5 Franchise Kopi Kekinian di Bawah 10 Juta, Cocok Buat Pemula

19 Desember 2023

Nongkrong di warung kopi sudah menjadi gaya hidup banyak kawula muda. Tren ini diiringi dengan makin menjamurnya outlet kopi. Mulai dari kafe, kedai kopi, coffee to go, dan masih banyak lagi. Bahkan bisnis franchise kopi pun terus bermunculan. Kalau kamu butuh ide franchise yang gak ribet, franchise kopi bisa kamu jadikan pertimbangan.

5 Rekomendasi Franchise Kopi di Bawah 10 Juta 

Pada 2019, jumlah kedai kopi yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia mencapai lebih dari 2.900 gerai. Bahkan angka tersebut diprediksi telah bertambah pada tahun ini. Mayoritas dari kedai tersebut adalah bagian dari franchise.

Nah, kalau kamu butuh rekomendasi franchise yang terjangkau, berikut ada beberapa yang bisa kamu beli dengan modal di bawah 10 juta. Yuk, simak!

1. Pesona Coffee

Rekomendasi yang pertama adalah Pesona Coffee. Salah satu menu andalan franchise  ini adalah lemon coffee, soy coffee, dan barley coffee. Untuk menjadi mitra Pesona Coffee, kamu perlu menyiapkan modal mulai dari 7,7 juta saja. Harga ini sudah mencakup semua fasilitas yang ditawarkan oleh Pesona Coffee, mulai dari booth hingga cup dengan desain menarik.

2. Sure Coffee

Sure Coffee adalah salah satu waralaba kopi yang tak kalah dengan franchise kopi ternama. Menariknya, harga waralaba Sure Coffee cukup terjangkau dengan pilihan menu kopi dan makanan (toast) yang beragam. Biaya kemitraannya hanya sekitar 7,9 juta saja, sudah termasuk fasilitas kedai kopi. Banyak lho IRT dan pensiunan yang menjadi mitra kopi kekinian ini.

3. aKademi Kopi

Ide franchise selanjutnya datang dari merek aKademi Kopi. Untuk menjadi mitra merek satu ini, kamu hanya butuh modal sekitar 3,9 juta sampai 5,2 juta saja. Murah banget kan? Dengan harga tersebut, kamu sudah mendapatkan perlengkapan dan peralatan lengkap. Mulai dari booth, cup, bahan baku, dan roll banner.

4. Kopi Ruang Kosong

Kopi Ruang Kosong menawarkan kemitraan yang cukup terjangkau, yakni mulai dari 8,7 jutaan saja. Harga ini sudah termasuk perlengkapan dan peralatan untuk mendirikan booth. Untuk menunya sendiri tak jauh berbeda dari merek kopi kekinian lainnya. Ada dalgona, kopi susu, kopi rum, dan aneka ragam minuman non kopi.

5. Kopi Nyopee

Rekomendasi ide franchise kopi terakhir adalah Kopi Nyopee. Untuk bisa menjadi mitra merek kopi kekinian ini, kamu butuh modal mulai dari 7,4 juta saja. Meski terjangkau, rasa kopi yang ditawarkan banyak digemari oleh kawula muda. Oh iya, pihak Nyopee juga menyebutkan kalau kamu bisa meraup keuntungan sekitar 400 ribu sehari dengan menjual kurang lebih 40 cup.

Tips Singkat Mengelola Bisnis Franchise Kopi 

Menjadi mitra dari suatu franchise kopi bukanlah hal yang mudah. Agar kemitraan dapat terus berjalan dan kamu tidak mengalami kerugiaan, ada beberapa tips yang perlu kamu tahu.

1. Pilih lokasi yang strategis

Pilih lokasi yang ramai dilalui masyarakat umum dan boleh dijadikan tempat usaha. Contohnya area dekat sekolah atau kampus, perkantoran, pusat perbelanjaan, alun-alun, dan lain sebagainya. Pastikan pula harga sewa lokasi sesuai dengan harga pasar dan tidak melebihi harga pasaran merek kopi yang kamu jual.

2. Gunakan strategi pemasaran yang efektif dan efisien

Kamu bisa menggunakan media sosial untuk mempromosikan bisnis kamu. Caranya dengan membuat konten-konten yang berkualitas. Misalnya menggunakan foto produk yang jelas, caption menarik, dan kalau bisa disertai dengan promo agar target pasar tertarik.

3. Manfaatkan software POS

Bila kamu memutuskan menjadi mitra dari suatu franchise kopi, berarti kamu harus memiliki software POS. Program ini berguna untuk mempermudah transaksi bisnis. Cara kerjanya seperti mesin kasir, namun lebih dari itu. Sebab, kamu juga bisa mengontrol stok barang, mengetahui laporan penjualan, menerima pembayaran dari banyak platform, dan sebagainya.

Salah satu POS yang bisa kamu gunakan adalah HelloBill. Layanan ini bisa kamu dapatkan dengan menjadi mitra OttoPay. Dengan menggunakan HelloBill, menjalankan ide franchise kopi akan semakin efektif dan efisien. Maka dari itu, yuk gabung menjadi mitra OttoPay sekarang juga.

Tias Mellynia

Tias Mellynia

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: