5 Kelebihan Membeli Paket Data daripada Pulsa

14 Januari 2023
Paket Data

Kehadiran internet memberikan manusia banyak kemudahan dalam menjalani hidup. Yang paling penting tentunya komunikasi yang makin mudah dan murah. Terlebih lagi, sejak hadirnya ponsel Android dan iPhone, internet jadi terasa kian dekat. Manusia dapat langsung mengakses internet di genggaman, yang membuat pembelian paket data pun jadi lebih dipilih daripada pulsa. Apa saja kelebihan yang ditawarkan?

Paket Data
Sumber : Envato

Banyak Promo

Dibandingkan dengan pulsa, paket internet menawarkan lebih banyak promo. Salah satu faktor penyebabnya ialah berbagai operator seluler akan berlomba-lomba untuk mendapatkan pelanggan. Kamu bisa memanfaatkan promo berupa potongan harga atau bundling menarik yang ditawarkan oleh operator seluler, misalnya berlangganan aplikasi streaming film, akses media sosial, dan bonus telepon. 

Kamu juga bisa bergonta-ganti SIM card yang sedang banting harga untuk mendapatkan tarif internet yang murah. Biasanya kartu yang masa aktivasi hampir hangus akan dijual murah. Jika memang promo tarif internetnya berlanjut, kamu bisa terus menggunakannya dengan mengisi ulang. Jika tidak, kamu bisa membeli kartu yang baru.

Baca Juga: 5 Tips Jitu Meningkatkan Omzet Bisnis Pulsa

Bisa Berkirim Pesan dan Telepon tanpa Batas

Fungsi paling mendasar pada ponsel ialah berkirim pesan. Pesan yang disampaikan sebaiknya efektif dan efisien agar penerima pesan tidak mengalami kesalahpahaman. Sayangnya, SMS menawarkan pesan dengan kapasitas terbatas, yakni 160 karakter. Tarif untuk sekali mengirim pesan juga terbilang mahal. Jika pekerjaan mengharuskanmu mengirim banyak pesan, tagihan pulsa akan membengkak. Begitu pula dengan tarif telepon per menit yang akan semakin mahal jika berbeda operator seluler.

Paket data menawarkan layanan perpesanan dan telepon yang bisa kamu gunakan dengan leluasa. Dengan aplikasi perpesanan seperti WhatsApp, LINE, dan Telegram, pesan yang kamu kirim tidak terbatas. Kamu dapat pula mengirim berbagai file seperti gambar, suara, stiker, dan dokumen. Menelepon keluarga atau orang terkasih dapat kamu lakukan tanpa takut kehabisan pulsa di tengah obrolan.

Memudahkan Transaksi Perbankan

Untuk urusan bisnis, berbelanja, atau keperluan pribadi, kita sering kali harus melakukan transfer. Sering kali transaksi tersebut terhalang oleh jarak dan waktu. Bank dan ATM bisa jadi jaraknya amat jauh dari rumah. Terlebih lagi, layanan bank hanya bisa diakses pada hari dan jam kerja.

Dahulu, layanan perbankan dengan ponsel tersedia dalam fitur SMS banking. Sekali transfer, tarifnya lebih mahal daripada SMS biasa. Pulsa pun akan terpotong jika ada notifikasi penambahan atau pengurangan di rekening dalam batas nominal tertentu.

Dengan memanfaatkan aplikasi m-banking, transaksi perbankan bisa kamu akses dengan lebih mudah. Selama sinyal dan paket data tersedia, aktivitas berbelanja atau transaksi bisnismu cukup dilakukan dengan usapan jari. Bayangkan berapa biaya transportasi dan waktu yang kamu hemat jika transaksi keuanganmu cukup menggunakan ponsel.

Baca Juga: Tutorial Pembelian Pulsa & Paket Data

Akses Informasi Cepat dan Luas

Orang-orang tua kita pada masa lampau mendapatkan informasi melalui media cetak seperti koran dan majalah. Informasi yang datang tentunya tidak aktual. Kemudian, muncul media elektronik seperti radio dan televisi yang arus informasinya lebih cepat sampai kepada pemirsanya.

Berkembang lebih lanjut, saat ini akses informasi semakin dekat, yakni dalam genggamanmu. Informasi terbaru bisa kamu akses sepersekian detik setelah berita naik ke media online. Tak harus duduk sambil membolak-balik kertas atau khusyuk menyimak tayangan televisi, kamu bisa menyimak beritanya kapan pun kamu mau. Berita-berita lama pun dapat kamu telusuri selama jejak digitalnya masih ada.

Bisa Mengakses Berbagai Layanan Jasa secara Online

Tak hanya berbelanja, kamu juga bisa mengakses berbagai layanan jasa secara online. Mulai dari memesan makanan, transportasi, kurir, hingga membeli obat, semua bisa kamu lakukan lewat ponsel. Untuk membeli makanan, misalnya, jika waktumu terbatas, agak sulit bagimu jika harus datang ke restoran, mengantre, makan, kemudian kembali ke tempat bekerja.

Pemesanan makanan melalui SMS atau telepon bisa saja kamu lakukan. Namun, kendalanya ialah kamu tidak bisa melihat daftar restoran yang banyak dan menu yang tersedia. Dengan paket data, kamu bisa memesannya lewat aplikasi. Kemudian, kamu tinggal menunggu makanan diantar sembari tetap bekerja.

Melihat banyaknya kebutuhan paket data, kamu bisa memanfaatkannya sebagai celah untuk berbisnis. Bermodalkan ponsel atau membuka konter kecil di depan rumah, bisnis ini bisa kamu mulai. Jangan lupa untuk memilih partner penyedia jasa yang tepercaya.

OttoPay memfasilitasi kebutuhanmu untuk mulai berbisnis. Tak hanya pulsa, OttoPay juga memfasilitasi pembelian pulsa listrik, voucher game, dan pembayaran berbagai tagihan. Sesuai slogannya, OttoPay berkomitmen penuh untuk menjadi partner bisnis utama dari semua jenis UMKM dan ingin terus memberi kontribusi nyata bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: