induksi.

Dari penjelasan singkat di atas dapat diambil kesimpulan bahwa alat inverter efektif menghemat penggunaan listrik. Terutama pada perangkat yang membutuhkan daya besar. Pastikan untuk mengelola penggunaan listrik dengan bijak supaya tagihan tidak membengkak. Bagi kamu yang hendak membayar tagihan listrik atau membutuhkan token listrik, jangan ragu membelinya di OttoPay.

Nikmati kemudahan transaksi dengan harga bersaing dan bonus cashback. Ayo, pakai OttoPay dan instal aplikasinya sekarang!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: