Bayar Cicilan Motor Bisa di Mana Saja? Simak Penjelasannya!

8 Maret 2023
Bayar Cicilan Motor

Bagi banyak masyarakat Indonesia, memiliki kendaraan roda dua menjadi kebutuhan tersendiri. Tersedianya sistem kredit memudahkan semua orang memiliki motor impian mereka. Terlebih saat ini bayar cicilan motor juga semakin mudah berkat adanya teknologi digital.

Bagi kamu yang berencana membeli sepeda motor dengan skema cicilan, pembayaran angsuran motor biasanya dilakukan setiap bulan. Setiap perusahaan leasing atau lembaga pembiayaan umumnya memiliki tanggal jatuh tempo masing-masing. Karena itu, pastikan kamu melunasi cicilan motor kamu sebelum tanggal tersebut agar tidak kena denda.

Secara umum, cara bayar cicilan motor bisa dilakukan secara offline (langsung) maupun secara online. Simak penjelasannya berikut ini!

Bayar Cicilan Motor Offline

Bagi sebagian orang, membayar cicilan langsung atau secara offline dianggap jauh lebih mudah dan aman. Ada beberapa opsi pembayaran cicilan langsung yakni:

  • Kantor cabang tempat kamu mengajukan kredit. Ada beberapa perusahaan leasing yang beroperasi di Indonesia antara lain FIF Group, OTO Finance, Adira Finance, Indomobil Finance, CS Finance dan lain sebagainya. Biasanya konsumen akan mendapatkan kartu bukti pembayaran yang bisa diserahkan setiap kali cicilan dibayarkan. Kamu cukup datang dan lakukan pembayaran di loket yang sudah ditentukan dengan membawa kartu cicilan
  • Lewat Kantor Pos dan Indomaret/Alfamart. Pembayaran cicilan juga bisa dilakukan secara tunai lewat Kantor Pos dan Indomaret. Kamu hanya perlu membawa uang sesuai dengan jumlah cicilan kemudian memberikan nomor kontrak pada petugas. Pembayaranmu akan segera diproses. Jangan lupa minta struk sebagai bukti bayar.
  • Lewat teller bank. Cara pembayaran angsuran motor lewat teller bank juga sama dengan pembayaran lewat Kantor Pos. Kamu cukup memberitahukan nomor kontrakmu pada petugas dan serahkan uang sesuai jumlah tagihanmu.

Bayar Cicilan Motor Online

Bayar Cicilan Motor

Jika kamu ingin bayar cicilan motor dengan cara yang lebih praktis, opsi pembayaran online bisa jadi pilihan. Simak pembahasannya berikut ini!

Bayar Cicilan Motor Online Lewat ATM

Untuk melakukan pembayaran lewat ATM, pastikan kamu membawa kartu ATM dengan saldo yang mencukupi. Selanjutnya, datang ke ATM bank tempat kamu menabung. Selanjutnya, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Masukkan kartu ATM milikmu dan tekan nomor PIN yang benar
  • Pada menu, pilih “Transaksi Lainnya”
  • Selanjutnya, klik “Pembayaran” kemudian pilih di bagian menu “Pinjaman”
  • Di halaman berikutnya, kamu akan menemukan opsi perusahaan leasing, jika kamu mencicil lewat Adira Finance, maka pilih Adira Finance
  • Masukkan nomor kontrak/PK pada kolom yang tertera. Konfirmasi jumlah cicilanmu dan lakukan pembayaran. Transaksi selesai.

Bayar Cicilan Motor Online Lewat E-wallet

Saat ini beberapa perusahaan finansial yang menyediakan layanan e-wallet seperti OVO juga memungkinkan penggunanya untuk melakukan pembayaran langsung melalui aplikasi. Jika kamu ingin melakukan pembayaran lewat e-wallet, kamu harus menyediakan saldo yang mencukupi untuk membayar cicilan.

  • Login ke akun e-wallet milikmu lalu pilih opsi “Lainnya”
  • Selanjutnya scroll lagi sampai ke bawah dan temukan opsi “Angsuran Kredit”
  • Pilih kliring bank pembayaranmu. Masukkan nomor pelanggan/nomor kontrakmu selanjutnya pilih “Lanjutkan ke Pembayaran”
  • Detail cicilanmu akan muncul di layar. Klik “Konfirmasi”
  • Setelah sampai ke halaman pembayaran pilih “Bayar” dan gunakan “Saldo OVO” sebagai metode pembayaran. Konfirmasi dengan memasukkan PIN OVO kamu dan transaksi selesai.

Bayar Cicilan Motor Lewat Mitra OttoPay

Untuk kamu yang jauh dari kantor leasing atau Kantor Pos, sekarang bayar cicilan motor bisa dilakukan dengan mudah lewat mitra OttoPay. Cukup temukan mitra terdekat yang ada di kotamu kemudian berikan nomor kontrakmu. Pembayaranmu akan segera diproses secara real-time dengan biaya yang terjangkau.

Tertarik menjadi mitra OttoPay dan membantu orang-orang di sekelilingmu untuk lebih mudah bayar cicilan motor? Klik di sini dan daftarkan dirimu sekarang juga. Gratis!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: