7 Ide Bisnis Kuliner yang Dijamin Tetap Eksis di Tahun 2023

25 September 2023

Membuka bisnis kuliner zaman sekarang cukup menantang karena banyak pesaingnya. Akan tetapi, kamu masih bisa membidik ide kuliner yang cukup laris. Ada beberapa ide makanan dan minuman yang akan tetap eksis bahkan hingga tahun-tahun berikutnya.

Apa saja jenis-jenis ide kuliner yang awet populernya? Berikut beberapa ide sebagai inspirasimu.

Bisnis Kuliner

1. Restoran All You Can Eat

Tempat makan yang satu ini punya potensi cukup besar, terutama jika menunya menawarkan makanan otentik seperti Korea atau Jepang. Restoran ini bisa dibuat dengan menyasar konsumen tingkat tertentu, misalnya kelas menengah bahkan mewah.

Cara menyesuaikan restoran dengan jenis konsumen misalnya lewat pemilihan setting dan bahan menu makanan. Untuk restoran kelas menengah dan atas, misalnya, pilih bahan-bahan premium bahkan otentik jika menunya adalah menu luar negeri.

2. Kedai Kopi dengan Specialty Coffee

Membuka kedai kopi kini bukan hanya soal desain Instagramable atau fasilitas buat nongkrong. Dengan menjamurnya kedai kopi, semakin banyak konsumen yang menggunakan kualitas kopi sebagai bahan pertimbangan utamanya saat memilih tempat minum. Kedai kopi khusus specialty coffee bisa menjadi pilihan usaha.

Specialty coffee berbeda dari kopi biasa karena kualitasnya menyeluruh, mulai dari aroma, rasa, hingga cara pengolahannya. Menurut standar Specialty Coffee Association of America, kopi semacam ini memiliki skor penilaian minimal 80.

Membuka kedai kopi semacam ini membutuhkan investasi besar untuk memperoleh kopi terbaik dan mempekerjakan barista berkualitas. Akan tetapi, kamu bisa membangun reputasi jangka panjang dengan kedaimu berkat kualitas biji kopi dan hasil seduhannya.

3. Tea House 

Kamu mungkin sudah sering dengar yang namanya coffee shop, tetapi bagaimana dengan tea house? Kedai minum teh ini adalah bisnis kuliner yang cukup banyak terlihat di kota-kota besar seperti Jakarta dan Bandung, tetapi masih kalah dengan kedai kopi.

Kedai teh yang dimaksud bukan ala warung, tetapi lebih ke kedai teh yang menawarkan atmosfer anggun dan menenangkan, lengkap dengan sajian-sajian kecil. Dekorasinya pun dibuat dengan kesan modern seperti kafe.

Tea house bisa hadir dalam beragam tema, tetapi dengan konsep yang membidik pelanggan tingkat menengah bahkan atas. Misalnya kedai teh ala tea room Eropa, kedai klasik ala Jepang, atau kedai teh dengan desain tradisional Indonesia.

Selain aneka makanan ringan khas yang cocok untuk menyertai teh, tea house menyediakan beragam pilihan teh bermutu dalam kemasan indah. Koleksi teh ini bukan hanya untuk dibeli, tetapi juga berfungsi sebagai pajangan untuk mengundang pelanggan.

4. Restoran Vegan

Restoran vegan dengan konsep menarik cukup potensial terutama di tengah masyarakat yang semakin sadar kesehatan. Membuat restoran dengan desain menarik dan menu kreatif akan membuat orang semakin sadar bahwa kuliner vegan sangat kaya.

Selain menggunakan gaya hidup sehat sebagai materi promosi, kamu bisa menawarkan menu vegan yang kreatif dan modern sehingga orang tidak berpikir bahwa menu vegan hanya seputar salad atau smoothie.

Desain restoran vegan tidak harus berupa restoran modern pada umumnya. Kamu bisa menambah juice bar atau menciptakan restoran dengan suasana ekslusif dan romantis. 

5. Food Truck Trendi

Ide dengan konsep seperti ini merupakan salah satu bisnis kuliner yang popularitasnya semakin menanjak. Food truck bisa didesain dengan lebih fleksibel dibandingkan restoran biasa. Plus, kamu bisa memberi layanan takeaway dan makan di tempat dengan lebih mudah.

Kamu bebas membuat food truck dengan menu tema apa saja. Mulai dari yang menjual kuliner Indonesia, Italia, Meksiko, Jepang, hingga Korea, pilihannya tidak terbatas. Kamu pun cukup menyiapkan beberapa meja dan kursi jika ada yang ingin makan di tempat.

6. Kedai Gelato

Bisnis kuliner gelato cukup potensial karena banyak orang mulai memilihnya dibandingkan es krim biasa, terutama karena lemaknya lebih sedikit dan bertekstur lebih padat. Kedai gelato pun bisa dibangun dengan berbagai gaya; mulai dari kios kecil tetapi trendi hingga kedai dengan meja-kursi dan desain dengan tema tertentu.

7. Paket Bahan Sup/Bakso Siap Olah 

Sup adalah masakan yang biasanya cukup mudah dibuat, tetapi tidak semua punya waktu memasak. Paket bahan sup siap olah bisa menjadi ide bisnis yang cukup laris. Kamu cukup mengemas bahan-bahan sesuai jumlah porsi makan dan bumbunya. Pembeli bisa mencoba di rumah tanpa harus membeli bahan sendiri.

Sebelum mencoba satu di antara semua pilihan tersebut, jangan lupa gunakan OttoPay EDC. Memadukan berbagai metode pembayaran di satu platform, EDC berfungsi sebagai pusat pengelolaan transaksi pembayaran. Semua transaksi bisa dikelola di satu platform saja, baik online maupun offline. Cocok untuk mengelola dan mengembangkan usaha.

Memulai bisnis kuliner cukup mudah jika kamu paham strateginya. Pilih salah satu di antara ide-ide produk di atas, dan manfaatkan fasilitas OttoPay EDC untuk membantu bisnis Anda.

Muhammad Fahmi

Muhammad Fahmi

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: