Biar Nggak Boncos, Ini Tips Belanja Grosir Online!

9 Januari 2023
Grosir Online

Kamu perlu belanja grosir untuk memenuhi kebutuhan toko?  Asyiknya, kini kamu tak perlu repot-repot pergi ke pasar atau toko-toko besar yang menjual barang-barang grosir. Cukup beli secara online, kamu tinggal pilih dan barang-barang akan diantar ke tempat tujuan.

Namun, belanja grosir online bisa jadi bikin pengeluaranmu lebih besar, lho! Hal ini tentu perlu kamu hindari agar tidak mengacaukan bujet yang sudah kamu siapkan. Paling tidak, lakukan lima hal berikut saat belanja grosir secara online agar tak justru merugi.

Grosir Online
Sumber : Envato

1. Buat Daftar Kebutuhan 

Daftar belanja adalah catatan sederhana yang bisa membantumu mengelola keuangan belanja dengan baik. Daftar ini akan membantumu mengingat barang-barang apa saja yang kamu perlukan dan harus dibeli. Selain meminimalkan risiko lupa membeli barang yang penting, daftar ini juga memperkecil kemungkinan kamu membeli produk-produk yang akan mubazir.

Kamu pun dapat lebih fokus untuk mencari barang-barang yang diperlukan dan berbelanja lebih cepat. Sebab tak dapat dimungkiri, kebanyakan pengeluaran saat belanja yang membludak adalah untuk barang-barang impulsif yang dibeli karena kamu merasa punya banyak waktu untuk “melihat-lihat” produk lain, bukan?

Baca juga: Mau Buka Toko Kelontong? 10 Barang Ini Wajib Ada

2. Riset Merek Terbaik 

Sebelum menjelajahi platform belanja grosir online, kamu bisa melakukan riset mengenai merek apa yang akan dipilih. Tak cuma murah secara harga, perhatikan pula kualitas produk tersebut—apalagi jika kamu bakal menjualnya kembali.

Kamu juga bisa mempertimbangkan merek apa yang paling banyak dibeli oleh konsumenmu sehingga barang belanjaanmu akan menghasilkan profit dengan cepat. Kalaupun ingin mencoba bervariasi dengan merek baru, pertimbangkan pula seberapa besar kemungkinan konsumenmu akan beralih ke produk tersebut agar tak hanya menumpuk di gudang.

3. Belanja di Mitra UMKM 

Kini mulai banyak bermunculan platform yang melayani pembelian grosir secara online. Namun, tidak semua menawarkan harga dan layanan grosir terbaik. Beberapa bahkan hanya menjual barang dalam volume besar, tetapi harga yang dihitung tetaplah satuan (harga ecer).

Karena itu, belanja grosir online di platform yang dikhususkan untuk mitra UMKM adalah pilihan yang tepat. Platform ini cenderung menawarkan barang-barang grosir dengan harga terbaik.

4. Pertimbangkan Biaya Lain-Lain 

Produk yang ditawarkan di platform online relatif lebih murah dibandingkan kebanyakan produk yang dijual di toko offline. Namun, jangan mudah tergiur dengan harga produk tersebut. Ada beberapa biaya lain yang perlu kamu pertimbangkan sehingga pengeluaranmu tidak melonjak.

Salah satunya adalah biaya pengiriman. Makin besar volume belanjaan, makin besar pula biaya pengiriman yang harus kamu keluarkan. Walau begitu, beberapa pihak penjual grosir online menyediakan opsi pengiriman khusus sehingga biaya pengiriman dapat ditekan.

Baca Juga: 4 Tips Mengatur Keuangan Warung Kamu

5. Keamanan Pengiriman

Jangan sampai barang-barang yang sudah kamu beli sampai di tanganmu dalam kondisi rusak. Karena itu, perhatikan baik-baik metode pengiriman yang tersedia, termasuk apakah diperlukan pengemasan ekstra (yang biasanya menambah biaya) untuk memastikan barang-barang yang kamu beli sampai dalam kondisi yang baik.

Selain itu, kamu juga dapat memastikan apakah ada kebijakan retur atau bahkan refund apabila barang-barang yang kamu terima mengalami kerusakan. Pastikan hal-hal seperti ini sebelum kamu menyelesaikan transaksi dan ketahui prosedur serta ketentuan lain yang berlaku agar tak merugikanmu nantinya.

Belanja grosir online bisa jadi alternatif yang membantumu menjalankan usaha dengan lebih praktis dan efisien. Namun, pastikan kamu tetap cermat agar tak justru keluar lebih banyak pengeluaran, ya.

Kalau masih bingung memilih platform belanja grosir online terbaik untuk memenuhi kebutuhan usahamu, tak usah ragu untuk pilih OttoPay. Dengan jadi mitra grosir OttoPay, kamu bisa pilih barang dengan lebih gampang dengan harga terbaik. Cukup pilih dari aplikasi, barang akan sampai di tempatmu dengan aman.

Kamu pun tak perlu pusing soal biaya pengiriman. Dengan menjadi mitra grosir UMKM OttoPay, barang belanjaan akan langsung oleh pihak OttoPay secara langsung tanpa tambahan ongkir!

Jadi, tunggu apa lagi? Gabung jadi mitra grosir UMKM OttoPay sekarang untuk usaha yang lebih lancar dan mudah!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: