Bikin QRIS Berapa Lama? Ini Dia Jawabannya

28 Mei 2024

Penasaran seberapa lama pembuatan QRIS? Kamu bisa pelajari selengkapnya di artikel berikut. Tak hanya itu, kamu bisa menemukan syarat dan ketentuan yang perlu kamu penuhi jika ingin membuat QRIS.

Akhir-akhir ini, metode pembayaran cashless semakin banyak diminati masyarakat. Selain karena sudah menjadi tren, metode pembayaran ini diminati karena kepraktisannya. Nah, salah satu metode pembayaran cashless yang sering digunakan adalah QRIS.

Dengan QRIS, kamu sebagai pemilik usaha tidak perlu menyediakan banyak QR code untuk mengakomodasi berbagai e-wallet yang dimiliki pelanggan. Cukup menyediakan satu QR Code, kamu langsung bisa terima pembayaran dari e-wallet mana pun!

Berapa Lama Pembuatan QRIS?

Bikin QRIS

Karena menyangkut sistem pembayaran, pembuatan QRIS memang memakan waktu sedikit lama. Dilansir dari berbagai sumber, lama membuat QRIS adalah sekitar 14-30 hari kerja. 

Cukup lama, bukan? Karena lama, mungkin kamu jadi malas untuk mengurus QRIS. Kalau sudah begini, bagaimana solusinya?

Gampang! OttoPay siap membantumu untuk membuat QRIS tanpa ribet. Buat kamu yang sudah menjadi mitra OttoPay, kamu tinggal menghubungi customer service dan melakukan pengajuan pembuatan QRIS.

Mau Bikin QRIS di OttoPay? Bisa!

Bikin QRIS

Kalau kamu punya usaha dan sudah jadi mitra OttoPay, membuat QRIS bisa dilakukan dengan lebih mudah. 

Syarat dan Ketentuan

Apa saja, sih, syarat dan ketentuan membuat QRIS melalui OttoPay? Buat kamu yang ingin memiliki QRIS OttoPay, syarat dan ketentuannya adalah sebagai berikut:

  1. Kamu sudah menjadi mitra OttoPay dan aktif bertransaksi selama minimal tiga bulan.
  2. Memiliki usaha (restoran, café, usaha grosir, retail, dsb.)
  3. Memiliki rekening bank. Ini wajib ada. Pasalnya, kamu perlu menghubungkan rekening bank agar bisa menerima dana yang masuk ke dalam QRIS nantinya. 

Nah, kalau semua persyaratan di atas sudah ready, kamu bisa langsung menghubungi customer service QRIS untuk melakukan permohonan pembuatan QRIS.

Tahapan yang Perlu Dilakukan

Bagaimana caranya melakukan pengajuan pembuatan QRIS? Kalau kamu sudah tergabung menjadi mitra OttoPay, caranya jadi lebih mudah. Kamu cukup menghubungi customer service OttoPay dan proses membuat QRIS akan diakomodasi.

Gimana kalau kamu belum menjadi mitra OttoPay? Kamu perlu menjadi mitra OttoPay dulu. Untuk melakukannya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Kunjungi situs OttoPay. Kamu bisa mengklik link berikut.
  2. Di homepage OttoPay, arahkan kursormu ke menu ‘Solusi Kami’, lalu pilih QRIS untuk Mitra Bisnis.
  3. Setelah itu, kamu akan diarahkan ke page QRIS untuk Mitra Bisnis. 
  4. Klik ‘Daftar Sekarang’. Kamu akan diarahkan ke formulir pendaftaran Mitra Bisnis OttoPay.
  5. Isi formulir dengan data sebenarnya. Lalu, kirim formulir tersebut.
  6. Nanti, customer service OttoPay akan menghubungimu untuk proses selanjutnya.

Setelah menjadi mitra OttoPay, kamu bisa melakukan pengajuan pembuatan QRIS sesuai dengan syarat dan ketentuan yang sudah disebutkan.

Manfaat Membuat QRIS

Repot-repot buat QRIS, buat apa sih? Eits, jangan salah! Kamu bisa mendapatkan beragam manfaat berikut dengan membuat QRIS. Misalnya seperti:

  • Penjualan bisa meningkat karena kamu bisa menerima pembayaran dari sistem pembayaran apapun yang berbasis QR code (e-wallet, mobile banking, dsb.).
  • Bisnismu makin kekinian!
  • Tidak perlu repot-repot mengelola buku kas. Laporan pemasukan transaksi yang diterima dengan QRIS akan tercatat secara otomatis.
  • Terhindar dari uang palsu.
  • Meningkatkan persona brand sebagai brand yang up-to-date.
  • Tidak perlu menyediakan uang kembalian, dsb.

Dengan berbagai manfaat di atas, masih yakin nggak mau membuat QRIS?

Jangan mau ketinggalan zaman! Sebagai pemilik usaha, mengikuti perkembangan zaman—termasuk dalam hal menerima sistem pembayaran cashless—merupakan hal yang baik untuk memajukan bisnis dan menyesuaikan diri dengan tuntutan pasar. 

Langkah awal yang bisa kamu lakukan adalah dengan menjadi mitra OttoPay. Dengan menjadi mitra OttoPay, kamu bisa melakukan banyak hal—mulai dari menerima pembayaran cashless, mengatur pembayaran dana secara otomatis dengan fitur Flexible Settlement, hingga pembuatan tagihan dengan fitur e-Invoicing.

Salah satu metode pembayaran cashless yang dimaksud adalah QRIS. Sebagai mitra OttoPay, kamu bisa mendaftar untuk mendapatkan QRIS dengan proses pendaftaran yang mudah dan cepat. Bahkan, kamu bisa langsung menggunakan QRIS satu hari setelah pendaftaran, lho! Tidak perlu lagi menunggu berminggu-minggu! Yuk, kembangkan bisnismu dengan bergabung bersama OttoPay!

Muhammad Fahmi

Muhammad Fahmi

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: