6 Tips Supaya Tampilan Toko Menarik Tanpa Perlu Keluar Banyak Modal

21 Februari 2023
6 Tips Supaya Tampilan Toko Menarik Tanpa Perlu Keluar Banyak Modal

Sumber gambar: Simplygroup.co.id

Memulai bisnis dari rumah secara online kadang membuat orang lupa tentang pentingnya desain toko. Kebanyakan pelaku usaha fokus pada memberikan harga bersaing dan meningkatkan angka penjualan setinggi-tingginya.

Jual beli online memang sedang melesat. Namun, jangan lupa masih ada sebagian pelanggan yang ingin datang langsung ke toko untuk mengecek sendiri barang yang hendak dibeli. Maka, kamu pun perlu merancang seperti apa tampilan toko yang sesuai untuk bisnis ini. 

Meski toko fisik milikmu terbilang kecil, tetap perlu desain toko yang apik dan mampu memikat pelanggan datang kembali. Tanpa perlu mengeluarkan banyak modal, apa saja yang bisa kamu lakukan untuk mendesain toko kecil di rumah?

1. Daur Ulang Barang Bekas

Kamu punya barang-barang bekas yang bisa didaur ulang? Jadikan barang tersebut sebagai salah satu perabot atau ornamen toko. Contoh, nakas atau meja kecil samping tempat tidur dapat dicat ulang dengan warna senada tema toko dan difungsikan sebagai etalase barang-barang kecil seperti aksesori. 

2. Pikat dengan Fasad Menarik

Bagian depan toko merepresentasikan bagian dalam toko. Tampilkan produk-produk unggulan yang dijual di etalase depan toko. Tegaskan tema desain ruang toko secara keseluruhan sejak di bagian luar supaya mencuri perhatian orang untuk mampir menengok apa yang tersaji di dalam toko.

3. Furnitur Seken Layak Dilirik

Ingin menerapkan desain toko minimalis, tetapi khawatir dengan harga furnitur yang mahal? Coba saja berburu furnitur seken alias preloved dengan kualitas bagus. Biasanya, harga perabotan rumah tangga seken jauh lebih miring daripada harga baru di toko. Tinggal poles sedikit dan sesuaikan dengan tema toko, furnitur seken pun bisa terlihat baru dan cocok mengisi tokomu.

4. Bangun Pengalaman Belanja dengan Tema Desain Toko Menarik

Sesuaikan tema desain dengan produk yang dijual di tokomu. Kemudian, coba bangun pengalaman belanja yang kreatif dan menarik agar pelanggan merasa senang dan betah berbelanja di toko. 

Contoh, kamu menjual produk pakaian menyusui dan gendongan bayi, pertimbangkan menerapkan tema bermain pada beberapa bagian toko. Selain etalase berisi barang tersebut, kamu bisa menyediakan sudut bermain untuk pelanggan yang datang bersama anak. Jadi, saat ibu sedang memilih pakaian, anak dapat asyik bermain. 

5. Cermati Pencahayaan Interior Toko

Siapa sih yang tidak menyukai toko dengan pencahayaan terang? Apalagi, toko kecil bergantung pada penataan cahaya untuk memberikan kesan luas. Pun pencahayaan pada produk yang dijual. 

Dengan cahaya yang tepat, pembeli bisa melihat jelas bagaimana warna asli produk maupun menampilkan produk secara lebih menarik daripada wujud aslinya. Untuk itu, kamu cukup memasang lampu sentral, lampu gantung, dan lampu dekoratif dengan warna cahaya yang pas guna membangun suasana sekaligus menonjolkan produk. 

6. Dekorasi Ulang Secara Rutin

Tips desain toko tanpa keluar banyak modal yang terakhir adalah lakukan dekorasi ulang secara rutin. Cara ini jelas menghemat pengeluaran karena kamu cukup memanfaatkan barang yang ada saja, tidak perlu membeli baru. 

Misalnya, ganti produk yang di rak etalase dengan produk terbaru. Kemudian, ubah posisi beberapa furnitur untuk memberikan kesan berbeda. Pakai elemen hasil daur ulang guna mempercantik tampilan toko. Dengan mengubah tata letak furnitur dan dekorasi, toko terlihat berbeda dan segar di mata pelanggan.

Desain toko, meski hanya mengisi ruangan kecil, sama pentingnya dengan menentukan harga dan promosi. Calon pembeli bisa datang kapan saja ke toko dan merasakan serunya berbelanja langsung alih-alih belanja online. Menciptakan kesan positif dan pengalaman belanja menyenangkan akan berpengaruh pada perkembangan usaha, serta memikat lebih banyak pelanggan. 

Bukan hanya mempersiapkan tampilan toko menarik, kamu juga bisa menawarkan pengalaman bertransaksi digital kepada pelanggan dengan OttoPay. Cukup satu aplikasi saja untuk semua solusi bisnis UMKM masa kini, mulai dari pencatatan transaksi digital, pembayaran non tunai, hingga penjualan produk digital.

Ayo, kelola toko kamu lebih mudah dengan download OttoPay di PlayStore sekarang!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: