Mengenal Peluang Bisnis PPOB dan Jenis-Jenisnya

8 Juni 2023
Peluang Bisnis PPOB

Kemajuan teknologi di era modern membuka banyak peluang bisnis modal kecil dengan keuntungan relatif besar. Bisnis online merupakan salah satu segmen usaha yang menawarkan hal-hal tersebut. Dengan dukungan inovasi digital, tentunya bisnis online makin berkembang di masa sekarang.

Salah satu bentuk perkembangan usaha online ditandai dengan lahirnya peluang bisnis PPOB atau payment point online bank. Usaha ini dapat dilakukan oleh berbagai kalangan, seperti mahasiswa, pelajar, dan ibu rumah tangga. Jadi, apa arti payment point online bank? Lantas, ada apa saja jenis-jenisnya? Mari simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

Peluang Bisnis PPOB
Sumber : Envato

Apa Itu PPOB?

Bisnis payment point online bank merupakan bidang usaha yang menyediakan sistem pembayaran online dengan memanfaatkan fasilitas perbankan. Biasanya, bisnis ini disediakan oleh layanan switching tertentu atau merchant aggregator. Untuk menjalankannya, pelaku bisa melakukan kapan saja dari berbagai tempat, termasuk rumah masing-masing.

Syarat memulai usaha payment point online bank tergolong mudah; kamu hanya perlu menyiapkan aplikasi yang menyediakan bisnis ini. Syarat berikutnya adalah menjadi agen atau mitra dari aplikasi tersebut. Syarat terakhir, gawai maupun lokasi usaha harus terhubung internet supaya bisa bertransaksi dengan lancar.

Jenis-Jenis Payment Point Online Bank

Banyak jenis payment point online bank yang bisa kamu jalankan sebagai usaha utama maupun sampingan. Supaya mendapatkan keuntungan besar, pastikan memilih jenis bisnis payment point online bank terlaris saat ini. Berikut referensinya.

Transfer Uang Semua Bank

Transfer uang semua bank bisa dilakukan dengan berbagai cara, misalnya melalui teller dan internet banking. Jika melalui teller, kamu harus siap mengantre di bank. Tentunya, hal itu membutuhkan banyak waktu. Sementara pembayaran via internet banking, kerap terkendala limit, biaya tinggi, atau durasi pengiriman.

Nah, menjawab kendala-kendala tersebut di atas, payment point online bank menyediakan fitur transfer uang antarbank dengan biaya murah. Pengguna pun hanya perlu membayar satu kali dalam sebulan. Selain itu, transfer dilakukan secara online atau real time ke rekening penerima.

Pembelian Pulsa dan Paket Internet

Sejak kemunculan kartu prabayar pada tahun 1997, pengguna ponsel harus mengisi pulsa supaya bisa berkomunikasi. Saat itu, pulsa dijual dengan harga cukup tinggi dan hanya dapat dibeli di konter.

Setelah berkembang menjadi smartphone, pengguna tidak hanya mencari pulsa, tetapi juga kuota internet. Namun, dahulu, pembelian pulsa dan kuota internet harus melalui konter atau agen khusus. Sementara itu, sekarang, dengan membuka payment point online bank, kamu bisa menikmati fitur jualan pulsa dan kuota internet.  

Baca juga: 5 Tips Jitu Meningkatkan Omzet Bisnis Pulsa

Tagihan Listrik

Dahulu, sebagian besar orang yang ingin membayar listrik pascabayar harus pergi ke loket PLN. Risikonya, mereka mesti mengantre di loket dan berdesakan dengan pelanggan lain.

Namun, sejak diperkenalkan listrik pintar pada tahun 2012, semua orang dapat membayar sebelum menggunakan (prabayar). Biasanya, pengisian listrik prabayar berupa kode token yang dimasukkan ke kWh meter khusus. Kode bisa diperoleh dengan membeli voucher terlebih dahulu. 

Voucher tagihan listrik prabayar maupun pascabayar kini tersedia sebagai salah satu jenis payment point online bank yang laris dalam lima tahun terakhir. Pasalnya, listrik sudah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat.

Tagihan Kartu Kredit

Kartu kredit diterbitkan oleh bank tertentu sebagai alat pembayaran nontunai. Kartu ini memungkinkan pengguna untuk membeli barang di awal yang pembayarannya dilakukan oleh pihak bank. Namun, saat jatuh tempo, pengguna harus melunasi tagihan dari bank.

Untuk memudahkan pelunasan ke bank, kamu bisa membuka payment point online bank jenis tagihan kartu kredit. Payment point online bank ini memastikan setiap pengguna kartu kredit dapat melakukan pembayaran hanya dengan satu kali klik melalui aplikasi.

Tagihan PDAM

Perusahaan daerah air minum atau PDAM juga terus berinovasi sesuai perkembangan zaman. Jika dahulu pembayaran tagihan PDAM harus melalui loket resmi, kini bisa dilakukan secara online. 

Terobosan itulah yang mendorong masyarakat mulai beralih dari pembayaran konvensional ke digital. Dengan demikian, payment point online bank jenis tagihan PDAM secara digital menjadi peluang usaha menjanjikan di masa depan. 

Tagihan BPJS

Beberapa waktu lalu, BPJS berinovasi dengan menambah opsi pembayaran tagihan bagi pelanggan. Salah satu opsinya melalui program payment point online bank yang diselenggarakan oleh merchant aggregator.  Karena itu, tagihan BPJS menjadi fitur yang wajib dijalankan oleh pelaku usaha payment point online bank.
Itulah sekilas pembahasan tentang peluang bisnis PPOB beserta jenis-jenisnya yang diprediksi laris di masa depan. Jika kamu tertarik menjalankan bisnis tersebut, pastikan memilih merchant aggregator terbaik, seperti OttoPay. Situs ini menyediakan berbagai produk digital yang paling diminati konsumen. Penasaran?

Yuk, instal OttoPay sekarang dan mulai bisnis jualan produk digital!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: