Aplikasi Ottopay Tawarkan Solusi Pembayaran Digital bagi UMKM

Aplikasi Ottopay Tawarkan Solusi Pembayaran Digital bagi UMKM

Merdeka.com – PT Reksa Transaksi Sukses Makmur (RTSM) menghadirkan aplikasi mobile Ottopay bagi pedagang dan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dengan solusi pembayaran terintegrasi yang menghubungkan penjual dan pembeli di Indonesia. Tujuannya agar transaksi bisa lebih mudah, aman, dan nyaman melalui QR code. Aplikasi Ottopay ini diharapkan turut berkontribusi terhadap industri UMKM go online melalui transaksi digital.

Grace Sunarjo, Direktur RTSM, menjelaskan keuntungan bertransaksi digital dapat menghemat waktu, karena pelanggan hanya perlu memindai kode QR dan pedagang tidak perlu repot mencari uang kembalian. Selain itu, penggunaan kode QR juga dapat meminimalisasi atau mengurangi antrean pelanggan. Setelah dilakukan pembayaran, nominal uang otomatis akan menjadi omzet pedagang.

“Selain itu terdapat riwayat transaksi keuangan yang masuk dan keluar, serta top-up dari bank. Keuntungan lainnya, dapat menambah penghasilan pedagang melalui fitur layanan pembayaran tagihan berupa pulsa, vocer game, token listrik, PDAM , BPJS, dan produk digital lainnya,” ujar Grace dalam rilisnya, kemarin.

Berdasarkan hasil riset Lembaga Demografi UI, ditemukan sinergi antara pertumbuhan UMKM dan transaksi digital yang menyediakan fitur pembayaran nontunai, yakni berhasil meningkatkan rata-rata omzet penjualan hingga 55 persen dengan kontribusi transaksi mencapai Rp 1,7 triliun per tahun. Peningkatan jumlah pengguna internet sebagai akibat dari semakin meratanya infrastruktur telekomunikasi turut memperkuat potensi Indonesia dalam pasar ekonomi digital di tahun 2025 dengan kontribusi hingga Rp 2.000 triliun.

Namun, di balik maraknya transaksi digital ini, ternyata baru 3,79 juta UMKM yang go online. Capaian ini jauh dari target 8 juta UMKM go online yang ditetapkan oleh pemerintah pada tah

Menurutnya, satu QR Ottopay yang dimiliki pedagang dapat digunakan untuk menerima beragam pembayaran melalui aplikasi yang bekerja sama dengan Ottopay. Saat ini proses pembayaran melalui aplikasi bisa melalui aplikasi JakOne, Ottocash, BRISPAY, True Money, dan OCBC NISP. Untuk proses top up saldo, Ottopay bekerja sama dengan Bank Ina, Bank Mandiri, dan Alfamart.

Salah satu mitra Ottopay adalah Ibu Rofih, pemilik warung kelontong di daerah Kampung Sumur, Klender, Jakarta Timur.

Sejak menggunakan Ottopay beberapa bulan lalu, penghasilan usaha warung kelontong Rofiah meningkat. Diakui Rofiah, peningkatan penghasilannya terbantu karena sekarang bisa melayani pembelian pulsa telepon, token listrik, dan pembayaran tagihan air yang ternyata banyak peminatnya.

“Saya sangat senang menggunakan aplikasi Ottopay dibandingkan aplikasi sejenis lainnya. Selain mudah pengoperasiannya, saya juga sangat terbantu oleh sales representative Ottopay yang responsif saat dihubungi dan rajin berkunjung ke warung untuk membimbing saya dalam menggunakan fitur-fitur Ottopay, terutama layanan tagihan, sehingga sangat membantu meningkatkan penghasilan saya. Layanan tagihan yang paling banyak dibeli, yaitu pulsa telepon dan token listrik,” ujarnya. [sya]

Sumber: merdeka.com

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.