Pembayaran QRIS Gagal? Ini yang Harus Dilakukan!

13 Januari 2023
bayar QRIS Gagal

Sejak resmi digunakan untuk memfasilitasi transaksi pembayaran, sekitar 15,7 juta, baik UMKM maupun merchantmerchant di Indonesia telah menggunakan QRIS. Pengguna QRIS akan bertambah secara signifikan di tahun 2023 karena Bank Indonesia menargetkan sebanyak 45 juta UMKM menggunakan QRIS (QR Code Indonesia Standard). Namun, seiring dengan meningkatnya pengguna QRIS, kendala bayar QRIS gagal juga sering terjadi. 

Jika masalah tersebut terjadi, apa yang harus dilakukan? Tidak perlu khawatir. Artikel ini akan membahas tentang langkah-langkah yang harus dilakukan jika transaksi QRIS tidak berhasil. Yuk, disimak.

bayar QRIS Gagal
Sumber : Envato

1. Kontak Call Center PJSP

Perlu diketahui bahwa sebelum menggunakan pembayaran menggunakan QRIS, kamu wajib menggunakan aplikasi PJSP (Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran) yang telah memiliki izin dari Bank Indonesia. 

Aplikasi PJSP berizin BI memiliki fitur keamanan yang dapat membantu mendeteksi serta mencegah penipuan (fraud) transaksi ke merchant palsu. Selain itu, pengguna QRIS juga harus memastikan bahwa nama merchant di aplikasi pembayaran sama dengan nama merchant  yang ada di label QRIS.

Nah, jika transaksi QRIS tidak berhasil saat digunakan, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengontak Call Center PJSP. Pastikan kamu tahu Call Center PJSP QRIS yang digunakan. Hal ini dikarenakan setiap PJSP memiliki Call Center PJSP yang berbeda-beda. Kamu bisa langsung mengontak atau langsung chat customer service ke website atau aplikasi penyedia QRIS. 

Bahkan aplikasi penyedia QRIS juga menyediakan layanan customer service yang memberikan respons yang cepat, seperti nomor WhatspApp.

2. Lapor Penyedia Barang/Jasa

Lalu lintas sistem perbankan yang sibuk menjadi salah satu penyebab bayar QRIS gagal.  Saldo rekening pelanggan tetap terdebet, tetapi merchant tidak menerima pembayaran tersebut. Setelah menghubungi Call Center atau chat customer service, informasikan kepada penyedia barang/jasa terkait tentang kendala pembayaran QRIS yang gagal. 

Jelaskan secara rinci awal mula sampai transaksi pembayaran lewat QRIS yang tidak berhasil. Siapkan semua yang dibutuhkan untuk bahan pelaporan, mulai dari identitas hingga bukti bayar. Biasanya customer service dari PJSP akan meminta menunggu beberapa hari untuk menindaklanjuti permasalahan. 

3. Minta Bukti Bayar dari User

Kadang transaksi pembayaran QRIS dinyatakan berhasil, tetapi merchant tidak menerima pembayaran tersebut. Langkah selanjutnya adalah meminta bukti bayar. Bukti bayar bisa berupa nota invoice manual, virtual, atau bukti chat dari user. Jika perlu minta screenshot dari pelanggan histori transaksi pembayaran ke merchant. Jelaskan permasalahannya dengan rinci dan sertai dengan bukti-bukti yang ada. 

Baca juga: Berpotensi untuk Pembayaran Internasional: Ini 5 Fakta tentang QRIS

4. Upload Bukti Pembayaran

Ketika kamu melaporkan masalah bayar QRIS gagal, customer service PJSP akan meminta bukti-bukti pembayaran. Jangan lupa upload bukti-bukti pembayaran yang diperlukan. Bukti yang jelas dan lengkap akan membantu PJSP untuk menindaklanjuti permasalahan tersebut dengan cepat. Jika semua bukti telah jelas, pihak PJSP  akan segera melakukan proses refund uang ke uang elektronik atau ke rekening.

5. Tunggu 7 Hari

Langkah selanjutnya untuk kendala bayar QRIS gagal adalah menunggu. Pada umumnya customer service akan menginformasikan kepada konsumen untuk menunggu tindak lanjut. Waktu tunggu pun bervariasi, mulai dari 1 x 24 jam, 3 hari, hingga 7 hari di hari kerja. Hal ini dikarenakan setiap PJSP memiliki kebijakan sendiri terkait penanganan gagal bayar QRIS. Oleh karena itu, tunggu sesuai dengan waktu yang dijanjikan. Jangan lupa untuk terus mengecek terus dana pengembalian di aplikasi pendukung QRIS.

Inilah langkah-langkah yang harus dilakukan jika menghadapi masalah bayar QRIS gagal. Namun, untuk menghindari terjadinya masalah tersebut, ada baiknya kamu pastikan koneksi internet pada ponselmu lancar sebelum bertransaksi. Selain itu, cek apakah ada gangguan sistem jaringan pada aplikasi pendukung QRIS atau tidak. 

Jika kamu bingung bagaimana mendaftar QRIS untuk bisnis, coba daftar di OttoPay. Sebagai salah satu merchant aggregator dan aplikasi pembayaran via QRIS, OttoPay memberikan solusi untuk UMKM maupun perseorangan untuk layanan pembayaran nontunai QRIS, baik dari berbagai macam uang elektronik maupun mobile banking. Mengaktifkan pembayaran QRIS lebih cepat dan pastinya gratis. 

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: