4 Tips Mengatur Keungan Warung Kamu

4 Tips Mengatur Keungan Warung Kamu

Pada dasarnya, banyak orang-orang atau mungkin kita sendiri pun masih suka bingung bagaimana cara mengatur keuangan warung yang kita kelola. Nah, mulai saat ini kamu harus tau nih tips untuk mengatur keuangan warung yang kamu kelola agar tidak mengalami kerugian. Yuk, langsung aja di simak tips-tips berikut ini!

1. Pisahkan antara uang usaha dan uang pribadi kamu

Dalam mengelola usaha warung atau toko kelontong, hal yang paling penting yaitu memisahkan uang usaha dengan uang pribadi. Hampir beberapa orang menganggap hal seperti ini sangat efektif meskipun terasa sepele, namun hal ini akan berdampak buruk pada keuangan usaha kamu. Jika dilakukan secara terus-menerus. Keuangan tidak akan bisa stabil dan mungkin akan selalu kekurangan modal. Jika hal ini terjadi, kemungkinan besar usaha yang kamu jalankan akan mengalami kebangkrutan.

2. Lakukan pencatatan pendapatan dan pengeluaran setiap hari

Selain memisahkan uang pribadi dan uang usaha, selanjutnya buatlah pembukuan. Pembukuan dilakukan untuk mencatat pengeluaran dan pemasukan pada warung atau toko kamu. Lebih bagus lagi jika kamu mencatat apa saja yang sudah kamu belanjakan, agar kamu mengetahui stok barang-barang kamu.

Dengan melakukan pembukuan atau pencatatan setiap harinya, maka akan memudahkan kamu dalam mengetahui perkembangan usaha yang kamu jalankan. Karena dengan catatan yang lengkap, kamu akan mengetahui berapa keuntungan yang kamu peroleh. Bahkan, kamu bisa lebih mudah dalam mengidentifikasi jika terjadi kerugian sekecil apapun yang kamu alami.

3. Lakukan pencatatan persediaan barang keluar dan masuk

Stok barang merupakan hal yang sangat wajib dilakukan dalam menjalankan usaha warung atau toko. Meskipun warung atau toko kamu terbilang kecil, ada baiknya kamu melengkapi dengan semua kebutuhan yang diperlukan dalam sehari-hari. Tapi, kamu juga harus memperhatikan jumlah stok yang harus dibeli. Karena jika kamu membeli terlalu banyak barang yang sama, maka modal kamu akan tertahan hanya di situ-situ saja.

4. Hindari utang usaha!

Jika kamu ingin usaha yang sedang kamu tekuni bisa dikelola dan berjalan dengan baik, alangkah baiknya jika kamu bisa menghindari hutang usaha. Coba untuk pertimbangkan secara matang hal seperti ini. Hutang usaha pastinya akan memberi dampak yang sangat fatal apabila kamu tidak bisa melunasinya, dan pasti akan berpengaruh terhadap perhitungan keuangan usaha warung atau toko yang kamu jalani.

Gimana nih Mitra OttoPay, sudah jelas belum tips-tipsnya? Jangan lupa untuk di ikuti ya dan semoga usaha kamu semakin lancar dengan tips-tips ini 🙂

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.