Air bersih
April 2022

Apa Yang Terjadi Kalau Kita Nggak Punya Air Bersih?

“Air adalah sumber kehidupan.” Istilah ini benar banget ya, teman-teman. Saat ada akses air bersih, kita mungkin nggak menyadari betapa kita bergantung pada ketersediaan. Bayangin aja, sehari nggak ada air bersih di rumah, seberapa kacau keadaan yang harus kita hadapi? Sebagai gambaran, ini dia apa yang bisa terjadi kalau kita nggak punya air bersih.

1. Nggak bisa mandi dan mencuci

Sebagai warga negara Indonesia yang letaknya di garis khatulistiwa dan beriklim tropis, mandi dua hari sekali sudah menjadi suatu hal yang wajib. Apalagi setelah aktivitas di luar, terkena debu dan polusi. Begitu pun dengan kegiatan mencuci pakaian. 

Di tengah kondisi pandemi yang belum usai, membersihkan diri jadi aktivitas yang sangat penting dilakukan secara rutin. Tanpa air bersih, apa yang bisa kita lakukan untuk membersihkan diri? 

Selain mandi dan mencuci pakaian, kita juga bergantung pada air bersih untuk kegiatan sehari-hari. Sebut saja mencuci peralatan makan, mencuci tangan, dan membersihkan berbagai hal lainnya. Duh, repot banget kan jadinya…

2. Nggak bisa bercocok tanam

Tanaman juga merupakan makhluk hidup yang butuh asupan penting, salah satunya air bersih setidaknya setiap beberapa hari sekali, tergantung dari jenis tanamannya. Pada tanaman di rumah, kamu bisa mengakalinya dengan menampung air hujan untuk memastikan tanaman tidak kekeringan. Tapi, tanpa air bersih, tentunya akan sangat merepotkan jika kamu memiliki tanaman dalam jumlah banyak.

3. Terkena penyakit

Kekurangan, apalagi tidak adanya air bersih bisa memiliki banyak dampak ke kesehatan. Tanpa air bersih, asupan untuk minum dan membersihkan makanan juga menjadi tidak terjamin. Begitu juga dengan fasilitas sanitasi yang jadi tidak layak karena tidak ada air bersih. Krisis air berarti krisis kesehatan. 

Selain dari sanitasi yang buruk, ada beberapa jenis penyakit yang dapat terjadi akibat kekurangan air bersih untuk menjaga kebersihan diri. Misalnya infeksi pencernaan yang menyebabkan disentri, penyakit kulit menular, dan penyakit mata seperti trakoma dan konjungtivitis virus.

4. Harus mengeluarkan biaya lebih

Memang sih, kita masih bisa mencari alternatif air bersih dengan membeli air kemasan untuk dikonsumsi. Tapi, hal ini mengharuskan kita mengeluarkan biaya lebih. Bayangkan kalau harus beli air kemasan setiap ingin minum dan melakukan berbagai aktivitas yang butuh air.

Jadi, udah tahu kan apa yang terjadi kalau nggak punya air bersih? Untungnya, akses air bersih tersedia melalui Perusahaan Daerah Air Minum yang mendistribusikan air bersih bagi masyarakat umum. PDAM terdapat di setiap provinsi, kabupaten, dan kotamadya di seluruh Indonesia. Dengan berlangganan PDAM, akses air bersih terpenuhi untuk beragam kebutuhan sehari-hari. Kamu dapat dengan mudah mendaftar untuk berlangganan. 

Kamu juga nggak perlu bingung untuk pembayaran bulanannya. Supaya air bersih tetap mengalir, kamu bisa melakukan pembayaran melalui aplikasi OttoPay.

Tinggal ikuti cara mudah berikut ini:

  1. Buka aplikasi OttoPay
  2. Geser ke Menu Isi Ulang dan Tagihan
  3. Pilih Lainnya
  4. Pilih Air PDAM
  5. Pilih layanan PDAM yang akan dibayar
  6. Masukkan nomor pelanggan
  7. Cek tagihan
  8. Lanjutkan proses pembayaran hingga selesai.

Bayar tagihan PDAM dengan OttoPay, akses air bersih tetap mengalir tanpa ribet!

Sumber: Sehatq

Artikel Terpopuler
Tag Terpopuler