Tips Sukses Membuka Cabang Bisnis

16 Februari 2024

Diakui atau tidak, memiliki cabang bisnis adalah indikasi bahwa sebuah usaha berada dalam kondisi maksimal dan punya omset yang sehat. Bagi orang awam, sebuah bisnis yang memiliki cabang pasti dianggap sukses. Tidak heran apabila banyak pengusaha yang bercita-cita punya banyak cabang ketika memulai sebuah bisnis.

Terlihat mudah, nyatanya membuka sebuah cabang bukan hal yang dapat dilakukan semua pengusaha. Selain modal yang dibutuhkan tidak sedikit, membuka cabang juga butuh banyak persiapan. Sebagai tips, berikut beberapa hal yang bisa jadi panduan sebelum membuka cabang untuk bisnis.

1. Pastikan Pusat Pengelolaannya Baik

Hal utama yang harus kita pastikan sebelum memutuskan untuk membuka outlet baru adalah manajemen outlet pusat. Apabila kondisi keuangan toko utama sehat, omsetnya sesuai harapan atau bahkan lebih, dan pengelolaannya dilakukan dengan baik, setelah itu baru kita bisa membuka cabang.

Untuk mencapai hal tersebut prosesnya memang tidak singkat apalagi mudah. Inilah mengapa ketika bisnis dibangun, sejak awal kita harus memperhatikan sistem pengelolaannya dengan baik. Jika kondisi toko atau outlet pusat sudah sesuai dan cuan, baru kita bisa merencanakan pembukaan cabang baru. 

2. Mempersiapkan Modal

Seperti halnya membangun sebuah bisnis, membuka sebuah cabang bisnis juga membutuhkan modal. Sebagai informasi, biasanya modal yang dibutuhkan untuk membuka outlet baru lebih banyak dibanding ketika membuka toko pusat. Inilah mengapa sebelum memutuskan membuka toko baru, pastikan modal yang dimiliki cukup agar persiapan kita lebih matang.

Baca Juga: Memilih Sistem Pembayaran untuk Bisnis, Pakai EDC atau QRIS?

3. Melakukan Analisa Lokasi Baru

Salah satu tips sukses dalam membangun sebuah bisnis adalah menemukan lokasi yang tepat. Hal ini juga berlaku ketika kamu akan membuka outlet baru. Pastikan lokasi yang akan digunakan benar-benar sesuai baik soal lingkungan ataupun potensinya. Untuk memastikan hal ini, lakukan survei lokasi.

Ketika survei, buatlah sejumlah analisa seperti apakah lokasi tersebut menjangkau target pasar, berapa kompetitor yang ada di tempat tersebut, apakah lokasi punya fasilitas yang dibutuhkan outlet, dan seberapa jauh lokasi baru ini dari toko pusat. Pertimbangan tersebut tentu akan sangat menentukan sukses tidaknya cabang baru di masa mendatang.

4. Menganalisis Kompetitor 

Sebagaimana yang telah disebutkan sedikit sebelumnya, kita juga perlu menganalisa kompetitor di lokasi yang baru. Analisa yang dimaksud tidak hanya soal ada tidaknya kompetitor, tetapi juga seberapa baik mereka menguasai pasar di lokasi tersebut. Kita juga perlu tahu apa kompetitor tersebut satu-satunya pesaing yang perlu diwaspadai atau tidak. 

Analisa semacam ini akan memudahkan kita memulai bisnis yang baru dan mempersiapkan segalanya secara matang. Jadi begitu cabang bisnis benar-benar dibuka, kita sudah punya strategi tepat dan dapat memasarkan produk dengan sesuai.

5. Menyiapkan SDM yang Kompeten

Sumber : Pexels

Modal, lokasi, dan strategi bisnis bukan satu-satunya hal yang dibutuhkan ketika membuka outlet baru. Kamu juga butuh sumber daya manusia kompeten sekaligus berpengalaman untuk menjalankan usaha di tempat baru. Sebagai referensi, kamu bisa memberdayakan karyawan lama tepercaya dari outlet pusat sebagai manajer atau supervisor.

Keberadaan karyawan yang berpengalaman akan sangat membantu dan tidak perlu di-training lagi. Selain itu, karyawan lama bisa membantu pegawai baru untuk menyesuaikan diri bahkan ikut serta melatih sehingga budaya kerjanya sesuai harapan dan mampu menghasilkan omset sebagaimana omset toko pusat atau bahkan lebih baik.

Membuka cabang bisnis memang cukup tricky. Namun dengan pengalaman dan strategi yang tepat, risikonya bisa diminimalisasi sebaik mungkin. Untuk pengelolaan bisnis di lokasi baru yang lebih baik lagi jangan ragu untuk menggunakan layanan dashboard atau bisnis portal. Sebagai referensi, kamu bisa menggunakan layanan bisnis portal dari Ottopay. 

Selain dapat membantu mencatat setiap transaksi secara sistematis, layanan ini juga akan membantu kita mengelola keuangan toko baru dengan baik. Tidak hanya itu, keberadaan layanan dashboard seperti Ottopay juga dapat membantu kita menyusun laporan keuangan dengan baik sehingga omset bisnis bisa terpantau secara maksimal. 

Bagaimana, sudah siap untuk membuka cabang bisnis baru dan jadi pengusaha sukses? Pastikan untuk menggunakan Ottopay, ya!

Tias Mellynia

Tias Mellynia

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: