4 Tips Agar Kamu Tidak Boros dalam Keuangan

15 Agustus 2020

Halo Mitra OttoPay! Apakah kamu termasuk orang yang boros dalam keuangan? Bingung bagaimana cara mencegah agar tidak boros? Yuk, simak tips-tips berikut ini:

1. Buat daftar pengeluaran rutin

Sangat penting bagi kita untuk memiliki catatan daftar pengeluaran rutin, misalnya pembayaran listrik, air, internet, telepon, uang sekolah anak, dan belanja bulanan. Dengan adanya daftar pengeluaran rutin ini, kita dapat lebih baik untuk mengatur prioritas dan tahu kebutuhan pokok tiap bulan yang harus dipenuhi.

2. Catatlah pengeluaran secara berkala

Cobalah untuk memulai mencatat segala pengeluaran harian, mingguan dan bulanan kamu. Berikan tanda untuk pengeluaran yang wajib dan tidak wajib untuk kamu dan keluarga. Cobalah evaluasi kembali untuk pengeluaran yang bisa kamu tekan. Menekan pengeluaran bulanan adalah cara paling efektif agar kamu tidak boros.

3. Hindari pembelian yang dadakan

Cobalah untuk menahan godaan belanja. Intinya, jangan membeli sesuatu yang mendadak, kecuali barang tersebut sifatnya sangat penting. Kendalikan diri kamu dari beberbelanja barang yang tidak bersifat wajib.

4. Lakukan perbandingan sebelum membeli sesuatu

Mulai saat ini cobalah untuk melakukan perbandingan harga sebelum membeli suatu barang. Cara ini sangat efektif untuk berhemat. Mulailah dari sekarang agar tidak terburu-buru dalam berbelanja, selalu bandingkan harga dan kualitas barang yang ingin dibeli. Manfaatkan media sosial untuk melihat perbandingan-perbandingan harga yang ada dari beberapa toko. Jika bisa mendapatkan harga yang lebih murah untuk barang yang sama, kenapa tidak.

5. Jauhi persaingan gaya hidup

Mulai sekarang pilihlah gaya hidup yang sehat dengan cara menghindari persaingan gaya hidup yang hanya membuat kamu semakin boros. Coba untuk mulai hidup sederhana dan jadilah diri sendiri tanpa perlu meniru orang lain. Terapkan gaya hidup sederhana namun bahagia. Hindari membeli apapun di luar kemampuan kamu. Gaya hidup hemat saat belanja juga sangat penting untuk diterapkan. Jangan membeli produk yang tidak begitu kamu butuhkan. Stop untuk tidak boros dan jauhi rasa gengsi. 

Semoga tips ini bermanfaat ya Mitra OttoPay.

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: