Kejahatan di Mana-Mana, Ini Tips Transaksi Online Aman!

26 Januari 2023
Transaksi Online Aman

Transaksi online di seluruh dunia terus meningkat. Di Indonesia sendiri, nilai transaksi online di e-commerce bahkan meningkat hingga 23% selama periode kuartal pertama 2022. Tak main-main, nilainya mencapai Rp108, 54 triliun. 

Namun, seiring menguatnya gaya hidup masyarakat untuk melakukan berbagai transaksi secara online, kejahatan online (atau yang juga disebut kejahatan siber) juga terus meningkat. Modusnya pun terus berkembang dan selalu berhasil menjebak korban.

Untuk itu, pastikan kamu selalu melakukan aktivitas  transaksi online aman. Berikut adalah lima hal mendasar yang harus kamu senantiasa terapkan untuk menghindarkan diri dari korban kejahatan siber.

Transaksi Online Aman
Sumber : Envato

Cek Keamanan Perangkat dan Jaringan

Hindari menggunakan perangkat umum (bukan milik pribadi) dan WiFi umum saat kamu akan mengakses beberapa situs atau sistem yang bersifat sangat pribadi, seperti saat membuka e-banking atau m-banking. Pasalnya, pihak yang tidak bertanggung jawab dapat mengetahui username dan password-mu dan akan menguras habis rekeningmu.

Selain itu, jangan menyimpan kata sandi di perangkat yang bukan milikmu. Pastikan kamu selalu log out dari akunmu (seperti akun Google, media sosial, portal kantor, dan lain sebagainya) setelah melakukan aktivitas atau transaksi di situs tersebut.

Baca Juga: Kenali Apa Itu OTP agar Aktivitas Online Kamu Aman

Jangan Mudah Tergiur Promo

Promo memang kerap bikin lupa diri. Para pelaku kejahatan pun mengetahui daya tarik ini sehingga mereka kerap memanfaatkan promo untuk menarik perhatian korban. Tak main-main, kejahatan ini bahkan melibatkan nama-nama besar seperti platform e-commerce, perbankan, dan sebagainya. 

Penipuan semacam ini biasanya memberi promo yang cukup menggiurkan, seperti diskon yang besar, cashback, dan lain-lain. Karena itu, selalu jeli saat kamu mendapat promo-promo yang terlihat terlalu bagus.

Jangan Sembarangan Memasukkan atau Menyebar Data Pribadi 

Tips transaksi online aman ini sebetulnya sudah banyak disebarluaskan, tetapi masih saja ada individu yang menjadi korban. Jangan mudah memberi data pribadi dan sensitif untuk hal-hal yang tidak berkaitan dengan transaksimu maupun transaksi yang tidak jelas atau mencurigakan.

Tak cuma ketika transaksi, kamu juga perlu lebih bijak saat menggunakan internet—terutama media sosial. Seperti contoh adalah challenge membagi data pribadi di Instagram beberapa waktu lalu yang mengajak pengguna menyebar foto diri, KTP, dan tanda tangan. Korban challenge ini pun menerima beragam efeknya, seperti penipuan untuk meminta sejumlah uang.

Pastikan Transaksi di Platform Aman dan Terpercaya

Platform dan toko online yang telah memiliki reputasi akan benar-benar menjaga kredibilitasnya—salah satunya dengan memastikan konsumennya dapat melakukan transaksi online aman. Mereka pun biasanya memiliki prosedur bahkan sistem khusus untuk menjaga keamanan tersebut.

Kamu bisa mengecek kredibilitas dan keamanan transaksi di sebuah platform melalui review pelanggan sebelumnya. Selain itu, platform dan toko online yang berkomitmen menjaga kenyamanan dan keamanan transaksi juga telah memiliki izin dan diawasi aktivitasnya oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Baca Juga: Jangan Lengah! Ini 8 Tips Aman Transaksi Non Tunai

Simpan Bukti Transaksi

Cara transaksi online yang aman ini bertujuan untuk mengantisipasi hal-hal tidak mengenakkan yang mungkin terjadi nantinya. Simpanlah bukti transfer dan transaksi dengan baik sampai setidaknya transaksi benar-benar selesai tanpa kendala. Jika bukti transaksi dalam bentuk fisik seperti nota pembelian, ada baiknya kamu menyimpannya pula dalam bentuk digital untuk berjaga-jaga.

Bukti ini bisa kamu gunakan jika produk barang atau jasa yang telah kamu bayar ternyata tidak sesuai sebagaimana yang disepakati dalam transaksi. Dokumen yang terlihat sederhana ini akan jadi penguat laporan yang kamu buat dan ajukan.

Melakukan transaksi online aman adalah tanggung jawab setiap individu. Kebanyakan kejahatan transaksi online berasal dari pancingan pelaku sehingga merupakan tanggung jawabmu untuk tidak memakan umpan tersebut.

OttoPay merupakan platform terpercaya untuk yang menawarkan berbagai solusi kebutuhan UMKM. Kami pun senantiasa berkomitmen menghadirkan layanan yang nyaman dan aman bagi seluruh pihak. 

Karena itu, tak perlu khawatir untuk bertransaksi di Ottopay. Lewat satu aplikasi yang andal dengan sistem aman, berbagai kebutuhan usahamu dapat terpenuhi dengan lebih mudah dan praktis.

Yuk, bangun bisnismu bersama OttoPay sekarang!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: