Ingin Buka Kedai Kopi? Ini hal-Hal yang Dibutuhkan!

28 Desember 2023

Beberapa tahun belakangan, bisnis kedai kopi sedang sangat populer. Namun, seiring berjalannya waktu, satu persatu bisnis tersebut mulai tutup. Penyebabnya adalah FOMO atau fear of missing out. Mereka membuka bisnis hanya karena memiliki café sedang jadi tren sehingga persiapannya tidak terlalu matang.

Peluang Usaha Bisnis Café

Sumber : Pexels

Bisnis café bukan sebuah usaha yang bisa dimulai dengan modal terbatas. Inilah mengapa, potensi keuntungannya dinilai lebih tinggi dibanding bisnis lain seperti warteg atau rumah makan biasa. Meskipun antusiasme pebisnis tidak seramai dulu, bisnis ini akan menjanjikan jika pengelolaan dan persiapannya tepat.

Terlebih sejak pandemi, banyak orang yang memilih work from anywhere, termasuk dari café. Hal ini membuat potensi keuntungan kedai kopi meningkat. Tidak heran jika di kota-kota besar seperti Jakarta dan Bandung, kita banyak melihat café yang tidak hanya bisa dijadikan sebagai spot nongkrong tetapi juga tempat kerja.

Baca Juga: Apa Itu Merchant Discount Rate (MDR)? Berikut Definisi dan Persentasenya

Hal-Hal yang Dibutuhkan Sebelum Membuka Café

Bagaimana, tertarik membangun bisnis café dan berpeluang meraih cuan? Jika iya, setidaknya ada beberapa hal yang perlu disiapkan sebelum memulai bisnis ini. Di antaranya:

1. Lokasi Strategis

Lokasi merupakan salah satu poin penting dalam membuka bisnis apa pun, termasuk bisnis café. Inilah mengapa ketika memilih lokasi, pastikan bahwa letaknya cukup strategis, mudah dijangkau, dan dekat dari pusat keramaian seperti distrik bisnis, kampus, dan sekolah. Memilih lokasi tidak hanya mendatangkan target pasar potensial tetapi juga memudahkan proses distribusi kebutuhan kafe dari supplier

2. Survei Pasar

Setelah memperoleh lokasi yang tepat, selanjutnya lakukan survei pasar. Survei ini penting untuk dilakukan agar kita bisa menyiapkan produk yang sesuai dengan selera dan berpotensi diminati banyak orang. Survei pasar juga memudahkan kita menerapkan strategi marketing yang sesuai. Hal ini akan sangat membantu kedai kopi memperoleh profit yang diharapkan 

3. Menyiapkan Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Hal lain yang kita butuhkan saat membangun sebuah café adalah alat dan bahan. Alat yang dimaksud tentu saja mesin pembuat kopi, lemari es, meja kursi, meja dapur, dan masih banyak lagi. Pastikan setiap alat yang disiapkan benar-benar dibutuhkan dan digunakan supaya tidak ada modal yang sia-sia.

Untuk bahan, pastikan pilih yang berkualitas dan dipasok oleh supplier tepercaya. Hal ini akan membantu meningkatkan kualitas produk sehingga pelanggan tertarik untuk kembali ke café. Tidak hanya itu, barang yang berkualitas juga akan membuat kita memiliki produk yang mampu bersaing di pasaran.

4. Menyiapkan Perizinan dan Legalitas

Membuka café juga membutuhkan izin dan legalitas. Supaya ke depannya hal-hal buruk bisa diantisipasi, pastikan kamu telah memiliki surat izin mendirikan usaha dan legalitas lainnya. Jangan lupa pula menyisihkan sebagian pendapatan untuk membayar pajak. Kedisiplinan semacam ini sangat penting agar usaha kita bisa berlangsung dalam waktu lama dan bisa menghasilkan keuntungan yang menjanjikan.

5. Menyiapkan Manajemen dan HRD yang Solid

Diakui atau tidak, SDM yang terlibat dalam suatu bisnis punya peranan besar dalam keberlangsungan kedai kopi kita. Inilah mengapa selain beberapa hal yang telah disebutkan sebelumnya, kita juga perlu menyiapkan manajemen dan HRD yang solid. Tujuannya, tentu saja supaya pengelolaan café bisa dilakukan secara maksimal.

Jadi, sudah siap membangun café impian dan sukses dalam bisnis ini? Jika sudah, selain lima poin di atas kita juga bisa memaksimalkan performa café ketika sudah dibuka dengan menyediakan layanan pembayaran variatif. Layanan semacam ini akan membuat pelanggan nyaman bertransaksi di bisnis kita.

Mereka juga tidak segan bertransaksi dalam jumlah besar dan cashless karena layanan yang kita sediakan cukup lengkap. Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mewujudkan hal ini adalah dengan menyediakan mesin EDC. Mesin ini mampu mengakomodasi semua pilihan pembayaran yang dilakukan pelanggan mulai dari QRIS, kartu debit, hingga kartu kredit.

Sebagai rekomendasi, kamu bisa menggunakan layanan EDC dari Ottopay. Tidak hanya canggih, EDC dari Ottopay juga terintegrasi dengan layanan lain sehingga kita bisa membuat laporan keuangan dengan mudah karena setiap transaksi tercatat secara sistematis. 

Bagaimana, sudah siap membangun bisnis kedai kopi bersama EDC dari Ottopay? Semoga sukses!

Tias Mellynia

Tias Mellynia

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: