Mengapa Kamu Perlu BPJS Kesehatan Meski Sudah Punya Asuransi Swasta Lainnya?

16 Mei 2023
Pentingnya BPJS Kesehatan

Saat ini ada berbagai perusahaan jasa asuransi di Indonesia. Misalnya saja seperti Allianz, AXA Mandiri, Prudential, AIA, dan lain sebagainya. Selain dari swasta, ada juga asuransi resmi yang termasuk ke dalam program jaminan sosial negara, yaitu BPJS Kesehatan. 

Kamu mungkin sudah terdaftar sebagai pemilik polis asuransi swasta yang beroperasi di Indonesia. Meski begitu, banyak pihak menyarankan untuk tetap memiliki BPJS Kesehatan. 

Memangnya, apa pentingnya BPJS Kesehatan? Benefit apa yang bisa didapatkan dengan mengikuti program ini? Kamu bisa mengetahui jawabannya dengan membaca artikel-artikel berikut.

Pentingnya BPJS Kesehatan
Sumber : Envato

Benefit BPJS Dibanding Asuransi Swasta

Berikut ini adalah beberapa alasan pentingnya BPJS Kesehatan beserta benefit yang bisa kamu peroleh dengan mengikuti kepesertaan BPJS Kesehatan.

BPJS adalah Asuransinya Pemerintah, Jadi Lebih Aman

Pernahkah kamu mendengar berita tentang investasi bodong? Berita tentang investasi bodong memang sangat sering kita dengar di berbagai kanal berita. 

Ternyata, tak hanya investor saja yang bisa kena tipu, nasabah asuransi pun demikian. Hingga saat ini, ada banyak kasus penipuan asuransi maupun penggelapan dana yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. 

Nah, tentu kamu tidak perlu khawatir akan hal ini jika mengikuti kepesertaan BPJS Kesehatan. Karena BPJS adalah produk pemerintah, kamu tak perlu lagi takut kena tipu. Dana premi yang kamu kumpulkan dijamin aman.

Baca juga: Cara Mengecek Tagihan dan Status BPJS

Cakupan Penjaminan yang Lebih Luas

Selain lebih aman, cakupan penjaminan yang lebih luas menjadi alasan pentingnya BPJS Kesehatan. Dengan BPJS, kamu bisa berobat di banyak fasilitas kesehatan tanpa perlu memikirkan masalah biaya. Pasalnya, mayoritas fasilitas kesehatan di Indonesia melayani pengobatan dengan menggunakan BPJS.

Hal ini tentu berbeda jika dibandingkan dengan asuransi swasta. Biasanya, perusahaan jasa asuransi memiliki rekanan rumah sakit sendiri dalam jumlah kecil. Hal ini tentu akan sedikit merepotkan terlebih jika kamu berada di kondisi darurat dan jauh dari rumah sakit rekanan tersebut.

BPJS Kesehatan memang telah mengatur faskes tingkat I untuk masing-masing  peserta. Akan tetapi, peserta bisa menggunakan BPJS Kesehatan di faskes lain dalam keadaan darurat. Pindah faskes tingkat I pun bisa dengan mudah dilakukan selama faskes tersebut terdaftar sebagai rekanan BPJS.

Tidak Ada Batasan Rentang Usia Nasabah

Tidak ada batasan usia untuk nasabah: ini juga menjadi salah satu benefit yang bisa kamu dapatkan dengan mendaftar BPJS Kesehatan. Di BPJS, tidak ada batas maksimal kepesertaan sebagaimana pada asuransi swasta yang rata-rata adalah 60 tahun. Artinya, nasabah yang berusia lebih dari 60 tahun masih bisa menjadi peserta baru tanggungan BPJS.

Bisa Gotong-Royong Membantu Sesama 

Dilansir dari laman resmi BPJS Kesehatan, gotong royong merupakan kunci keberhasilan program JKN-BPJS ini. Dengan dana yang dihimpun dan dikelola dengan sistem gotong royong ini, peserta BPJS yang sehat bisa membantu peserta yang sedang sakit. Alhasil, kesehatan pun tidak menjadi milik si kaya saja.

Tidak Ada Cek Kesehatan Nasabah

Tidak seperti asuransi swasta, nasabah baru BPJS Kesehatan tidak diwajibkan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan ketika mendaftar. 

Pada asuransi swasta, pemeriksaan ini dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya pre-existing conditions yang ada pada nasabah. Jika seorang nasabah memiliki kondisi kesehatan tertentu, asuransi swasta biasanya tidak mau memberikan coverage (perlindungan) untuk pengobatan atau perawatan kondisi tersebut.

Bisa Menanggung Pengobatan Banyak Penyakit

Tidak seperti asuransi swasta, BPJS merupakan asuransi yang bisa digunakan untuk menanggung biaya pengobatan banyak penyakit–baik rawat inap maupun rawat jalan.

Ini berbeda dari asuransi swasta. Pada jenis asuransi ini, biasanya biaya yang di-cover hanyalah biaya untuk rawat inap, bukan biaya untuk rawat jalan. Selain itu, jenis pengobatan yang bisa di-cover biasanya lebih terbatas dibandingkan BPJS.

Tidak Ada Batasan Plafon

Plafon yang dimaksud adalah limit biaya yang bisa ditanggung BPJS Kesehatan. BPJS tidak menerapkan limit tertentu untuk pengobatan di fasilitas kesehatan mana pun. 

Kamu hanya perlu menambah pembayaran jika ingin pindah ke ruangan perawatan di kelas yang lebih baik. Tambahan biaya juga perlu kamu siapkan kalau ingin menggunakan obat yang tidak ditanggung BPJS.

Baca juga: Awas Denda Membludak, Ini Risiko Telat Bayar BPJS Kesehatan

Nah, itulah penjelasan mengenai alasan pentingnya BPJS Kesehatan dan benefitnya dibandingkan dengan asuransi swasta. Kalau kamu sudah memiliki asuransi swasta, tidak ada salahnya untuk mendaftar kepesertaan BPJS. Ada banyak benefit yang bisa kamu peroleh dengan menjadi peserta BPJS.

Sudah menjadi peserta BPJS? Bagus! Agar BPJS-mu selalu ready saat hendak digunakan, pastikan untuk rutin membayar iuran BPJS tiap bulannya, ya!

Supaya membayar BPJS bisa dilakukan dengan lebih mudah, coba deh pakai OttoPay. OttoPay adalah platform aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk membayar berbagai tagihan secara online. Transaksi pun bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

Dengan menggunakan aplikasi tepercaya ini, kamu juga berpeluang mendapatkan cashback tiap kali pembayaran, lho. Keren banget, kan?

Yuk, gunakan OttoPay untuk pembayaran tagihan yang lebih mudah!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: