Beli Paket Data VS Langganan WiFi, Mana yang Lebih Menguntungkan?

24 Januari 2023
Beli Paket Data

Di era digital ini, siapa sih yang tidak membutuhkan internet? Mulai dari pelajar, pekerja, hingga ibu-ibu rumah tangga membutuhkan internet untuk sekolah daring, urusan bisnis, hiburan, dan berbagai aktivitas lainnya. Jadi, tidak heran jika beli paket data internet sudah seperti kebutuhan pokok bagi semua kalangan

Selain paket data, internet sebenarnya juga bisa diakses menggunakan jaringan WiFi. Paket data internet dan jaringan WiFi ini merupakan teknologi nirkabel yang memiliki fungsi sama. Namun, jika ditinjau lebih lanjut, manakah yang sebenarnya lebih menguntungkan bagi penggunanya?

Yuk, simak ulasan lengkap tentang paket data dan langganan WiFi dalam artikel ini!

Beli Paket Data
Sumber : Envato

Pengertian Paket Data Seluler dan WiFi

Berdasarkan pengertiannya, berikut perbedaan paket data dan WiFi:

Paket data seluler

Paket data seluler merupakan layanan yang disediakan oleh provider atau operator seluler untuk mengakses jaringan internet. Paket data internet ini memiliki batasan atau kuota beragam, tergantung penawaran masing-masing provider.

Dalam penggunaannya, data seluler tidak membutuhkan perangkat tambahan karena kamu bisa langsung terkoneksi dengan layanan internet melalui ponsel.

WiFi (Wireless Fidelity)

Pengertian WiFi (Wireless Fidelity) adalah teknologi akses internet nirkabel yang digunakan berbagai perangkat untuk bertukar informasi dengan memanfaatkan gelombang radio.

Untuk bisa terkoneksi dengan jaringan nirkabel WiFi, kamu membutuhkan peralatan tambahan berupa WiFi router atau kabel LAN.

Biaya Beli Paket Data vs Pemasangan WiFi

Hal pertama yang perlu kamu ketahui sebelum menentukan mana yang lebih baik antara beli paket data dan langganan WiFi adalah biaya pemasangannya. Untuk biaya pemasangan paket data, tentu saja gratis. Kamu hanya perlu membeli kartu provider dengan kuota internet sesuai kebutuhan.

Sedangkan, untuk pemasangan WiFi, biayanya bisa beragam tergantung provider yang dipilih dan area pemasangannya. Kamu perlu merogoh kocek mulai dari Rp75.000 hingga Rp500.000. Umumnya, biaya instalasi ini belum termasuk harga paket internet.

Biaya Internet Bulanan Paket Data vs WiFi

Jika dilihat dari biaya internet bulanannya, besaran biaya paket data tergantung pada penggunanya. Jika pengguna paket data aktif mengakses internet, tentu membutuhkan kuota dalam jumlah banyak dan biayanya bisa membengkak. Namun sisi positifnya, kamu bisa mengatur bujet kuota yang dibutuhkan setiap bulannya.

Berbeda dengan biaya penggunaan WiFi, masing-masing provider telah menentukan tarif flat bulanan untuk setiap paket internet yang tersedia. Banyak ataupun sedikit kuota internet yang kamu gunakan, biaya yang dikeluarkan tetap sama. Umumnya, provider WiFi menetapkan tarif kuota mulai dari Rp300.000-an per bulan. 

Cakupan dan Kestabilan Jaringan Internet Paket Data vs WiFi

Frekuensi yang digunakan jaringan seluler, umumnya berada di angka 900 – 2200 MHz. Sementara itu, frekuensi pada koneksi WiFi ada di angka 2.4 GHz sampai 5.8 GHz.

Dengan frekuensi ini, konektivitas atau jaringan internet pada WiFi lebih stabil dibanding paket data seluler. Namun, cakupan WiFi hanya terbatas di satu area saja, sedangkan paket data seluler memiliki jangkauan yang lebih luas.

Rekomendasi Provider Paket Data vs WiFi

Berencana beli paket data? Berikut rekomendasi provider yang menyediakan internet unlimited.

  • Unlimited Tekomsel
  • Unlimited AXIS
  • Unlimited XL Axiata
  • Unlimited Indosat Ooredoo
  • Unlimited Smartfren
  • Unlimited by.U

Berikut 10 rekomendasi provider WiFi dengan harga berlangganan yang terjangkau.

  • IndiHome
  • First Media
  • MNC Play
  • MyRepublic
  • Biznet
  • ICONNet
  • CBN Fiber
  • Orbit Telkomsel
  • XL Fiber
  • Oxygen

Dari ulasan di atas, manakah yang lebih menguntungkan? Beli paket data atau langganan WiFi? Semua tergantung kebutuhan masing-masing pengguna.

Jika membutuh kuota internet yang banyak setiap bulannya, maka WiFi lebih menguntungkan. Namun, jika kamu hanya menghabiskan sedikit kuota setiap bulannya, beli paket data internet lebih disarankan.

Meningkatnya pengguna internet buat kamu tertarik punya usaha sampingan bermodal kecil dengan bisnis jual paket data internet? Kamu bisa bergabung jadi Mitra OttoPay.

Baca juga: Internet 5G di Indonesia Sudah Tersedia, Ini Harga Paket Datanya

OttoPay menyediakan jasa jual produk digital paket data dengan harga bersaing. Operator yang tersedia, ada berbagai macam. Proses pendaftarannya pun cepat. Selain jual paket data, kamu juga bisa jualan pulsa, layanan top up atau jual voucher game, token PLN, hingga melayani tagihan lainnya.
Banyak keuntungan yang didapatkan dengan jadi Mitra OttoPay, bukan?

Yuk, install OttoPay dan jualan produk digital sekarang juga! Jual beli paket data dan produk digital lainnya jadi mudah bersama OttoPay.

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: