Terapkan 5 Tips Berikut Biar Pelanggan Setia ke Warung Anda

21 Februari 2023
Terapkan 5 Tips Berikut Biar Pelanggan Setia ke Warung Anda

Membuat pelanggan setia memang bukanlah perkara mudah. Ibarat pepatah ‘mempertahankan sesuatu lebih susah dibanding mendapatkannya’, mempertahankan pelanggan agar tetap mau mengunjungi warungmu tentu membuat tantangan tersendiri. Hal ini akan makin terasa jika bisnis kamu punya banyak kompetitor.

Nah, inilah yang bisa jadi problem pemilik warung kelontong: membuat pelanggan tetap setia untuk berbelanja ke warung mereka. Sebagaimana kita ketahui, bisnis toko kelontong bukanlah bisnis yang hanya punya satu dua kompetitor. Tak hanya sesama toko kelontong saja, kamu juga perlu bersaing dengan toko kelontong modern alias minimarket.

Penasaran bagaimana cara agar pelanggan setia ke warung atau toko kelontongmu? Berikut ulasannya.

Cara Agar Pelanggan Setia ke Warung Kamu

Supaya pelanggan tetap setia berbelanja di warung atau toko kelontongmu, ada beberapa cara menjaga pelanggan agar tetap setia yang bisa kamu terapkan. Tips-tips tersebut meliputi:

1. Jaga Komunikasi Tetap Baik

Saat awal berjumpa dengan pelanggan, tentu kamu akan berusaha untuk memberikan impresi terbaik. Seiring berjalannya waktu, bukan tidak mungkin komunikasi yang kamu lakukan dengan pelanggan menurun kualitasnya. Padahal, kualitas komunikasi dengan pelanggan sangat berpengaruh terhadap penjualan, lho. 

Maka dari itu, kalau kamu mau punya pelanggan setia, tetap pertahankan komunikasi baik dengan pelanggan-pelangganmu, ya!

2. Beri Penawaran Personal 

Apa yang dimaksud dengan penawaran personal? Singkatnya, kamu sebagai pemilik bisnis perlu sesekali memberikan ‘perlakuan istimewa’ bagi pelanggan yang sering datang dan berbelanja ke warung/tokomu. Misalnya dengan memberikan potongan harga, bonus barang, atau hal lainnya. 

Ada cukup banyak benefit yang bisa kamu peroleh jika kamu memberikan penawaran personal untuk pelanggan-pelangganmu. Salah satunya adalah pelangganmu bisa merasa spesial dengan adanya penawaran personal itu. Selain itu, jika kamu memberikan penawaran personal sesuai dengan hal yang dibutuhkan pelanggan, besar kemungkinan pelanggan akan merasa dimengerti. Berawal dari situlah pelanggan tersebut bisa menjadi pelanggan setia. 

3. Berikan Pelayanan yang Tetap Berkualitas

Segala bentuk pelayanan pun perlu kamu pertahankan kualitasnya. Pelayanan sendiri ini bisa hadir dalam berbagai macam bentuk. Misalnya saja kecepatan respons pelayanan, kemudahan transaksi, bahkan hingga kebersihan dan kerapian warung/toko kelontongmu. 

Meskipun warung/toko kelontong kamu sudah menjadi toko kelontong rujukan banyak orang, senantiasa menjaga kualitas pelayanan yang ada di tokomu adalah suatu kewajiban. Dengan demikian, pelangganmu ogah untuk pindah ke lain hati.  

4. Tangani Keluhan Pelanggan dengan Baik

Cara agar pelanggan tetap setia selanjutnya adalah menangani keluhan pelanggan dengan baik. Menangani keluhan pelanggan dengan baik menjadi salah satu skill yang perlu kamu kuasai dengan baik. Kepiawaianmu untuk menangani keluhan pelanggan bisa membuat para pelangganmu betah berlangganan di warung/tokomu.

Dalam menangani keluhan pelanggan, sangat disarankan  untuk pintar-pintar melakukan negosiasi dengan mereka. Menangani keluhan dengan baik tidak berarti kamu harus menuruti semua keinginan mereka, kok. Jangan sampai karena satu pelanggan saja kamu sampai rugi dalam jumlah yang cukup besar, ya!

Ketika menghadapi suatu konflik, utamakan untuk berdiskusi dan mencapai titik tengah bersama pelangganmu. Dengan demikian, jalan tengah bisa kamu capai dan kedua belah pihak tidak ada yang merasa dirugikan.

5. Cek Kompetitor dan Kembangkan Tokomu

Seberapa penting, sih, belajar dari kompetitor? Jika kamu adalah pengusaha baru, maka belajar dari kompetitor merupakan hal yang penting. Pasalnya, kompetitor—apalagi yang sudah sukses cukup lama—sudah lebih berpengalaman dalam memenuhi demand dari masyarakat. Nah, coba kamu analisis hal apa saja yang bisa mendukung kesuksesan toko tersebut. 

Tak lupa, kamu juga perlu tahu harga pasaran untuk produk yang dijual dari mereka. Lalu, sesuaikan harga di tokomu dengan harga yang mereka punya. Jika memungkinkan, berikan harga yang lebih murah. Bagaimanapun juga, harga murah adalah salah satu faktor penting yang bisa membuat para pelanggan setia

Selain mempelajari demand dan harga yang berlaku di masyarakat dari kompetitor, kamu juga perlu menyeimbangkan tokomu dengan sesuatu yang bersifat inovatif. 

Misalnya, jika kebanyakan toko kelontong belum menyediakan produk digital, kamu bisa berinovasi dengan menghadirkan wadah bagi pelanggan setia yang ingin membeli produk-produk digital. Produk digital yang dimaksud meliputi pulsa, kuota internet, token listrik, dsb. 

Nah, buat kamu yang ingin toko kelontong atau warungmu lebih maju dengan menjual produk-produk digital, OttoPay bisa jadi solusinya. Kamu hanya perlu unduh aplikasi OttoPay di PlayStore, lanjutkan proses registrasi. Setelah itu, mulailah berjualan beragam produk digital di toko kelontongmu. 
Yuk, bikin tokomu jadi makin cuan bersama OttoPay!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: