Cara Daftar Aetra Tangerang dan Aetra Jakarta Terbaru

4 Januari 2023
Cara Daftar Aetra

Untuk memenuhi kebutuhan air bersih harian, ada beberapa opsi yang bisa kamu pilih. Selain dengan menggunakan sumur gali atau sumur bor, ada pilihan PDAM yang tidak kalah praktis. Bagi yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya, kamu juga bisa memanfaatkan layanan jasa penyediaan air bersih dari PT. Aetra. 

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai PT. Aetra, layanan yang mereka sediakan, serta cara mendaftar untuk warga Jakarta dan Tangerang berikut ini!

Baca Juga: Pengusaha Wajib Tahu! Inilah 5 Manfaat Menulis Catatan Keuangan

Mengenal PT. Aetra

Cara Daftar Aetra
Sumber : Youtube

Aetra atau PT. Aetra Air Jakarta merupakan perusahaan swasta yang bergerak di bidang penyediaan air bersih. Aeta pertama kali beroperasi pada tahun 1997. Setelah menandatangani PKS (Perjanjian Kerja Sama), Aetra mulai mengembangkan sekaligus mengelola produksi dan distribusi air bersih untuk wilayah bagian timur DKI Jakarta.

Saat ini, saham PT. Aetra dimiliki oleh Acuatico Pte. Ltd sebanyak 95% dan 5% lagi dimiliki oleh PT. Tamaris Prima Energi. Wilayah operasional Aetra mencakup bagian timur Sungai Ciliwung termasuk sebagian kawasan Jakarta Utara, sebagian kawasan Jakarta Pusat, seluruh kawasan Jakarta Timur, dan Tangerang.

Cara Daftar Aetra Jakarta dan Persyaratannya

Cara Daftar Aetra

Dilansir dari situs resmi Aetra, untuk mendaftar menjadi pelanggan baru, kamu harus menyiapkan beberapa berkas termasuk fotokopi KTP, kartu keluarga, dan salinan PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) yang terakhir. Selanjutnya, proses pendaftaran akan dilakukan dalam 4 langkah, yakni:

  • Dengan membawa semua kelengkapan berkas, datanglah ke Area Bisnis (AB) Aetra terdekat di kotamu.
  • Selanjutnya, setelah berkas diterima petugas akan datang ke tempat tinggalmu untuk melakukan survei. Tujuan survei adalah untuk megetahui kondisi lapangan serta memastikan bahwa tempat tinggalmu termasuk dalam jangkauan pelayanan PT. Aetra. Survei juga dibutuhkan untuk menentukan kelas tarifmu nanti.
  • Setelah memperoleh surat persetujuan dari Aetra, kembalilah ke AB Aetra terdekat dan lakukan pembayaran.
  • Setelah pembayaran terkonfirmasi, petugas akan datang ke tempat tinggalmu dan melakukan pemasangan meteran air.
  • Begitu pemasangan selesai, fasilitas air bersih dari PT. Aetra bisa kamu nikmati.

Cara Daftar Aetra Tangerang dan Persyaratannya

Menurut laman resmi Aetra Tangerang, proses pendaftaran dapat dilakukan dengan tiga cara. Kamu bisa memilih yang paling mudah. Ketiga cara itu adalah:

  • Datang langsung ke Kantor Pelayanan Pelanggan, mengisi formulir, dan melengkapi berkas. Berkas yang harus disiapkan sama dengan pendaftaran untuk Aetra Jakarta (untuk usaha, wajib menyiapkan SIUP).
  • Lewat Contact Center Aetra Tangerang di nomor (021) 5985474 atau lewat WhatsApp 087788224645. Informasikan alamat, nomor telepon, dan alamat lengkapmu agar petugas Aetra menghubungimu untuk verifikasi.
  • Daftarkan diri lewat sosial media Aetra Tangerang di @aetratangerang (Instagram) dan @AetraTNG (Twitter). Beritahukan alamat, nomor telepon, serta nama lengkapmu. Petugas akan menghubungimu untuk melakukan verifikasi.

Prosedur selanjutnya sama dengan pemasangan Aetra Jakarta adalah survei. Petugas akan menghitung kebutuhan pipa untuk jaringan melakukan penentuan golongan tarif dan selanjutnya kamu diminta melakukan pembayaran. Setelah semua proses selesai, proses pemasangan akan dilakukan dan kamu sudah bisa menikmati sambungan air bersih dari PT. Aetra.

Baca Juga: Bayar Tagihan Air dari Aplikasi OttoPay

Keberadaan PT. Aetra merupakan salah satu opsi alternatif bagi kamu yang ingin mendapatkan sumber air bersih. Aetra sudah menerapkan Standar Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 dalam proses pengolahan dan distribusinya. Kamu tidak perlu khawatir dengan kualitas air maupun layanan yang diberikan. 

Setelah proses pemasangan selesai, jangan lupa untuk melakukan pembayaran tagihan bulanan, ya! Pasalnya, ini penting untuk memastikan aliran air ke rumahmu tetap lancar. Agar pembayaran ikut lancar juga, gunakan aplikasi OttoPay.

Unduh aplikasinya dan daftarkan dirimu segera. Tidak hanya bisa membayar tagihan sendiri, kamu bisa menyediakan jasa layanan pembayaran Aetra untuk orang-orang di sekitarmu.

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: