Kenali 4 Fitur TTS QRIS untuk Memperlancar Bisnismu

19 Januari 2023
Fitur TTS QRIS

Sejak diluncurkan oleh Bank Indonesia tahun 2020, penggunaan QRIS untuk transaksi pembayaran semakin meningkat. Tak salah banyak pelaku usaha juga menggunakan QRIS untuk memperlancar bisnis. Hanya dengan satu QR code, semua jenis pembayaran bisa dilakukan. Namun, tidak bisa dipungkiri masih banyak pelaku usaha belum paham dengan QRIS, termasuk QRIS TTS. Agar tidak bingung, pahami dulu apa itu QRIS, fitur TTS QRIS (Tarik Tunai dan Setor), serta kegunaannya lewat artikel ini. Yuk, disimak.

Apa itu TTS QRIS? 

Fitur TTS QRIS
Sumber : Envato

Bank Indonesia (BI) bersama Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) meluncurkan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standar) pada 17 Agustus 2019. QRIS menjadi standar kode QR Nasional di Indonesia karena merupakan penyatuan berbagai macam QR dari PJSP (Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran), baik bank maupun nonbank.  

Sejak diluncurkan, penggunaan QRIS mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Oleh karena itu, BI meluncurkan inovasi berupa fitur TTS QRIS (Tarik Tunai dan Setor). Dengan adanya fitur ini, pengguna dapat melakukan transfer, tarik tunai, hingga setor tunai dengan mudah hanya dengan memindai kode QRIS melalui merchant.

Pembuatan QRIS untuk usaha cukup mudah. Pelaku usaha cukup membuka akun atau rekening pada salah satu penyelenggara QRIS yang telah memiliki izin dari BI. Setelah QRIS diaktifkan, kamu bisa menggunakan QRIS TTS dan menerima pembayaran dari pelanggan.

Fitur-fitur TTS QRIS 

Fitur TTS QRIS
Sumber : Envato

Beberapa fitur TTS QRIS (Tarik Tunai dan Setor) yang dapat memudahkan transaksi bisnis adalah sebagai berikut.

1. MPM (Merchant Presented Mode)

MPM atau merchant presented mode merupakan fitur yang dapat digunakan untuk memudahkan tidak hanya pelaku usaha, tetapi juga pelanggan. MPM menjadi pembayaran umum yang cocok untuk diadopsi pemilik usaha, terutama UMKM untuk membantu pelanggan melakukan transaksi. 

Pelanggan cukup memindai (scan) barcode QRIS dari penjual untuk melakukan pembayaran. Dengan adanya fitur MPM ini pelanggan dapat menggunakan semua uang elektronik yang ada di Indonesia cukup dengan satu barcode.

2. TTM (Tanpa Tatap Muka)

Bank Indonesia juga berinovasi lewat fitur TTM (Tanpa Tatap Muka). TTM merupakan fitur yang memudahkan siapa saja untuk melakukan pembayaran jarak jauh. Dengan adanya fitur ini, pelanggan tetap bisa bertransaksi di mana saja dan kapan saja tanpa harus datang ke tempat usaha. Cara bertransaksi pun cukup praktis. Kamu bisa mengirimkan barcode QRIS merchant ke pelanggan. Mereka bisa memindai barcode tersebut dan melakukan pembayaran.

3. CPM (Customer Presented Mode)

Selanjutnya yang tidak kalah inovatif dari fitur TTS QRIS (Tarik Tunai dan Setor) adalah CPM (Customer Presented Mode). CPM merupakan fitur yang menyediakan model pembayaran di mana pelanggan yang memiliki QR. Pelanggan cukup menampilkan QRIS dari aplikasi pembayaran miliki mereka untuk dipindai (scan) oleh pemilik toko atau merchant

Fitur ini bertujuan untuk memudahkan para pemilik usaha, seperti penyedia transportasi, ritel modern, dan parkir yang memerlukan kecepatan transaksi tinggi. Proses verifikasi dan pembayaran melalui CPM lebih aman bagi pelanggan. Mereka hanya tinggal menunjukkan kode QR dari ponsel tanpa perlu memasukkan sejumlah nominal secara manual.

Baca juga: Negara yang Sudah Bisa Menerima Pembayaran QRIS dan Rencana di Tahun 2023

4. Cross-border QR (QRIS Antarnegara)

Cross-border QR atau QRIS Antarnegara merupakan fitur transaksi pembayaran yang dapat dimanfaatkan wisatawan mancanegara untuk berbelanja di tempat wisata di Indonesia. Para wisatawan cukup memindai kode QR di tempat-tempat wisata yang dikunjungi. Sebaliknya, wisatawan Indonesia juga dapat melakukan transaksi lewat pemindaian kode QR di berbagai negara ASEAN, seperti Malaysia, Singapura, dan Thailand.

Inilah keempat fitur TTS QRIS (Tarik Tunai dan Setor) yang dapat kamu optimalkan untuk bisnismu. Belum memiliki QRIS untuk membantu kelancaran transaksi bisnis? OttoPay memberikan solusi bagi pemilik usaha maupun perseorangan untuk mempermudah layanan pembayaran nontunai QRIS dari berbagai macam uang elektronik.

Dengan mendaftar lewat OttoPay, kamu bisa mengaktifkan akun QRIS usaha dengan mudah dan tanpa ribet.

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: