Penjualan Voucher Online Games di OttoPay Meningkat 10 Kali Lipat

Penjualan Voucher Online Games di OttoPay Meningkat 10 Kali Lipat

JAKARTA – Di masa pandemi, transaksi penjualan voucher online gamesyang berlangsung di platform digital semakin ramai. Salah satunya dari layanan Payment Point Online Bank (PPOB) OttoPay yang meningkat 10 kali lipat.

“Sejak Januari hingga Oktober 2020, kenaikan transaksi penjualan voucher online games mencapai 82% atau rata-rata 10 kali lipat. Hingga bulan Oktober, peningkatan mitra aktif terjadi sebanyak 400%, dengan momen paling signifikan pada bulan Mei 2020 yang mencapai 68%,” ujar Product Business Manager PT Reksa Transaksi Sukses Makmur, Tommy Renato selaku pemilik OttoPay dalam keterangannya, Senin (23/11/2020).

Tommy mengatakan peningkatan transaksi itu seiring peningkatan unduhan online games yang juga meningkat mencapai 75% di kuartal pertama 2020, dibanding tahun sebelumnya. Hal ini menempatkan Indonesia pada peringkat 12 di pasar gaming dunia, dengan total pemain game aktif sebanyak 62,1 juta orang, dan diprediksi mencapai 100 juta di tahun 2020 ini.

“Kami melihat bahwa online games yang semakin banyak penggemarnya selama masa pandemi ini akan menjadi lebih dari sekadar hobi, tetapi juga menumbuhkan potensi pemain game aktif yang nantinya berkontribusi dalam turnamen e-sports,” ujar Tommy.

Dikatakan pihaknya melihat tren e-sports ini sebagai peluang untuk membantu mitranya yang sebagian besar UMKM, dalam memanfaatkan fitur PPOB khususnya voucher online games agar dapat meningkatkan pemasukan di masa yang cukup berat ini.

“Kami melihat trennya masih akan naik karena para developer games juga semakin aktif membuat promo-promo dan kompetisi yang diadakan berbagai pihak juga semakin banyak,” papar Tommy.

Dijelaskan dari lonjakan transaksi voucher online games oleh mitra OttoPay yang tersebar di seluruh Indonesia, tercatat peningkatan paling besar terjadi di lima wilayah, yaitu DKI Jakarta (2.500%), Jawa Timur (1.800%), Sulawesi Selatan (1.300%), Banten (750%), dan Jawa Barat (540%).

Melalui fitur PPOB voucher online games ini, mitra OttoPay bisa menawarkan voucheruntuk Free Fire, Mobile Legend, Ragnarok, AOV, Speed Drifters, dan Battle Grounds. “Dari semua games tersebut, Free Fire adalah yang paling banyak diminati dan menguasai lebih 70% dari keseluruhan transaksi voucher games online,” tambahnya.

Disebutkan pihaknya juga melakukan pendampingan bagi para mitra, terutama dengan menurunkan tim penjualan yang dapat mengedukasi mitra dalam menjalankan aplikasi, memberikan solusi untuk kendala teknis yang mungkin dihadapi, hingga membantu proses pencairan pendapatan yang tercatat dalam aplikasi.

“Mitra kami sebagian besar adalah pelaku UMKM berbentuk warung yang masih memerlukan banyak edukasi untuk penggunaan teknologi digital, oleh karena itu, kami senantiasa mendampingi mereka dengan menurunkan tim penjualan untuk berinteraksi langsung,” katanya.

Pihaknya percaya, masa pandemi bukan penghalang bagi mitra UMKM untuk memperluas bidang usaha. Industri e-sport, games online, dan UMKM nyatanya dapat saling mendukung dan menjadi sebuah solusi di masa pandemi ini.

“Memanfaatkan tren yang ada ini, OttoPay juga akan terus memperkuat ekosistem UMKM melalui berbagai fitur yang dapat dimanfaatkan secara optimal oleh para mitra,” pungkas Tommy.

Sumber: BeritaSatu.com

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.