FAQ
(Tanya Jawab)

Tentang OttoPay

OttoPay adalah merchant aggregator, aplikasi pembayaran via QR, sekaligus payment gateway untuk pelaku usaha segala segmen.

OttoPay sebagai merchant aggregator merekrut toko-toko untuk menerima pembayaran via OttoPay. Merchant yang sudah menerima pembayaran via QR OttoPay disebut sebagai “Mitra OttoPay”.

Semua pemilik usaha baik UMKM, merchant modern, maupun e-commerce bisa menjadi pengguna OttoPay. OttoPay akan memberikan alat pendukung penerimaan pembayaran menurut segmen usaha: UMKM akan mendapatkan stiker QR, merchant modern akan mendapatkan mesin  EDC &/ stiker QR, dan e-commerce akan mendapatkan  secured page.

Bagi mitra UMKM dapat berjualan produk digital dengan harga kompetitif, mendapatkan supply barang dari berbagai distributor ternama dan menerima pembayaran QRIS.

Mitra UMKM

I. Tentang Aplikasi OttoPay

Semua UMKM baik warung, toko kelontong, warteg, pedagang kaki lima, kios pinggir jalan, dan lain-lain yang memiliki lokasi permanen maupun semi permanen dapat bergabung sebagai Mitra OttoPay.

Silakan WhatsApp OttoPay di 0811-1678-894 dan sampaikan informasi nama & alamat toko. Kami akan segera memproses permintaan tersebut. Setelah itu, berikut adalah langkah-langkah yang akan kamu jalani:

  1. Tim sales OttoPay akan mendatangi toko kamu
  2. Tim sales akan mendaftarkan data warung/toko kamu di aplikasi, lalu akan menempelkan stiker penanda
  3. Kamu download OttoPay dan buka aplikasinya
  4. Masukkan PIN dan jawab pertanyaan keamanan yang tertera di layar Aplikasi OttoPay
  5. Masukkan kode OTP yang sudah di-SMS ke HP kamu
  6. Akun kamu sudah berhasil dibuat! Silakan login.
  7. Stiker QRIS untuk penerimaan pembayaran akan diterima H+14 dari pendaftaran.

Aplikasi OttoPay dapat digunakan untuk handphone Android Kitkat 4.4. ke atas.

OttoPay menerima pembayaran via kode QR dari berbagai e-money yang sudah bekerjasama dengan cara scan kode QR.

Toko yang sudah bergabung bersama OttoPay akan mendapatkan satu kode QR sebagai identitas toko sekaligus alat penerima pembayaran dari pembeli. Toko akan mendapat stiker QR OttoPay atau hanya perlu menunjukkan kode QR di HP kepada pembeli untuk di-scan.  Jadi, pembeli hanya perlu scan kode QR toko ketika membayar dan uangnya otomatis akan masuk ke Omzet toko.

Omzet adalah saldo hasil penjualan barang dagangan untuk semua jenis transaksi yang diterima dan dapat dicairkan ke rekening Bank atas nama pemilik merchant.

Dompet adalah saldo uang elektronik yang dapat digunakan bertransaksi di merchant dan transfer antar sesama pengguna atau ke rekening bank sesuai dengan ketentuan uang elektronik.

Kamu akan mendapat banyak keuntungan dengan gabung sebagai Mitra OttoPay, antara lain:

  • Tidak perlu repot menerima uang tunai atau menyiapkan uang kembalian karena semua sudah masuk ke Aplikasi OttoPay kamu
  • Membantu monitor penerimaan karena OttoPay mencatat semua transaksi kamu yang dilakukan lewat OttoPay
  • Bisa menggaet lebih banyak pembeli karena sudah bisa menerima pembayaran elektronik dari berbagai bank
  • Bisa meningkatkan pendapatan kamu lewat jualan tagihan (pulsa, paket data, listrik, tagihan air, asuransi, dan pajak)
  • Bisa jadi agen penjualan produk-produk yang sudah terdaftar di OttoPay seperti Indo Es Krim atau produk toko online Elevenia
  • Dan masih banyak keuntungan lain yang akan terus bertambah!

II. Tentang Akun

Masukkan nomor HP yang kamu daftarkan atau scan stiker QR toko kamu, lalu masukkan PIN.

Kamu tidak bisa mengubah kode merchant kamu.

  1. Klik “Lupa PIN”
  2. Masukkan nomor HP kamu
  3. Masukkan kode OTP yang di-SMS ke HP kamu
  4. Jawab pertanyaan keamanan
  5. Buat kode PIN baru
  6. Silakan login dengan kode PIN baru kamu

Silakan hubungi Layanan Pelanggan OttoPay. Tim OttoPay akan segera memproses akun kamu.

III. Tentang Transaksi

OttoPay bisa digunakan untuk menerima transaksi QR dan jual-beli tagihan (pulsa, paket data, listrik, tagihan air, asuransi, dan pajak).

Kamu bisa menerima pembayaran lewat OttoPay dengan cara:

  • Tunjukkan kode QR kamu ke pembeli:
    1. Klik “Terima Pembayaran QR”
    2. Tunjukkan kode QR yang tertera di layar Aplikasi OttoPay kamu, atau masukkan jumlah pembayaran dan klik “Perbarui Kode QR”
    3. Tunjukkan kode QR untuk di-scan oleh pembeli
  • Minta pembeli untuk scan stiker QR yang ditempel di etalase toko kamu dan masukkan nominal pembelian.
  1. Pilih menu tagihan yang ingin dibayar
  2. Masukkan identitas pelanggan (nomor HP/ nomor anggota) dan pilih denom yang ingin dibeli
  3. Pilih metode pembayaran pembeli kamu (pembayaran tunai/ kode QR)
  4. Transaksi selesai

Kamu akan dikenakan biaya admin sebesar Rp 500,- per bulan. Biaya ini hanya akan dikenakan satu kali per bulan.

QRIS adalah standar yang ditetapkan Bank Indonesia sebagai pembayaran dalam bentuk kode QR yang berlaku di Indonesia

Pembayaran melalui kode QR menjadi lebih efisien, setiap Mitra OttoPay cukup memiliki 1 (satu) QR untuk dapat menerima pembayaran dari berbagai aplikasi

QRIS berlaku nasional mulai 1 Januari 2020

Semua merchant yang mendaftar dan sesuai dengan persyaratan (lihat syarat menjadi merchant OttoPay) untuk dapat menerima pembayaran menggunakan QRIS

Merchant kamu bisa menerima QRIS jika sudah didaftarkan dan lolos proses verifikasi.

IV. Gagal Transaksi

Silakan sampaikan keluhan kamu melalui WhatsApp resmi Customer Care OttoPay di 0811-1678-894. Tim OttoPay akan segera melakukan pemeriksaan terhadap top up saldo kamu. Jika top up memang terbukti gagal, maka kami akan melakukan pengembalian dana maksimal 7 (tujuh) hari kerja.

V. Transfer

  1. Pilih menu “Omzet” yang ada pada pojok kiri atas layar Aplikasi OttoPay
  2. Pilih menu “Pencairan ke Bank:, lalu pilih rekening bank yang sudah terdaftar
  3. Masukkan nominal yang ingin dipindahkan, lalu pilih metode transfer yang diinginkan
  4. Aplikasi OttoPay akan memunculkan detail transaksi. Klik “Cairkan” jika ingin melanjutkan
  5. Masukkan kode PIN kamu
  6. Transfer selesai

VI. Top Up

Kamu bisa top up akun OttoPay kamu lewat Internet/ Mobile Banking, ATM Bersama dan Alfamart.

Via Internet Banking/ Mobile Banking BANK INA PERDANA:

  1. Buka internet/ mobile banking yang telah tersedia di HP atau layar browser kamu
  2. Pilih menu transfer antar bank/ bank lain
  3. Pilih Bank tujuan transfer: BANK INA PERDANA (kode bank : 513)
  4. Masukkan nomor rekening berupa nomor virtual account kamu (99002XXXXXXXXXXXX)
  5. Masukkan nominal yang diinginkan
  6. Transaksi berhasil

Via Internet Banking/ Mobile Banking BANK MANDIRI:

  1. Login user MANDIRI kamu
  2. Pilih menu Bayar
  3. Pilih menu Multipayment
  4. Pilih biller OTTOPAY, lalu pilih “benar”
  5. Masukkan “nomor virtual account” OttoPay dengan memasukkan kode 003+nomor HP lalu pilih tombol “benar” missal: 0030811223344
  6. Masukan nominal transaksi dan tekan “benar”
  7. Siman struk sebagai bukti pembayaran anda

Via ATM Bersama BANK INA PERDANA:

  1. Masukkan kartu ATM dan PIN kamu
  2. Pilih menu Transfer, lalu pilih Bank Lain
  3. Masukkan kode BANK INA PERDANA (kode bank : 513)
  4. Masukkan nomor rekening berupa nomor virtual account kamu: (99002 + nomor HP kamu (contoh: 99002XXXXXXXXXXXX)
  5. Masukkan nominal yang diinginkan
  6. Transaksi berhasil

Via ATM Bersama BANK MANDIRI:

  1. Masukkan kartu ATM dan PIN kamu
  2. Pilih menu Bayar/Beli
  3. Pilih menu “Lainnya”, hingga menemukan menu “Multipayment”
  4. Masukkan “nomor virtual account” OttoPay dengan memasukkan kode 003+nomor HP lalu pilih tombol “benar” misal: 0030811223344
  5. Masukan nominal transaksi dan tekan “benar”
  6. Simpan struk sebagai bukti pembayaran anda

Via Alfamart

  1. Datang ke Gerai Alfamart
  2. Sebutkan ingin top up OttoPay
  3. sebutkan nomor kode produk(812) + nomor HP.
  4. Contoh: 8120812XXXXXXX
  5. Kasir input nomor. Setelah berhasil, kasir akan konfirmasi nama toko.
  6. Kasir menanyakan nominal TopUp
  7. Sebutkan nominal yang di inginkan (minimal 50.000)
  8. Bayar kepada kasir (ditambah biaya admin 2.000)
  9. Kasir konfirmasi TopUp kepada Customer
  10. Pastikan saldo sudah diterima di aplikasi

VII. Agen Produk OttoPay

Mitra OttoPay yang berminat menambah variasi barang dagangan dan meningkatkan pendapatan bisa menjadi agen produk OttoPay. OttoPay bekerjasama dengan beberapa pemasok seperti Boti, Sari Roti, dan Indofood Es Krim. Mitra OttoPay yang berminat menjadi agen dapat mengambil stok dari pemasok OttoPay dan menjual kembali produk tersebut di toko.

Silakan hubungi tim sales OttoPay atau Layanan Pelanggan OttoPay. Tim sales OttoPay akan segera mendatangi dan mendaftarkan toko kamu.

  1. Tim sales OttoPay mendatangi toko kamu untuk mendaftarkan toko. Kamu akan diminta untuk melengkapi data diri (jika diperlukan) dan menandatangani surat komitmen. Khusus untuk Indofood Es Krim, kamu akan dipinjamkan freezer oleh pihak Indo Es Krim sehingga toko harus memiliki daya listrik. Beberapa pemasok seperti Indo Es Krim mengharuskan kamu membayar DP dengan minimal transaksi pemesanan sesuai kebijakan masing-masing.
  2. Dalam waktu beberapa hari, freezer/ rak akan dikirimkan ke toko kamu, kemudian kamu akan menerima stok barang. Kamu sudah bisa menjual stok tersebut ke pembeli kamu dan mendapat penghasilan tambahan.
  3. Beberapa hari setelah pengiriman stok, tim sales OttoPay akan mendatangi toko kamu untuk menagih pengambilan stok serta mencatat order kamu selanjutnya. Pembayaran tagihan harus dilakukan melalui aplikasi OttoPay.

Ya, kamu harus jadi Mitra OttoPay terlebih dahulu untuk bisa menjadi agen produk OttoPay.

Saat ini, pemesanan hanya bisa dilakukan lewat tim sales OttoPay. Namun ke depannya, kamu akan bisa memesan lewat aplikasi OttoPay.

Infomasikan kepada tim sales OttoPay bahwa kamu tidak lagi berminat untuk menjadi agen produk OttoPay. Segera lunasi tagihan kamu; tim OttoPay akan mengambil freezer/ rak yang dipinjamkan ke toko kamu segera setelah kamu menyatakan berhenti menjadi agen.

VIII. Toko Online

Kamu bisa memesan produk dari berbagai e-commerce yang sudah menjadi rekanan OttoPay. Melalui fitur ini, kamu bisa memesan barang yang kamu inginkan untuk pemakaianmu sendiri, atau menjual kembali barang tersebut ke pembeli dengan komisi yang bebas kamu tentukan.

Kamu bisa melakukan pemesanan barang dari berbagai kategori yang tersedia, antara lain:

  • Gadget & komputer
  • Fashion
  • Babies & kids
  • Beauty & health
  • Home & food
  • Elektronik
  • Sport & Hobby
  • Mokado & Service (E-voucher)
  • Dan kategori menarik lainnya

Klik icon checklist di kanan atas untuk melihat status pemesanan. 

  1. Pada fitur Toko Online, pilih kategori barang yang ingin dibeli.
  2. Pilih barang yang ingin dibeli, lalu masukkan jumlah yang diinginkan.
  3. Pada layar aplikasi akan muncul harga modal. Harga modal adalah harga yang harus kamu bayar untuk membeli barang tersebut. Apabila kamu menjadi reseller dan ingin menambahkan komisi, silakan tentukan jumlah yang kamu inginkan. Harga jual akan menyesuaikan dari harga modal ditambah dengan komisi yang kamu tentukan.
  4. Apabila kamu telah selesai belanja, silakan konfirmasi pesanan. Lengkapi data pengiriman, lalu pilih jasa pengiriman. Kamu juga bisa menambahkan asuransi pengiriman dengan melakukan centang. Klik “Setuju” apabila kamu telah menyelesaikan pesanan dan menyetujui Syarat & Ketentuan.
  5. Pemesanan berhasil. Kamu bisa cek status pemesanan kamu melalui button “Lihat Status”.

Jika kamu menghadapi masalah terkait penggunaan fitur Toko Online, silakan hubungi Layanan Pelanggan OttoPay.

Modern Merchant

I. Merchant Offline

Tentu saja. OttoPay juga menyediakan metode pembayaran untuk merchant modern berupa mesin EDC atau stiker QR. Dengan demikian, toko kamu akan bisa menerima pembayaran via QR OttoPay dengan bantuan alat pendukung transaksi dari OttoPay

  1. Merchant mengisi Form Pendaftaran Merchant dan melengkapi dokumen pendukung yang dibutuhkan
  2. Tim Ottopay akan memproses aplikasi merchant
  3. Tim Ottopay akan mengunjungi merchant untuk memasang alat pendukung transaksi seperti EDC atau Sticker QR di lokasi yang sudah ditentukan.

Ya, kamu akan dikenakan MDR (Merchant Discount Rate) yang harus kamu bayarkan kepada OttoPay untuk setiap nominal transaksi yang diterima melalui OttoPay. Untuk persentase biayanya akan dibahas lebih lanjut bersama tim commercial kami di tahap diskusi awal.

  1. Pembeli memutuskan untuk belanja dengan kartu debit/ kredit
  2. Kasir melakukan swipe/ dip kartu debit/ kredit di mesin EDC
  3. Kasir melakukan input nominal transaksi
  4. Pembeli menginput PIN kartu
  5. Transaksi selesai, toko dan pembeli masing-masing akan mendapatkan struk transaksi
  1. Kasir akan input nominal transaksi di mesin EDC
  2. Mesin EDC akan menampilkan kode QR
  3. Pembeli scan kode QR tersebut, kemudian melakukan pembayaran sesuai nominal transaksi
  4. Transaksi selesai, toko dan pembeli masing-masing akan mendapatkan struk transaksi
  1. Kasir pilih menu pembayaran QR OttoPay di mesin POS
  2. Kasir menginfokan kepada pembeli untuk scan stiker QR OttoPay
  3. Pembeli scan stiker QR OttoPay melalui aplikasi pembayaran
  4. Transaksi selesai, toko dan pembeli masing-masing akan mendapatkan struk transaksi

II. Merchant Online (e-commerce)

Ya, kamu bisa mendaftarkan e-commerce/ website/ toko online kamu untuk menerima pembayaran via OttoPay melalui secured page.

  1. Merchant mengisi Form Pendaftaran Merchant dan melengkapi dokumen pendukung yang dibutuhkan
  2. Tim Ottopay akan memproses aplikasi merchant
  3. Tim Ottopay akan mengunjungi merchant untuk memasang alat pendukung transaksi seperti EDC atau Sticker QR di lokasi yang sudah ditentukan.

Ya, kamu akan dikenakan MDR (Merchant Discount Rate) yang harus kamu bayarkan kepada OttoPay untuk setiap nominal transaksi yang diterima melalui OttoPay. Untuk persentase biayanya akan dibahas lebih lanjut bersama tim commercial kami di tahap diskusi awal.

 

  1. Pembeli memilih barang belanjaan dan lanjut ke pembayaran
  2. Pembeli memilih menu pembayaran via OttoPay, lalu masuk ke laman secured page
  3. Pembeli melengkapi nomor kartu kredit/ debit, expired date, dan CVV
  4. Pembeli akan mendapatkan SMS yang berisi OTP (One Time Password), kemudian melakukan input OTP di secured page
  5. Muncul notifikasi transaksi gagal/ berhasil

Tentang OttoPoint

OTTOPOINT adalah nama brand / produk yang di kembangkan atau dikelola oleh PT Poin Sukses Makmur sebagai Coalition Loyalty Program yang memberikan berbagai keuntungan seperti perolehan poin untuk setiap pembelajaan dari berbagai Mitra OTTOPOINT. Penggabungan perolehan poin tersebut dapat ditukarkan dengan kupon/voucher, kode promo, barang atau jasa pilihan di outlet Mitra OTTOPOINT atau dari aplikasi OTTOPOINT pada halaman Deals sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Pengguna OttoPay dengan status aktif dan memiliki total transaksi lebih dari Rp500.000 per bulan selama 3 bulan terakhir yang dapat menjadi pengguna OttoPoint. Setiap pengguna baru OttoPoint akan mendapatkan bonus welcome poin sebesar 5000 poin.

Poin hanya bisa didapatkan dengan cara bertransaksi melalui OttoPay. OttoPay adalah aplikasi khusus untuk pedagang yang sudah terdaftar sebagai Mitra OttoPay.

  • Jumlah poin yang didapat akan berbeda-beda tergantung pada jenis transaksinya.
  • Kriteria pendapatan poin:
    1. Transaksi pulsa dan tagihan minimum sebesar Rp.10.000 mendapatkan 10 poin.
    2. Transaksi pembayaran yang diterima sebagai merchant minimum sebesar Rp.10.000 mendapatkan 10 poin .
    3. Transaksi toko online minimum sebesar Rp.10.000 mendapatkan 25 poin.

Tentu bisa. Anda bisa menggunakan Poin anda secara full dengan melakukan pembelian di Mitra OTTOPOINT dan halaman Deals.

  1. Tukarkan poin Anda pada halaman DEALS
  2. Pastikan Anda membaca lembar konfirmasi mengenai poin yang digunakan, barang/jasa yang dipilih
  3. Lakukan konfirmasi “Ya, Tukar”
  4. Poin yang telah sukses ditukar dengan voucher akan tersimpan pada halaman “Voucher Saya”

Nilai konversi poin adalah 1 poin = Rp1.

Poin Anda akan habis masa berlakunya 12 bulan dari tanggal perolehan poin.

  1. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu meng-klik tombol OttoPoint yang berada di bawah saldo dan juga omzet OttoPay.
  2. Setelah itu Anda bisa meng-klik menu ‘Point Kamu’ yang terletak dibagian atas.
  3. Lalu di dalam menu ‘Point Kamu’ akan tertampil total poin yang Anda miliki dan juga riwayat poin yang anda dapatkan ataupun yang sudah digunakan.
  1. Pilih voucher yang akan anda gunakan pada halaman “Voucher Saya”
  2. Pilih “Pakai” dan pastikan anda telah membaca syarat dan ketentuan voucher dan cara pakai voucher.
  3. Jika anda memiliki beberapa voucher pastikan membaca kembali syarat dan ketentuan untuk mengetahui cara pemakaian dan masa berlaku voucher tersebut.

Setiap voucher memiliki masa berlaku yang berbeda-beda, cek masa berlaku dan syarat dan ketentuan voucher Anda pada “Voucher Saya”.

Semua riwayat pemilihan dan penukaran voucher ada pada halaman “Voucher Saya”

Silahkan sampaikan keluhan Anda melalui Pusat Bantuan OttoPoint pada email info@ottopoint.id. Tim OttoPoint akan segera melakukan pemeriksaan terhadap permasalahan Anda.