Pantang Menyerah dalam Berbisnis ala Bob Sadino

Pantang Menyerah dalam Berbisnis ala Bob Sadino

Halo Mitra OttoPay! Kamu pernah dengar pengusaha sukses bernama Bob Sadino? Beliau akrab dipanggil dengan sebutan ‘om Bob’. Ia adalah seorang pengusaha asal Indonesia yang berbisnis di bidang pangan dan peternakan.

Bob Sadino dikenal sebagai pengusaha sukses dengan gaya yang khas yang mungkin bisa dibilang berbeda dengan pengusaha pada umumnya, Bob Sadino sangat sering menggunakan celana pendek atau baju safari. Selain itu, beliau juga dikenal sebagai pengusaha yang sering merasakan jatuh bangun dalam berusaha.

Pekerjaan pertama yang dijalankan Bob Sadino setelah keluar dari perusahaan adalah menyewakan mobil Mercedes yang ia miliki, ia sendiri yang menjadi sopirnya. Namun sayang, suatu ketika ia mendapatkan kecelakaan yang mengakibatkan mobilnya rusak parah. Karena tak punya uang untuk memperbaikinya, Bob Sadino beralih pekerjaan menjadi kuli bangunan dengan upah harian Rp.100.

Suatu hari, seorang teman menyarankan Bob memelihara dan berbisnis telur ayam negeri untuk melawan depresi yang dialaminya. Ia tertarik dan mulai mengembangkan usaha peternakan ayam. Ketika itu, di Indonesia, ayam kampung masih mendominasi pasar. Bob Sadino lah yang pertama kali memperkenalkan ayam negeri beserta telurnya ke Indonesia. Bob menjual telur-telurnya dari pintu ke pintu. Ketika itu, telur ayam negeri belum populer di Indonesia sehingga barang dagangannya tersebut hanya dibeli oleh ekspatriat-ekspatriat yang tinggal di daerah Kemang, serta beberapa orang Indonesia yang pernah bekerja di luar negeri. Namun seiring berjalannya waktu, telur ayam negeri mulai dikenal sehingga bisnis Bob semakin berkembang. Bob kemudian melanjutkan usahanya dengan berjualan daging ayam. Selain memperkenalkan telur ayam negeri, ia juga merupakan orang pertama yang menggunakan perladangan sayur sistem hidroponik di Indonesia.

Catatan awal tahun 1985 menyebutkan, rata-rata per bulan perusahaan Bob Sadino menjual 40-50 ton daging segar, 60-70 ton daging olahan, dan sayuran segar 100 ton.

 

Sumber Artikel : Wikipedia

Sumber Foto : Minews

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.