Ini Caranya Dapat Dana Talangan dari Bank!

3 Mei 2023
Dana Talangan

Bagi kamu yang kerap melakukan transaksi pembayaran baik untuk tujuan pribadi maupun bisnis, istilah dana talangan tentu sudah tidak asing lagi. Dana talangan adalah dana yang dipakai untuk menalangi suatu pembayaran terlebih dahulu. 

Hampir semua bank di Indonesia menyediakan fasilitas dana talangan. Masing-masing dengan tujuan yang berbeda-beda. Ada yang untuk pembayaran kartu kredit, memperbesar volume bisnis, hingga untuk kebutuhan ibadah seperti haji dan umroh. Simak lebih jauh mengenai dana talangan, manfaat, serta cara mendapatkannya berikut ini!

Dana Talangan
Sumber : Envato

Apa Itu Dana Talangan dan Manfaatnya

Menurut Otoritas Jasa Keuangan, dana talangan adalah dana yang disediakan oleh Bank Indonesia untuk kebutuhan pembayaran terlebih dahulu (menalangi) kepada kreditur bank. Nantinya, dana tersebut akan menjadi utang bank kepada Bank Indonesia.

Dana talangan memiliki sejumlah manfaat antara lain:

  • Untuk mendanai pembayaran utang yang telah jatuh tempo tetapi debitur belum punya uang tunai untuk melunasinya
  • Untuk membiayai berbagai kebutuhan yang mendesak
  • Untuk meningkatkan volume bisnis.

Selain berbagai manfaat di atas, dana talangan juga punya kelemahan, yakni besaran bunga yang dikenakan umumnya lebih besar dari kredit atau pinjaman lainnya. Karena itu, sebelum mengajukan permintaan dana talangan, kamu harus memahami terlebih dahulu aturan serta besaran bunga yang dikenakan oleh bank terkait.

Siapa Saja yang Berhak Mendapatkan Dana Talangan?

Setiap bank yang menyediakan dana talangan memiliki persyaratan tertentu terkait penerima talangan. Bagi kamu yang menjadi mitra OttoPay dan ingin meningkatkan volume bisnis, kamu bisa memperoleh dana talangan dari Bank Mandiri. Dana talangan Bank Mandiri adalah fasilitas kredit talangan dari Bank Mandiri untuk mitra OttoPay terpilih. Selain memenuhi syarat, pengajuan dana talanganmu juga harus mendapatkan persetujuan.

Baca Juga: 6 Ide Bisnis Minim Modal, Bisa Dijalankan Oleh Siapa Saja!

Untuk mendapatkan penawaran dana talangan dari Bank Mandiri kamu harus:

  • Menjadi mitra OttoPay dengan level merchant Gold
  • Memiliki tabungan di Bank Mandiri (tercatat sebagai nasabah)
  • Individu berumur minimal 21 tahun atau sudah menikah ketika membuat perjanjian kredit dan berumur maksimal 65 tahun ketika kredit lunas
  • Melakukan BI checking lewat SLIK OJK. Kamu harus memiliki status kredit yang baik (tidak punya pinjaman lain atau jika sedang memiliki kredit lain, skor kolektibilitasnya harus lancar).

Bagi mitra OttoPay, mengajukan permintaan dana talangan memiliki sejumlah keuntungan dibandingkan kredit lainnya:

  • Produk yang ditawarkan adalah plafon/limit kredit sehingga bisa digunakan berulangkali selama limitnya masih ada dan kamu tidak menunggak pembayaran tagihan yang sudah ada sebelumnya.
  • Proses pengajuan lebih mudah, cepat, dan tanpa menggunakan agunan.
  • Tidak perlu datang ke bank. Proses pengajuan dana talangan hanya perlu kamu lakukan lewat aplikasi OttoPay.
  • Persyaratannya mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan KTP, NPWP, serta foto selfie dengan KTP.

Bagaimana Cara Mendapatkan Dana Talangan?

Untuk mendapatkan dana talangan sebagai mitra OttoPay, kamu bisa melakukannya langsung di aplikasi OttoPay. Kamu akan diminta untuk mengunggah beberapa berkas termasuk:

  • Data pribadi lengkap
  • Foto eKTP dan selfie dengan eKTP
  • Untuk peminjaman dengan dana talangan di atas Rp50 juta wajib menyertakan NPWP
  • Memasukkan nomor rekening Bank Mandiri (milik pribadimu)
  • Alamat email yang masih aktif.

Setelah semua berkas yang diminta kamu masukkan, kamu harus menunggu sampai pinjamanmu disetujui (biasanya dalam 3 hari kerja). Perlu diketahui bahwa besaran dana yang disetujui tergantung pada penilaian bank.

Baca Juga: Mau Berbisnis? Ini 7 Cara Mudah Mendapatkan Modal Usaha

Dana talangan merupakan salah satu cara mendapatkan kredit untuk memperbesar volume usahamu. Dengan menjadi mitra OttoPay, kamu bisa melakukannya lebih mudah dan praktis.

Yuk, gabung jadi mitra OttoPay dan ajukan Dana Talangan hingga 25 juta!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: