Keuntungan Pakai OttoCash, OVO, Gopay, DANA Dibandingkan Uang Tunai, Nggak Cuma Praktis

23 April 2023
Keuntungan pakai uang elektronik

Sejak sekitar lima tahun terakhir, penggunaan uang elektronik di Indonesia terus meroket. Pada Oktober 2021 saja, jumlah uang elektronik yang beredar di Indonesia naik sekitar 2,55% dari bulan sebelumnya dan mencapai Rp544,19 juta. 

Jumlah penyedia layanan uang elektronik di Indonesia pun terus bertambah. Per Desember 2021, Bank Indonesia mencatat ada 59 penerbit uang elektronik yang sudah memperoleh izin dan beroperasi. Beberapa di antaranya yang cukup populer adalah OttoCash, OVO, Gopay, dan DANA.

Meningkatnya penyedia baru dan transaksi uang elektronik ini tidak lepas dari berbagai faktor—salah satunya adalah kenyamanan bertransaksi yang disebabkan kepraktisan proses. Cukup lewat hp, berbagai transaksi dapat selesai dalam hitungan detik. Tak lupa, banyaknya promo juga jadi alasan lain mengapa transaksi menggunakan uang digital tidak pernah kehilangan peminat.

Sekilas tentang OttoCash, OVO, Gopay, dan DANA

Meski banyak penyedia uang elektronik digital, tidak semuanya berlisensi dan mendapat izin untuk melakukan operasional. Maka dari itu, kamu perlu memastikan apakah produk tersebut legal untuk dimanfaatkan. Sebab jika tidak, risiko sebagai konsumen cukup besar. Kamu akan sulit untuk mendapat perlindungan konsumen apabila terjadi hal-hal yang merugikan.

OttoCash, OVO, Gopay, dan DANA adalah contoh penyedia yang berkualitas dan memenuhi syarat legal dan beroperasi. Berikut adalah profil singkat masing-masing penyedia dan layanan yang ditawarkan.

OttoCash

OttoCash sejak awal telah menawarkan sistem pembayaran menggunakan QR yang sekarang jadi bagian tak terpisahkan dari transaksi sehari-hari. Layanan finansial ini juga menyediakan OttoCash Plus yang menawarkan beberapa keunggulan, yakni fitur transfer ke sesama akun OttoCash dan tarik tunai di kantor OttoCash.

OVO

OVO punya banyak kerja sama dengan berbagai merchant populer yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia sehingga meningkatkan kenyamanan konsumen. Di OVO sendiri, kamu tidak cuma akan menemukan OVO Cash untuk melakukan berbagai pembayaran, tetapi juga ada OVO Points. OVO Points adalah program penghargaan loyalitas yang akan kamu peroleh setelah melakukan transaksi dan nantinya dapat kamu gunakan untuk melakukan pembayaran.

Gopay

Gopay adalah pionir uang digital elektronik di Indonesia. Layanan ini menjadi pelengkap bisnis utama Gojek sehingga membuat ekosistem yang utuh dan memiliki value tinggi bagi konsumen. Tentunya, merchant yang telah bekerja sama juga sangat luas sehingga mempermudah konsumen untuk menggunakannya dalam berbagai pembayaran.

Baca Juga: Jangan Lemah! Ini 8 Tips Aman Transaksi Non Tunai

DANA

DANA menawarkan metode pembayaran cashless yang seamless sehingga menarik perhatian masyarakat. Di samping itu, DANA juga memungkinkanmu untuk melakukan transfer antarbank tanpa dikenakan biaya admin hingga sepuluh kali dalam satu bulan.

Keuntungan Pakai Uang Elektronik Digital

Ada banyak keuntungan pakai OttoCash, OVO, Gopay, DANA. dan berbagai uang elektronik digital lainnya. Tak cuma bagi sisi pembeli atau konsumen akhir, pemilik bisnis juga diuntungkan dengan layanan ini.

1. Transaksi Praktis

Kamu tak perlu membuka dompet dan menghitung uang serta kembalian atau mengeluarkan kartu debit maupun kredit. Dengan uang digital, kamu cukup membuka satu aplikasi, scan QR atau memasukkan nomor rekening tujuan, masukkan nominal pembayaran, dan memasukkan PIN. Hanya dalam hitungan detik, transaksi pun selesai.

2. Meminimalkan Penyebaran Penyakit

Sejak pandemi COVID-19, masyarakat jadi lebih sadar dan berhati-hati untuk melakukan aktivitas, termasuk dalam pembayaran. Tak cuma uang, tetapi kartu debit dan kredit juga masih sangat mungkin berpindah tangan untuk proses transaksi sehingga kurang aman. Sementara itu, dengan elektronik digital, ponsel hanya ada di genggamanmu.

3. Mencegah Peredaran Uang Palsu

Kasus peredaran uang palsu masih terjadi di masyarakat, tetapi sayangnya tidak semua orang tahu bagaimana cara membedakan uang asli dan palsu. Adanya uang elektronik dengan transaksi yang real time menjadi salah satu cara untuk mencegah terjadinya peristiwa ini.

Baca Juga: Waspada Uang Palsu, Ini Cara Mendeteksinya!

Nah, itulah beberapa keuntungan menggunakan uang elektronik. Untuk bisa menggunakannya, tentu kamu harus lebih dulu melakukan top up saldo.

Di OttoPay, kamu bisa isi ulang saldo OttoCash, OVO, Gopay, dan DANA dengan mudah dan nyaman. Asyiknya lagi, selalu ada cashback untuk transaksi di OttoPay yang menunggumu. Yuk, download dan pakai OttoPay sekarang!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: