QRIS TTM: Pengertian, Keuntungan, dan Cara Menggunakannya

13 Januari 2023
QRIS TTM

Salah satu inovasi yang diluncurkan Bank Indonesia adalah fitur QRIS TTM (Tanpa Tatap Muka). QRIS Tanpa Tatap Muka menjadi fitur yang memberikan solusi bagi pengguna QRIS untuk bertransaksi tanpa khawatir masalah jarak.  Hanya dengan satu kode QR, konsumen tidak perlu datang ke toko untuk memindai.

Mereka bisa melihat barang yang ingin dibeli dan langsung bertransaksi di mana dan kapan saja. Sebenarnya apa itu TTM QRIS? Apa saja keuntungan dan cara menggunakan fitur ini? Simak penjelasannya.

QRIS TTM
Sumber : Envato

Pengertian QRIS TTM

Mungkin masih banyak pengguna yang belum tahu apa itu QRIS TTM. QRIS Tanpa Tatap Muka merupakan salah satu fitur QRIS TTS (Transfer, Tarik Tunai dan Setor Tunai) yang diluncurkan Bank Indonesia bersama Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI).  

Hadirnya fitur Tanpa Tatap Muka memberikan alternatif metode pembayaran jarak jauh kepada pelaku usaha dan pelanggan. Cukup dengan memindai gambar kode QRIS merchant yang tersimpan di galeri ponsel menggunakan aplikasi di ponsel pintar. Namun, pastikan koneksi internet dan sistem jaringan stabil agar transaksi nontunai QRIS bisa berjalan dengan lancar dan aman.

Keuntungan Menggunakan QRIS TTM

Seperti namanya, QRIS Tanpa Tatap Muka alias TTM diluncurkan guna memberikan kemudahan tidak hanya bagi konsumen, tetapi juga bagi pelaku UMKM dan merchant-merchant di seluruh Indonesia. Adanya fitur TTM ini memberikan banyak keuntungan untuk kelancaran usaha. Berikut ini merupakan beberapa keuntungan menggunakan QRIS TTM untuk pemilik usaha.

1. Mempermudah dan mempercepat proses transaksi

Salah satu keuntungan menggunakan fitur Tanpa Tatap Muka QRIS adalah mempermudah dan mempercepat proses transaksi. Dari namanya saja, fitur ini memberikan solusi kepada konsumen yang ingin membeli barang dan membayar tanpa ribet. Fitur TTM memfasilitasi pengguna untuk melakukan pembayaran dari mana saja. Kendala jarak bukan lagi menjadi masalah dalam proses transaksi pembayaran.

2. Memberikan alternatif pembayaran yang beragam

Tidak bisa dipungkiri canggihnya teknologi mempermudah transaksi pembayaran secara digital. Keuntungan lain yang bisa dinikmati oleh pengguna TTM QRIS adalah tersedianya beragam alternatif pembayaran. Pengguna disuguhkan kemudahan untuk transaksi pembayaran secara digital dari berbagai bank, tetapi juga melayani transaksi pembayaran via berbagai uang elektronik. 

3. Memberikan rasa aman

Pembayaran dengan sistem cashless melalui QRIS sekarang sedang digalakkan oleh pemerintah. Selain dapat menstimulasi peningkatan sirkulasi uang dalam perekonomian negara, pembayaran melalui QRIS TTM dapat memberikan rasa aman. 

Peredaran uang palsu pun bisa diminimalisasi. Apalagi aplikasi PJSP (Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran) yang resmi dan berizin dari Bank Indonesia dilengkapi dengan fitur keamanan untuk mendeteksi dan mencegah terjadinya penipuan transaksi ke merchant palsu.

Baca juga: Berpotensi untuk Pembayaran Internasional: Ini 5 Fakta tentang QRIS

Cara Menggunakan QRIS TTM

Jika kamu ingin memberikan kemudahan kepada pelanggan, coba tawarkan transaksi pembayaran melalui TTM QRIS. Selain aman dan nyaman, pembayaran melalui fitur ini juga mudah. Berikut ini cara menggunakan fitur Tanpa Tatap Muka QRIS.

  1. Kirimkan kepada pelanggan gambar QRIS dari toko atau merchant.
  2. Gambar kode QR merchant akan tersimpan di galeri smartphone pelanggan.
  3. Buka aplikasi pembayaran yang digunakan oleh pelanggan.
  4. Pilih menu Unggah dan klik gambar QRIS merchant yang akan diunggah.
  5. Masukkan jumlah nominal pembayaran. Pastikan nama merchant atau toko telah sesuai.
  6. Masukkan PIN, lalu bayar.
  7. Transaksi sukses dan disertai dengan bukti tampilan transaksi.

Inilah penjelasan tentang apa itu QRIS TTM, keuntungan, serta cara menggunakannya. Fitur ini sangat membantu pengguna yang ingin bertransaksi aman, praktis, dan pastinya bisa dari jarak jauh. Nah, berbagai kemudahan ini bisa kamu nikmati jika memiliki fasilitas pembayaran nontunai QRIS. 

Berita baiknya, OttoPay menawarkan solusi kepada pelaku usaha dan perseorangan untuk dapat menggunakan pembayaran nontunai lewat QRIS. Cukup mendaftar di OttoPay, kamu bisa memberikan semua layanan pembayaran QRIS dari mobile banking berbagai bank dan uang elektronik yang ada di Indonesia.

Mendaftar di OttoPay cepat dan praktis.

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: