CBN vs IndiHome, Pilih Mana? Cek Komparasinya Lebih Dulu!

2 Februari 2023
CBN vs IndiHome

Internet CBN vs IndiHome, mana yang terbaik? Kedua provider menyediakan internet harga ramah kantong berkecepatan tinggi. Baik CBN maupun IndiHome memiliki cakupan luas yang bisa dinikmati oleh pelanggan di kota besar dan daerah. Tak heran apabila keduanya menjadi favorit masyarakat.

CBN vs IndiHome
Sumber : Envato

Sekilas Tentang Internet CBN dan IndiHome 

Internet CBN merupakan layanan internet milik PT Cyberindo Aditama. Perusahaan swasta ini adalah pelopor ISP (Internet Service Provider) yang berdiri sejak 1996. Provider ini menghadirkan layanan internet fiber dengan kecepatan hingga 940 Mbps. Lantaran menggunakan fiber, internet CBN memungkinkan proses unggah dan unduh data berkapasitas besar dilakukan dalam waktu singkat. 

IndiHome merupakan layanan internet milik Telkom Group, Badan Usaha Milik Negara (BUMN). IndiHome adalah salah satu program dari proyek Indonesia Digital Network yang pertama kali diluncurkan pada 2015. Untuk mewujudkan program tersebut, Telkom bekerja sama dengan sejumlah pengembang teknologi komunikasi. Sejak kemunculannya, provider ini berkembang dengan cepat hingga memiliki puluhan juta pengguna. 

Baca juga: Penyebab dan Cara Atasi Jaringan Internet Hilang Meski Kuota Masih Banyak

Komparasi CBN vs IndiHome 

Sebelum menentukan pilihan, simak komparasi CBN vs IndiHome berikut ini. 

Jenis Layanan, Kecepatan, dan Harga 

CBN menawarkan paket internet fiber termurah, yakni: 

  • CBN FIBER 20: kecepatan maksimum 40 Mbps Rp299 ribu sudah termasuk Dens. TV dan Apps FTA Channel.
  • CBN FIBER 50: kecepatan maksimum 50 Mbps Rp399 ribu sudah termasuk Dens. TV dan Apps FTA Channel.
  • CBN FIBER 100: kecepatan maksimum 200 Mbps Rp799 ribu sudah termasuk Dens. TV dan Apps FTA Channel.
  • CBN FIBER 300: kecepatan maksimum 300 Mbps Rp1.399 ribu sudah termasuk Dens. TV dan Apps FTA Channel. 
  • CBN FIBER 1 GB: kecepatan maksimum 1 Gbps. Untuk harga paket internet, kamu bisa menghubungi customer service CBN langsung. 
  • CBN FIBER SOHO 30: kecepatan maksimum 30 Mbps Rp499 ribu, kontrak minimal 12 bulan.
  • CBN FIBER SOHO 50: kecepatan maksimum 50 Mbps Rp899 ribu, kontrak minimal 12 bulan.
  • CBN FIBER SOHO 100: kecepatan maksimum 100 Mbps Rp1.399 ribu, kontrak minimal 12 bulan.

IndiHome menyediakan internet bulanan dengan pilihan paket, sebagai berikut.

  • Paket (1P) Internet Only: kecepatan maksimum 30 Mbps Rp280 ribu atau Rp295 ribu termasuk Disney+ Hotstar dan kecepatan maksimum 40 Mbps Rp310 ribu.
  • Paket (2P) Internet + Phone dan Disney+ Hotstar: kecepatan maksimum 20 Mbps Rp275 ribu, kecepatan maksimum 30 Mbps Rp315 ribu, kecepatan maksimum 50 Mbps Rp445 ribu, dan kecepatan maksimum 100 Mbps Rp795 ribu.
  • Paket (2P) Internet + TV dan Disney+ Hotstar: kecepatan maksimum 30 Mbps Rp370 ribu, kecepatan maksimum 50 Mbps Rp595 ribu, dan kecepatan maksimum 100 Mbps Rp945 ribu.
  • Paket (3P) Internet + TV + Phone: kecepatan maksimum 30 Mbps Rp385 ribu, kecepatan maksimum 50 Mbps Rp615 ribu, dan kecepatan maksimum 100 Mbps Rp965 ribu.

Baca juga: Internet 5G di Indonesia Sudah Tersedia, Ini Harga Paket Datanya

Latensi Internet 

Latensi internet menunjukkan waktu yang diperlukan data untuk mentransfer seluruh jaringan. Latensi CBN di Kota Jakarta 1,2 ms dan di Kota Surabaya sebesar 35 ms, sedangkan latensi IndiHome di Kota Jakarta 0,7 ms dan di Kota Surabaya 3,6 ms. 

Cakupan Jaringan Internet 

Cakupan jaringan internet CBN masih terbatas di beberapa kota besar dan daerah, yakni Medan, Palembang, Cirebon, Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Jember, Madiun, Kediri, Sidoarjo, Malang, Denpasar, Jembrana, Badung, Tabanan, dan Gianyar. Dibandingkan CBN, cakupan internet IndiHome lebih luas karena tersedia dari Sabang sampai Merauke. 

Demikianlah perbandingan internet CBN vs IndiHome yang bisa kamu jadikan pertimbangan sebelum memilih. Kalau kamu pengguna salah satu layanan internet tersebut, pilih OttoPay untuk kemudahan pembayaran. Nikmati pembayaran tagihan internet CBN dan IndiHome lebih praktis, aman, dan bonus cashback setiap kali transaksi. Tertarik? Yuk, instal aplikasinya sekarang!   

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: