Paket Data Tidak Bisa Digunakan? Ini Penyebabnya

14 Januari 2023
Paket Data

Sedang asyik nonton video kesukaan di YouTube, tiba-tiba buffering lama dan gagal tersambung lagi? Atau, saat kamu hendak mengirim pesan penting lewat WA, tetapi hasilnya cuma centang satu? Jangan-jangan, paket data tidak bisa digunakan. Ketahui beberapa penyebabnya agar aktivitas internetanmu dapat kembali lancar.

Paket Data
Sumber : Envato

SIM Card Bermasalah

Masalah pertama yang mungkin terjadi ialah SIM card yang bermasalah. Ponselmu bisa jadi tidak dapat membaca SIM card atau mungkin SIM card-mu sudah usang sehingga berkarat. Sinyal yang tiba-tiba blank juga sangat mungkin diakibatkan oleh kerusakan SIM card.

Jangan panik! Cobalah untuk mematikan ponselmu. Setelah itu, lepas SIM card sesaat. Cek kembali kondisinya. Jika berkarat, cobalah untuk mengamplasnya dengan hati-hati hingga lapisan yang berwarna emas kembali mengkilap. Setelah itu, pasang kembali SIM card ke tempatnya. Seandainya tidak juga membaik, cobalah untuk menelepon call center untuk menyampaikan keluhan. Jika memang SIM card-mu rusak, datanglah ke customer center agar diganti dengan kartu baru.  

Sinyal Internet dari Operator Sedang Tidak Stabil

Selain masalah kartu, paket data juga mungkin tidak bisa digunakan karena sinyal operator yang tidak stabil. Cobalah untuk berpindah ke tempat lain, terutama tempat yang tinggi atau terbuka. Siapa tahu di tempat tersebut ponselmu bisa lebih menangkap sinyal.

Kamu juga bisa mencoba untuk mengaktifkan mode pesawat selama beberapa detik. Ketika mode pesawat dimatikan, jaringan internet akan di-refresh sehingga mencari koneksi yang lebih baik. Cara lain yang bisa kamu tempuh ialah me-restart ponselmu. Manfaat lain mengaktifkan mode pesawat ialah mempercepat proses isi ulang daya baterai ponsel.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Pelaku Bisnis Perlu Memberikan Reward Kepada Pelanggan

Settingan Jaringan Otomatis 

Kamu juga perlu mengecek settingan jaringan otomatis pada ponselmu. Jika ponselmu ter-setting hanya menggunakan jaringan 4G, cobalah untuk mengubahnya ke jaringan 3G atau 2G beberapa saat. Setelah itu, kembalikan ke pengaturan 4G.

Cara lain yang bisa kamu coba ialah mengatur kembali APN (access point name) operator seluler yang kamu gunakan. Lakukan pengaturan kembali sesuai operator yang kamu gunakan. Caranya buka menu Pengaturan, pilih Kartu SIM dan Jaringan Seluler, pilih APN, kemudian buatlah APN baru. Setelah itu, jaringan internet akan di-refresh sehingga koneksinya lebih cepat.

Virus dan Malware 

Kemungkinan keempat ialah ponselmu terserang virus dan malware, misalnya Trojan, Ransomware, Spyware, dsb. Bisa jadi kamu tidak sengaja mengeklik tautan atau mengunduh aplikasi yang ternyata tidak aman. Keduanya berpotensi merusak sistem dalam ponselmu, mencuri data pribadi, atau melakukan peretasan. Tidak menutup kemungkinan terjadi kegagalan akses internet.

Untuk mengatasinya, kamu bisa menghapus aplikasi-aplikasi yang berbahaya dari ponsel. Setelah itu, hapus cache dan riwayat penelusuran browser. Gunakan aplikasi penghapus virus dan malware untuk pembersihan menyeluruh. Pastikan aplikasi yang kamu gunakan tepercaya. Jika belum berhasil, lakukan back up data, kemudian lakukan pengaturan ulang ke setelan pabrik. Semua aplikasi dan data dalam ponsel akan terhapus, beserta virus dan malware, sama seperti ketika ponsel baru saja dibeli. Setelah itu, install kembali aplikasi-aplikasi yang penting dan tepercaya dan jangan lupa memasang aplikasi antivirus.

Baca Juga: 4 Tips Agar Kamu Tidak Boros dalam Keuangan

Error atau Bug pada Sistem Ponsel

Agar sistem ponsel, terutama Android dapat bekerja dengan cepat, tersedia file cache. File cache ini memudahkan ponsel untuk mengambil kembali data yang diperlukan. Sayangnya, file cache ini cepat sekali memenuhi memori ponsel. Kemungkinan lainnya ialah cache ini menjadi pemicu error dan bug pada sistem ponsel sehingga terjadi kegagalan akses internet.

Untuk mengatasi error dan bug akibat cache, kamu dapat menempuh cara berikut ini. Pertama, pastikan ponsel sudah dalam kondisi mati. Tekan tombol volume dan power secara bersamaan. Setelah itu, akan masuk ke Recovery Mode. Pilih Wipe Cache Partition. Kemudian, pilih Reboot System.

Di antara berbagai cara tersebut, yang tidak boleh kamu lewatkan ialah mengecek sisa kuota internetmu. Jangan-jangan penyebabnya bukanlah kerusakan pada ponsel, hanya saja kamu lupa masa aktif paket data telah lewat atau kuotanya sudah habis. Satu-satunya cara ialah mengisi ulang paket data.

Tak hanya jadi konsumen, kamu juga bisa memulai usaha berjualan pulsa dan paket internet. Jika bingung dengan berbagai pilihan penyedia jasa, kamu bisa memilih OttoPay. OttoPay tidak hanya menyediakan paket data, tetapi juga menyediakan jasa pembayaran berbagai tagihan, token listrik, voucher game, BPJS, dsb.

Yuk mulai jadi pengusaha dengan menjadi mitra OttoPay karena OttoPay berkomitmen mendukung UMKM untuk perkembangan perekonomian Indonesia yang nyata.

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: