7 Jenis Sembako Ini Paling Diminati, Wajib Kamu Stok!

10 April 2023
Jenis Sembako

Ingin berbisnis produk yang terus dicari bahkan selama masa sulit? Menjual jenis-jenis sembako bisa menjadi solusi. Sembako merupakan komoditas yang selalu dibutuhkan sehingga kamu akan selalu mendapat pembeli. Usaha sembako bahkan menjadi salah satu yang bertahan dan berkembang selama pandemi, terutama ketika banyak penjual sembako memanfaatkan layanan online.

Dari berbagai jenis sembako, ada beberapa produk yang termasuk paling diminati. Kamu bisa memilih produk-produk terlaris ketika memulai usaha, terutama ketika modalmu belum begitu besar. Inilah macam-macam sembako yang paling diminati sebagai referensi jualanmu.

Jenis Sembako
Sumber : Envato

1. Beras

Walau Indonesia memiliki banyak sumber karbohidrat, beras tetap primadona di kalangan konsumen luas. Konsumsi beras masyarakat Indonesia bahkan tercatat mengalami kenaikan sejak 2020. Setiap usaha grosir sembako wajib memiliki beras di daftar produknya, termasuk bisnis yang memulai dengan modal kecil.

Tergantung pembelimu, tipe beras yang dijajakan sebaiknya berasal dari merek dengan kisaran harga menengah. Jika ingin menjual dengan modal lebih kecil, cobalah berdagang beras curah. Kamu bisa menambahkan beras merah sebagai variasi, terutama untuk pembeli yang termasuk sadar kesehatan atau menerapkan pola makan tertentu.

2. Minyak Goreng

Minyak goreng termasuk produk yang cepat laku karena penggunaannya luas. Dari tukang gorengan pinggir jalan hingga restoran, potensi penjualan minyak goreng cukup besar. Sebagai salah satu jenis sembako terlaris, kamu wajib menyediakan beberapa pilihan minyak untuk konsumenmu. Selain merek, pastikan menyediakan beragam ukuran, mulai dari yang hanya 250 mililiter hingga dua liter.

3. Mi Instan

Mi instan adalah produk grosir sembako yang ideal. Populer, awet, dan digemari kalangan luas, kamu wajib punya mi instan untuk memastikan toko grosir sembakomu laris. Pelanggan mi instan pun beragam, mulai dari rumah tangga hingga pemilik bisnis seperti warung mi dan kedai kekinian yang memanfaatkan produk tersebut untuk menu kreatif.

Pastikan memberi beberapa pilihan bagi pembeli agar mereka mendapat variasi. Pilih minimal tiga atau empat rasa mi kuah dan dua rasa mi goreng dari merek populer jika kamu memulai dengan modal kecil.

Baca juga: Biar Usaha Nggak Rugi, Ini Cara Mencatat Utang Pelanggan

4. Tepung Terigu

Tepung terigu digunakan untuk berbagai resep dan keperluan memasak walau Indonesia bukan penghasil gandum. Hal ini menjadikan terigu salah satu produk terlaris di toko grosir sembako. Kamu bisa menjualnya kepada pembeli rumah tangga, tukang gorengan, toko roti dan kue, dan pemilik restoran.

5. Telur

Telur adalah protein yang murah dan praktis sehingga menjadi pilihan banyak orang untuk lauk. Telur juga digunakan dalam berbagai olahan makanan, mulai dari jajanan pinggir jalan hingga restoran mewah. Tidak heran jika telur termasuk di antara jenis-jenis sembako terlaris. Akan tetapi, walau setiap toko sembako punya telur, kamu harus mempertimbangkan soal pengepakan dan pengiriman jika kamu berbisnis online.

Baca juga: Belanja Grosir Sembako Makin Untung dengan Tips Ini

6. Gula dan Garam

Gula dan garam termasuk penyedap tingkat dasar sehingga wajib ada di setiap toko sembako. Kamu bisa fokus menjual gula pasir buatan lokal serta garam beryodium sebagai pilihan utama. Untuk gula pasir, jangan lupa sediakan beberapa ukuran berbeda, mulai dari 250 gram hingga satu kilogram. Kamu juga bisa menambah variasi dengan menjual gula pasir kuning.

7. Minuman

Minuman yang dimaksud di sini adalah jenis yang harus diseduh dulu sebelum bisa dikonsumsi. Selain lebih praktis untuk bisnis grosir, minuman jenis ini awet dan banyak pembelinya. Contohnya adalah teh celup, kopi bubuk, serta kental manis. Pastikan kamu memiliki minimal dua merek teh dan kopi bubuk serta dua rasa kental manis (biasa dan cokelat) sebagai variasi standar.

Bagaimana cara menjual jenis-jenis sembako ini? Gunakan aplikasi Mitra Grosir. Selain kemudahan melayani pesanan dan pembelian, kamu bisa membandingkan harga pasokan di berbagai mitra untuk menentukan kisaran harga terbaik.

Menjual sembako wajib dimulai dari komoditas terlaris. Pastikan kamu menawarkan jenis-jenis sembako tersebut sebelum mulai menambah produk lainnya ketika keuntunganmu semakin meningkat.

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: