Customer service (CS) adalah salah satu layanan yang jadi cara perusahaan untuk meningkatkan pengalaman konsumen dalam menggunakan produk yang mereka tawarkan, mulai dari sebelum hingga setelah pembelian. Beberapa jenis produk yang keberadaannya penting pun menyediakan CS selama 24 jam untuk memastikan konsumen mendapat bantuan terbaik kapan pun.
Provider atau operator seluler adalah contoh perusahaan yang memberlakukan layanan customer service 24 jam. Pasalnya, penggunaan jasa tersebut terus berlangsung sepanjang hari.
Menyesuaikan tren komunikasi masyarakat, provider pun membuka berbagai kanal CS baik melalui hotline, chatbot, hingga media sosial sekalipun. Dengan begitu, konsumen punya lebih banyak pilihan mengenai bagaimana menyampaikan keluhan atau pertanyaan kepada pihak provider.
Customer Service Telkomsel
Telkomsel adalah provider seluler terbesar di Indonesia dan sempat menjadi salah satu yang terbesar pula di dunia. Di Indonesia sendiri, konsumennya menyebar dengan cukup rata di berbagai daerah. Jumlah penggunanya menembus 170 juta dan bahkan mencapai kawasan yang cukup terpelosok.
Karena itu, keberadaan customer service sangat penting khususnya bagi konsumen yang berada di area sulit untuk pergi ke GRAPARI. Selengkapnya, berikut adalah daftar CS Telkomsel yang dapat dihubungi:
Call center : 188
Mobile dalam negeri : 08071811811
Mobile luar negeri : +628110000333
Facebook : @telkomsel
Twitter : @Telkomsel
Chatbot web : telkomsel.com
Customer Service Indosat
Indosat Ooredoo sempat menjadi milik Indonesia selama beberapa tahun sebelum akhirnya dijual dan kini menjadi milik Qatar. Layanan operator ini kali pertama berdiri pada 1967 sehingga tak heran jika hingga kini pengguna Indosat di Indonesia cukup banyak.
Pengguna aktif produk dan layanan Indosat telah menembus lebih dari 60 juta. Meski menduduki di peringkat kedua sebagai operator seluler terbesar di Indonesia, jangkauan servis Indosat Ooredoo cukup luas hingga ke pulau-pulau agak kecil di Indonesia.
Call center : 185
Telepon : 021 30003000
Twitter : @IndosatCare
Chatbot/WA web : indosatooredoo.com
Customer Service XL
XL adalah operator seluler ketiga terbesar di Indonesia. Jumlah penggunanya lebih dari 57 juta dan tersebar di berbagai daerah di Indonesia serta negara lain seperti Malaysia.
Perkembangan XL terus bertambah seiring dengan akuisisi yang dilakukan terhadap AXIS. Hal ini merupakan win-win solution bagi kedua belah pihak, terlebih dengan kondisi AXIS yang saat itu belum terlalu lama di Indonesia dan memiliki beberapa isu dan polemik internal. Merger pun terjadi pada sekitar 2016 silam.
Call center : 817
Twitter : @myXLcare
Facebook : myXL
Live chat : aplikasi myXL atau web xl.xo.id
Customer Service Tri
Tri adalah merek untuk sembilan jaringan telekomunikasi yang tersebar di tiga benua: Asia, Australia, dan Eropa dengan puasa sahamnya adalah CK Hutchison Holdings dengan basis di London. Di Indonesia, Tri dioperasikan oleh PT Hutchison 3 Indonesia sebelum akhirnya diambil alih oleh PT Indosat Tbk.
Provider ini termasuk cukup baru keberadaannya di Indonesia, yakni sejak 2007. Meski begitu, pertumbuhannya cukup cepat didukung dengan target pasar yang spesifik, tetapi dengan kuantitas cukup besar yakni anak-anak muda. Tri menjadi mobile lifestyle provider dengan persentase 95% pelanggannya merupakan anak muda bergaya hidup digital.
Call center : 132
Mobile : 089644000123
WhatsApp : 08999800123
Twitter : @3CareIndonesia
Facebook : Tri Indonesia
Customer Service Smartfren
Operator seluler ini fokus menyediakan layanan 4G LTE Advance walau pada awalnya menggunakan teknologi CDMA. Berdiri pada 2002 dan terus berkembang, Smartfren kini telah memiliki jumlah pelanggan aktif menembus angka 34 juta.
Untuk mengakomodasi kebutuhan konsumen, Smartfren menyediakan berbagai kanal untuk layanan customer service. Berikut adalah daftar customer service provider Smartfren.
Call center : 021 50100000
Mobile : 08811223344
Twitter : @smartfrencare
Facebook : smartfren
Live chat : via web my.smartfren.com dan aplikasi MySmartfren
Itulah daftar customer service provider di Indonesia. Kamu dapat menghubunginya saat menemukan kendala seperti penggantian kartu SIM, pembelian kartu SIM, isu terkait kuota internet, dan sebagainya.
Kalau untuk urusan isi pulsa dan paket data, kamu bisa serahkan ke OttoPay. Lewat aplikasi Android ini, kamu dapat membeli pulsa dan paket data provider favorit hanya dalam hitungan menit. Cukup buka aplikasi, masukkan nomor ponsel, pilih nominal pulsa atau paket data, lalu bayar. Prosesnya mudah, harganya juga murah!