September 2022

Kelola Produk, Atur Penjualan Menggunakan Stock

Pengelolaan stock barang menjadi faktor sangat penting dalam aktivitas berjualan dan meningkatkan omzet penjualan untuk para pelaku usaha, terutama untuk yang menjual produk Fast Moving Customer Good (FMCG). Kapan waktu yang tepat untuk melakukan pemesanan atau pembelian barang selanjutnya untuk kebutuhan stok memerlukan pertimbangan yang sangat matang. Memastikan barang dagangan selalu tersedia sehingga tidak ada kehilangan penjualan karena barang kosong perlu adanya pengelolan produk dan stok yang baik. Selain itu, beberapa hal yang perlu diperhatikan juga oleh Mitra OttoPay, jangan sampai salah mencatat penjualan karena hal tersebut juga berpengaruh terhadap persediaan atau stok barang yang ada.

 

Cara Menambahkan Produk di OttoKasir

Sebelum memulai penjualan dan dapat bertransaksi, Langkah pertama setelah berhasil Login di Aplikasi OttoKasir, selanjutnya kamu bisa memulai menambahkan produk terlebih dahulu.

Kamu bisa ikuti langkah – langkah berikut. 

1. Buka aplikasi OttoKasir

2. Pilih menu “Produk”

3. Klik icon +

4. Mulai dengan menambahkan foto produk

5. Nama Produk

6. Barcode (tidak wajib)

7. Input harga jual

8. Jual dengan stock (tidak wajib)

9. Klik Simpan

 

Manfaat Mitra OttoPay Menggunakan Fitur Stok 

Tidak perlu sebuah bisnis dalam skala besar dalam melakukan stok opname. Selama usaha Mitra OttoPay yang berkaitan dengan barang, kamu wajib melakukan stok opname. Stok Opname adalah kegiatan yang dilakukan oleh pelaku usaha untuk menghitung persediaan barang yang ada di etalase display,rak display atau semua barang yang ditampilkan untuk dijual dan juga barang yang ada didalam gudang penyimpanan. 

Meskipun usaha kamu bukan skala besar seperti minimarket modern, kamu juga perlu melakukan perhitungan barang yang ada di warung atau toko kamu untuk menganalisa persediaan barang. Apa saja sih keuntungan menjual dengan mengetahui stok yang tersedia.

1. Mengetahui kesalahan dalam penjualan

Kamu bisa mengetahui barang apa saja yang terjadi kesalahan jual. Kesalahan dalam memberikan barang yang dibeli mungkin saja terjadi, barang yang dibeli oleh pelanggan adalah rasa varian cokelat, namun saat pencatatan transaksi yang tercatat adalah vanila. Sehingga data yang kamu catat tidak sesuai dengan fisik barang yang tersedia. Kamu bisa hitung secara stok fisik yang ada dengan stok yang ada di OttoKasir untuk melakukan kesamaan data.. Pastikan selalu setiap transaksi penjualan menggunakan OttoKasir agar stok fisik sama dengan stok yang ada di Ottokasir.

2. Mengetahui stok produk mana yang akan segera habis atau sudah habis

Dengan mengaktifkan stok, kamu bisa mengetahui produk apa yang segera habis sehingga kamu lebih mudah menentukan hari apa kamu harus berbelanja untuk mengembalikan stok awal dan mencatat produk apa saja yang harus dibeli. Didalam aplikasi OttoKasir kamu harus mengisi jumlah stok yang tersedia dan berapa stok minimum agar tetap dapat melakukan pencatatan transaksi pembelian menggunakan OttoKasir

Dengan fitur yang sederhana dan mudah digunakan, banyak manfaat yang bisa Mitra OttoPay rasakan dengan menggunakan OttoKasir. Cukup menggunakan Smartphone, kamu bisa lakukan management inventory seperti toko – toko ritel modern. Yuk mulai gunakan OttoKasir sebagai aplikasi yang membantu pencatatan toko kamu.

Informasi Terbaru
Artikel Terbaru
Tag Terpopuler