4 Tips Agar Terhindar dari Utang

4 Tips Agar Terhindar dari Utang

Saat ini siapa sih orang yang mau punya utang? Pada dasarnya semua orang pasti tidak mau kalau mempunyai utang. Nah, pasti kamu butuh nih tips-tips agar bisa terhindar dari utang. Simak yuk Mitra OttoPay tips-tips berikut ini :

1. Buat daftar penghasilan dan beban setiap bulan

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk menghentikan kebiasaan berutang adalah dengan membuat sebuah daftar penghasilan dan beban yang terjadi setiap bulannya. Hal yang harus dipastikan di sini adalah jumlah pengeluaran yang kamu miliki harus lebih rendah dari penghasilan yang didapatkan setiap bulan. Memiliki penghasilan yang lebih besar dari jumlah pengeluaran merupakan syarat mutlak yang harus dipenuhi agar terbebas dari jeratan utang.

 

2. Ketahui jumlah utang kamu

Hampir sebagian dari banyak orang tidak mengetahui jumlah spesifik utang mereka dan terkadang ini dilakukan karena sengaja. Untuk menghindari utang, harusnya kamu mulai memberanikan diri melihat angka utang kamu meskipun jumlahnya tidak terlalu besar. Coba buat daftar semua utang termasuk bunganya, sehingga kamu bisa mengetahui utang mana yang perlu dilunasi lebih dulu dan menghindari di masa depan.

3. Ingat mengapa kamu harus berutang

Mengingat alasan berutang adalah hal yang sangat ampuh untuk mencegah kamu agar tidak mengulanginya lagi. Terbebas dari utang mewajibkan kamu untuk mengubah kebiasaan yang membuat kamu berutang. Cobalah luangkan waktu sejenak, dan ingatlah kembali apa yang sebenarnya membuat kamu harus memiliki utang.

4. Simpan uang untuk keadaan darurat

Hal seperti ini seringkali tidak kita sadari. Sebagian banyak orang biasanya mengandalkan utang dan kartu kredit untuk memenuhi berbagai pengeluaran yang terkadang tidak terduga. Jika kamu mempunyai uang darurat, seharusnya kamu tidak perlu lagi untuk berutang untuk memenuhi berbagai kebutuhan darurat yang sewaktu-waktu muncul. Jumlah uang darurat yang ideal itu biasanya sebesar enam kali biaya hidup yang kita keluarkan setiap bulannya.

Coba di ikuti tips-tips berikut ini ya guys, supaya kamu bisa terhindar dari yang namanya utang. Semoga bermanfaat ya 🙂

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.