Jangan Salah Pilih, Ini Cara Memilih Grosir Online Tepercaya!

9 Januari 2023
Grosir Online

Grosir online merupakan salah satu jenis usaha yang tak pernah sepi pembeli. Grosir serupa dengan kegiatan jual beli pada umumnya. Bedanya pembelian dilakukan dalam jumlah besar yang disalurkan ke pedagang, pengecer, maupun pengguna komersil. Lantaran bersifat online, seluruh kegiatan tersebut dilakukan melalui website, aplikasi, maupun marketplace.   

Jual beli secara online makin diminati karena dianggap lebih praktis. Penjual bisa menekan biaya operasional, sedangkan pembeli dapat menghemat waktu dan biaya transportasi. Tak heran apabila bisnis online grosir menawarkan keuntungan yang fantastis.  

Begini Cara Memilih Grosir Online Tepercaya 

Grosir Online
Sumber : Envato

Kalau kamu tertarik terjun ke dunia bisnis, alangkah bijak untuk mempelajari cara memilih supplier tangan pertama atau toko grosir tepercaya. Adapun tips yang dapat kamu coba, sebagai berikut. 

Mengunjungi Bazar Bisnis 

Bazar merupakan kegiatan yang biasanya akan dihadiri berbagai kalangan dari dunia bisnis. Di tempat ini, kamu bisa bertemu dengan produsen ataupun supplier tangan pertama. Meskipun dapat diikuti oleh semua orang secara bebas, beberapa penyelenggara melakukan proses seleksi terlebih dahulu terhadap merchant yang akan mengikuti bazar. 

Hal tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa peserta bazar merupakan produsen yang berkualitas. Alhasil, kamu bisa mencari produsen dengan tenang tanpa cemas mengenai kualitas barang. Selama berada di bazar, kamu juga bisa melakukan pembelian dalam jumlah besar. Tak jarang merchant akan memberikan diskon menarik, terutama ketika pembukaan dan menjelang penutupan bazar.  

Bergabung Komunitas Bisnis 

Cara mencari supplier grosir tangan pertama selanjutnya adalah melalui forum bisnis online. Di tempat ini, kamu bisa berkenalan dengan banyak orang baru. Jangan malu mengajukan pertanyaan untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. 

Baca juga: Cara Mendapatkan Izin Usaha Secara Cepat dan Sesuai Prosedur

Cek Website Toko Online 

Apabila belum menemukan supplier yang cocok, kunjungi website resmi supplier atau toko online yang kamu incar. Kamu juga bisa memanfaatkan situs penelusuran dan media sosial untuk mendapatkan lebih banyak pilihan. Facebook, Instagram, dan TikTok menjadi platform paling banyak digunakan untuk bisnis. Di media sosial tersebut, kamu bisa menemukan supplier tepercaya dengan harga bersaing.  

Kendati demikian, pastikan untuk tetap mengecek kredibilitasnya. Hal ini penting untuk meminimalisasi kerugian akibat penjual tidak bertanggung jawab dan tidak amanah. Mengingat pembelian dilakukan secara online, pengecekan kredibilitas efektif mengurangi risiko barang berkualitas rendah. 

Cara termudah menilai kredibilitas supplier adalah dengan membaca ulasan dan pemberian bintang dari pelanggan. Catat supplier grosir online yang menurut kamu potensial. Lakukan perbandingan harga dan kualitas dari daftar tersebut untuk mendapatkan supplier terbaik.

Mendatangi Pusat Bisnis 

Selain bazar, mendatangi pusat bisnis akan memperbesar kesempatan kamu bertemu dengan supplier tangan pertama yang potensial. Meskipun cara ini terbilang cukup melelahkan dan menghabiskan waktu, kamu mungkin bisa mendapatkan pengalaman bertemu dengan pemilik bisnis secara langsung. Gunakan peluang ini untuk menjalin relasi yang menguntungkan di masa depan. 

Baca juga: 9 Daftar Barang Pokok Sembako Lengkap Usaha Warung

Website Pembanding Harga 

Mengunjungi situs pembanding harga merupakan cara lain untuk mendapatkan supplier termurah. Caranya terbilang mudah, cukup dengan memasukkan nama atau jenis produk yang diinginkan. Secara otomatis, situs tersebut akan memunculkan referensi toko beserta detail produk dan harganya. 

Kamu bisa memilih supplier dalam negeri maupun luar negeri. Biasanya, supplier luar negeri menawarkan harga lebih miring. Namun, pastikan untuk menghitung biaya kirim dan pajak berlaku terlebih dahulu. Bandingkan harga terbaik di antara keduanya. 

Demikianlah informasi mengenai cara memilih grosir online tepercaya yang bisa kamu coba. Berbekal cara tersebut, kamu akan lebih mudah menemukan supplier harga terbaik. Kamu juga bisa memilih OttoGrosir dari OttoPay sebagai mitra bisnis. Aplikasi belanja online ini menyediakan barang kebutuhan pokok dengan harga kompetitif. Cukup pesan dari aplikasi, barang akan diantar langsung dan bonus cashback menarik.

Tertarik? Yuk, pakai OttoPay! Instal aplikasinya sekarang!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: