Jangan Dianggap Sepele! Ini Pentingnya Rekonsiliasi untuk Bisnis Anda

6 Februari 2024

Rekonsiliasi merupakan hal penting yang dilakukan para pemilik bisnis dalam kurun waktu satu bulan sekali. Proses ini dilakukan untuk mencocokkan catatan di pembukuan perusahaan dengan laporan transaksi rekening bank perusahaan. Meski terlihat sepele, rekonsiliasi memiliki memiliki banyak manfaat penting untuk kelangsungan bisnis yang Kamu miliki. Apa saja? Simak penjelasannya berikut ini. 

Rekonsiliasi Bisnis
Sumber : Envato

Kontrol Keuangan 

Manfaat pertama dari proses rekonsiliasi adalah menjadi alat kontrol internal untuk manajemen kas sebuah perusahaan. Karena dilakukan pengecekan dengan teliti, Kamu sebagai pemilik bisnis bisa mengetahui apakah penggunaan dana sudah tepat sasaran atau belum atau belum.

Bila dilakukan secara rutin, Kamu dapat mengetahui bagaimana kondisi keadaan keuangan perusahaan terkini. Ini sangat penting agar manajemen dapat memutuskan rencana kegiatan dan operasional yang akan dilakukan serta bagaimana proses pengambilan keputusan terutama soal alokasi anggaran.

Verifikasi Hasil Pencatatan

Verifikasi keuangan sangat penting dalam mengukur kesehatan keuangan sebuah perusahaan. Hal ini juga terjadi saat manajemen keuangan melakukan proses rekonsiliasi. Dari proses verifikasi akan diketahui apakah terdapat kesalahan pencatatan yang dilakukan oleh staff keuangan perusahaan. 

Perbaikan Jika Ada Human Error 

Rekonsiliasi juga sangat penting untuk memperbaiki kesalahan yang terjadi akibat kelalaian pegawai atau human error dari staff keuangan perusahaan. Salah satu penyebab adanya perbedaan antara saldo di rekening koran dan saldo di buku kas perusahaan  yaitu pencatatan keuangan yang keliru. Mulai dari salah memasukan jumlah nominal, adanya proses transaksi yang lupa dicatat hingga pembayaran ganda. 

Kasus human error sering terjadi pada perusahaan yang masih melakukan pembukuan keuangan secara manual. Karena itu, disarankan agar perusahaan beralih ke sistem digital demi meminimalkan kesalahan dalam proses pencatatan keuangan. Carilah layanan yang menawarkan kemudahan untuk akses laporan perusahaan serta terintegrasi dalam satu dashboard

Deteksi Dini Kecurangan 

Dalam proses berjalannya perusahaan, tidak dapat dipungkiri masih saja ada oknum nakal yang mencoba memanfaatkan dana untuk kepentingan pribadinya. Tentu ini tak hanya merugikan perusahaan secara finansial namun juga memberikan citra buruk bagi perusahaan di mata publik. Kecurangan ini bisa dideteksi lebih dini dalam proses rekonsiliasi

Beberapa hal yang dilakukan para oknum yang berbuat curang ini misalnya membuat transaksi fiktif, pencatatan dana yang tidak sesuai, serta pembayaran transaksi lebih dari satu kali. Terkadang transaksi-transaksi curang ini tidak akan terlihat pada awalnya. Namun setelah dilakukan verifikasi dengan lebih detail, adanya potensi kecurangan akan muncul sehingga bisa ditangani dengan baik.  

Media informasi bagi klien

Manfaat penting terakhir dari rekonsiliasi adalah menjadi media atau tempat verifikasi informasi bagi para klien atas pembayaran produk yang sudah dipesan maupun piutang usaha yang masih tertanggung. 

Dalam beberapa kasus, pembayaran yang sudah dilakukan perusahaan tidak muncul dalam laporan mutasi bank hingga bulan berikutnya. Bahkan jika lalai, pegawai di bagian keuangan tidak sengaja menceklis pembayaran. Hal ini dapat terjadi ketika Kamu membuat banyak entri atau sudah melakukan pembayaran namun belum diterima. Adanya rekonsiliasi juga bisa menjadi bukti bagi Kamu bila hendak menagih piutang perusahaan yang belum dilunasi. 

Demikianlah manfaat penting dari proses rekonsiliasi dalam sebuah perusahaan. Karena itu, proses ini wajib dilakukan secara rutin minimal satu bulan sekali demi menjaga kesehatan keuangan perusahaan. 

Agar memudahkan perusahaan dalam proses rekonsiliasi keuangan, Kamu bisa memanfaatkan layanan dari OttoPay.  OttoPay menawarkan berbagai macam layanan, dapat disesuaikan sesuai kebutuhan bisnis yang Kamu miliki. 

Salah satunya, adalah layanan Business Portal yang membantumu mencatat semua transaksi oleh pelanggan dan merchant dalam pencatatan laporan keuangan. Ini akan membantu perusahaan mengatur cashflow dan meminimalkan terjadinya human error.

Tunggu apalagi? Segera bergabung sebagai mitra bisnis OttoPay dan rasakan kemudahan dan kenyamanan dalam berbisnis.

Tias Mellynia

Tias Mellynia

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: